PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS OPINI/EDITORIAL MELALUI PENGGUNAANSTRATEGI THINK- TALK-WRITE (TTW) DENGANMODEL PROJECT-BASEDLEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS XII MIPA 3 SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 PAGUYANGAN BREBES TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Emi Fauziati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah pembelajaran menggunakan strategi TTW dapat meningkatkan kemampuan memproduksi teks opini/editorial lebih baik dibandingkan dengan model konvensional. Penelitian ini diadakan pada siswa SMA Negeri 1 Paguyangan kelas XI MIPA 3 Semester 2 tahun pelajaran 2016/2017, waktu penelitian berlangsung selama 3 bulan dengan 2 siklus. Tiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Terdapat peningkatan kemampuan menyusun teks opini/editorial dengan menggunakan strategi pembelajaran TTW yaitu pada siklus I sekitar 70.57% dan pada siklus II mencapai 92.59 %.

Kata Kunci : Teks Opini/Editorial, Strategi TTW

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas RI.2006.Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul.2013.Model-Model Pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Johnson Lou Anne.2009.Pengajaran yang Kreatif dan Menarik. Jakarta: Indeks.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2015. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan, Balitbang Kemdikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2015. Materi pelatihan

Guru Implementasi Kurikulum 2103 Tahun Ajaran 2014/2015.

Kosasih, Engkos.2015. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X11.Jakarta: Erlangga

Mistari.2011.Mistari.2011.“Peningkatan Keterampilan Menulis Teks opini/editorial melalui Model Pembelajaran Kontekstual

bagi Siswa Kelas IV SDN 1 Gombang Tahun Ajaran 2010/2011”.

Skripsi.digilib.UNS.ac di ///G./PTK/ruangkreasikita. htm.diunduh 3 September 2016. 23.00.

Mohamad, Ilyas.2013. “Penerapan Pendekatan Kontektual dalam

Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks opini/editorial”.PTK.///G./PTK/kurikulum 2013 Konsep Dasar Pendekatan Saintifik.ruang kreasikita htm. Diunduh 4 Oktober 2016.

Mulyadi,Hadi, 2017. Buku teks pendamping

Bahasa Indonesia untuk SMAMA/SMK-MAK

Kelas XII. Bandung: Yrama Widya. Pribadi, Benny A.2011.Model Desain Sistem Pembelajaran.Jakarta: Dian Rakyat.

Putri, Ade.2013.”Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks opini/editorial melalui Pendekatan Kontekstual dengan Media Objek Langsung pada Siswa Kelas IV SDN 2 Battal Tahun Pelajaran 2012/2013”. Skripsi. FKIP, Universitas Jember. ///G./PTK/ruangkreasikita htm.diunduh 3 September 2016.

00.

Sabariyanto, Dirgo. 1999. Mengapa Disebut Bentuk Baku dan Tidak Baku? Jakarta: Mitra Gama Widya.

Setyaningsih,Ika dan Meita Sandra Santhi. 2017. Bahasa Indonesia Mata pelajaran wajib.Klaten: Intan Pariwara.

Subyantoro. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Rumah

Indonesia.

Subyantoro. 2017. PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Semarang:

Fanishma Indonesia.

Suherli. 2008. Menulis Karangan Ilmiah. Depok: Arya Duta.

Tarigan Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan

Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Usman, Moh. Uzer. 1995. Menjadi Guru Profesional.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wakhid, Abdul.2012. Creative Writing, Menulis Kreatif Puisi, Prosa Fiksi, dan Prosa Non-Fiksi. Purwokerto: Stain Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v14i3.1314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats