RANCANG BANGUN GAME PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DASAR “ALADIN” (ARABIC LEARNING BY EXPLORING) DENGAN KONSEP PETUALANGAN BERBASIS ANDROID

Idhawati Hestiningsih

Abstract


Bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran yang dapat diberikan pada anak sejak usia dini. Namun metode pembelajaran Bahasa Arab yang diberikan kepada anak sering kali kurang efektif dan membuat anak kesulitan untuk mengerti. Dengan menggunakan  game dapat mengubah metode pembelajaran Bahasa Arab yang membosankan dan kurang efektif menjadi pembelajaran yang menyenangkan dan tentunya lebih efektif. Pada penelitian ini dikembangkan sebuah permainan mengenai Bahasa Arab menggunakan Construct. Tujuan dari pembuatan permainan ini adalah untuk menciptakan sebuah permainan edukasi Bahasa Arab yang menarik, mudah dipahami serta dapat mempermudah
penggunanya khususnya anak-anak untuk mempelajari Bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi waterfall, dimana dalam metodologi ini setiap langkah penelitian dilakukan secara berurutan, mulai dari tahapan analysis, design, code, test, dan maintenance. Materi yang terdapat pada permainan ini yaitu tentang Bahasa Arab untuk Sekolah Dasar Islam Terpadu/Madrasah Ibtidaiyah kelas satu. Dengan adanya permainan ini diharapkan dapat
mempermudah pengguna khususnya anak-anak untuk mempelajari Bahasa Arab. Game ini telah diuji coba dengan hasil tingkat kepuasan pengguna untuk responden anak-anak adalah 83, 36% dan tingkat kepuasan pengguna untuk guru adalah 89, 17%.  

Kata kunci : game, pembelajaran, Bahasa Arab, android, Construct

Full Text:

PDF

References


Agung Wahyu Setiadi, “Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Kamus Dan Game Bahasa Arab Berbasis

Multimedia untuk Madrasah”, Amikom, 2012.

Ahmad A. W, “Game Edukasi Bahasa Arab untuk Anak - Anak, Benda-Benda di Sekitar”, Skripsi, Fakultas Ilmu Komputer, Udinus, 2013.

Ardiansyah Nur Hidayat, “Aplikasi Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Java 2 Micro Edition”, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013.

Siti Sholikhah A.Z, “Aplikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Inggris - Arab untuk Anak TK Berbasis Flash”, Tugas Akhir, Universitas Sebelas Maret, 2010.

Supriyanto, Albert Petrick Tarigan, Rusbandi Ahmad Faris, “Rancang Bangun Game Edukatif Belajar Bahasa Arab”, STMIK Global Informatika MDP, 2015.

Wahyu T.J, Umi Fadlilah, Aris Rakhmadi, “Aplikasi Pembelajaran Bahasa Arab Dasar Untuk Percakapan Sehari–Hari Menggunakan Referensi Kitab Baina Yadaika dengan Flash”,Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013.

___ , “Ilustrasi”, https://id.wikipedia.org id.wikipedia.org.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v14i3.1311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats