PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMPARAFRASEKAN TEKS NARRATIVE DI KELAS X MIPA 4 SMA N 1 PAGUYANGAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Marcha Solicha

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah pembelajaran menggunakan media video dengan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memparafrasekan teks  Narrative  di kelas X MIPA 4 SMA N 1 Paguyangan Tahun Pelajaran 2017/2018, waktu penelitian berlangsung selama kurang lebih 4 bulan dengan 2 siklus. Tiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Terdapat peningkatan kemampuan menulis pada prasiklus 65,91% , pada siklus I sekitar 76,55 % dan pada siklus II mencapai 83,33 %. Hal ini juga terlihat pada Ulangan Harian siswa yang diajar dengan menggunakan media video dan pendekatan konstruktivisme  hasilnya lebih baik dan prosentase ketuntasan belajar pun lebih tinggi dari pada sebelumnya.
Kata Kunci: media video, konstruktivisme, parafrase , teks narrative.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Admojo, dkk, 2005. Kamus Lengkap (Inggris-Indonesia, Indonesia-Inggris). Semarang: CV. Widya Karya.

Arief S Sadiman. Et al 2003. Media Pendidikan,Pengertian,

Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Canning –Wilson,.(2000). Practical aspects of using video in the Foreign Language Classroom. The Internet TESL journal 6 (11) Available at. http://iteslj.org.

Daryanto. 2012. Media Pembelajaran.Bandung: Satu Nusa.

Habib. 2011. 0ptimalisasi writing skill pada Narrative Texts melalui Penggunaan Youtube Video. Semarang: lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah.

https://myfortuner.wordpress.com/2010/08/04/teori-teori-belajar-danpembelajaran-menurut-ahli/ Selasa, 11 Sept 2018. 21.09.

Hamalik, O. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hamalik, O. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Harimurti Kridalaksana (2008) Kamus Linguistik (edisi ke-4). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. ISBN 978979-22-3570-8.

http://www.slideshare.net/abeyow/pembelajaran kontekstualcontextual-teaching-learning-ctl. 11:26 , Sabtu,

March 2016.

Mursid, S. 2008. Penelitian Pendidikan Bahasa. Semarang: Unness Press.

Rukmini, D, 2010. Evaluating A Text for A Model. Semarang: Unnes Press.

http://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendiknas_24_06.pdf, Senin, 17 September 2018. 10:31.

Sanaky, Hujair AH. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sanjaya, Wina. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v14i3.1312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats