PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMPARAFRASEKAN TEKS NARRATIVE DI KELAS X MIPA 4 SMA N 1 PAGUYANGAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.32497/orbith.v14i3.1312Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah pembelajaran menggunakan media video dengan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memparafrasekan teks Narrative di kelas X MIPA 4 SMA N 1 Paguyangan Tahun Pelajaran 2017/2018, waktu penelitian berlangsung selama kurang lebih 4 bulan dengan 2 siklus. Tiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Terdapat peningkatan kemampuan menulis pada prasiklus 65,91% , pada siklus I sekitar 76,55 % dan pada siklus II mencapai 83,33 %. Hal ini juga terlihat pada Ulangan Harian siswa yang diajar dengan menggunakan media video dan pendekatan konstruktivisme hasilnya lebih baik dan prosentase ketuntasan belajar pun lebih tinggi dari pada sebelumnya.Kata Kunci: media video, konstruktivisme, parafrase , teks narrative.
References
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Admojo, dkk, 2005. Kamus Lengkap (Inggris-Indonesia, Indonesia-Inggris). Semarang: CV. Widya Karya.
Arief S Sadiman. Et al 2003. Media Pendidikan,Pengertian,
Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Canning ”“Wilson,.(2000). Practical aspects of using video in the Foreign Language Classroom. The Internet TESL journal 6 (11) Available at. http://iteslj.org.
Daryanto. 2012. Media Pembelajaran.Bandung: Satu Nusa.
Habib. 2011. 0ptimalisasi writing skill pada Narrative Texts melalui Penggunaan Youtube Video. Semarang: lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah.
https://myfortuner.wordpress.com/2010/08/04/teori-teori-belajar-danpembelajaran-menurut-ahli/ Selasa, 11 Sept 2018. 21.09.
Hamalik, O. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hamalik, O. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Harimurti Kridalaksana (2008) Kamus Linguistik (edisi ke-4). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. ISBN 978979-22-3570-8.
http://www.slideshare.net/abeyow/pembelajaran kontekstualcontextual-teaching-learning-ctl. 11:26 , Sabtu,
March 2016.
Mursid, S. 2008. Penelitian Pendidikan Bahasa. Semarang: Unness Press.
Rukmini, D, 2010. Evaluating A Text for A Model. Semarang: Unnes Press.
http://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendiknas_24_06.pdf, Senin, 17 September 2018. 10:31.
Sanaky, Hujair AH. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Sanjaya, Wina. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).