RANCANG BANGUN GAME PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DASAR “ALADIN” (ARABIC LEARNING BY EXPLORING) DENGAN KONSEP PETUALANGAN BERBASIS ANDROID
DOI:
https://doi.org/10.32497/orbith.v14i3.1311Abstract
Bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran yang dapat diberikan pada anak sejak usia dini. Namun metode pembelajaran Bahasa Arab yang diberikan kepada anak sering kali kurang efektif dan membuat anak kesulitan untuk mengerti. Dengan menggunakan game dapat mengubah metode pembelajaran Bahasa Arab yang membosankan dan kurang efektif menjadi pembelajaran yang menyenangkan dan tentunya lebih efektif. Pada penelitian ini dikembangkan sebuah permainan mengenai Bahasa Arab menggunakan Construct. Tujuan dari pembuatan permainan ini adalah untuk menciptakan sebuah permainan edukasi Bahasa Arab yang menarik, mudah dipahami serta dapat mempermudahpenggunanya khususnya anak-anak untuk mempelajari Bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi waterfall, dimana dalam metodologi ini setiap langkah penelitian dilakukan secara berurutan, mulai dari tahapan analysis, design, code, test, dan maintenance. Materi yang terdapat pada permainan ini yaitu tentang Bahasa Arab untuk Sekolah Dasar Islam Terpadu/Madrasah Ibtidaiyah kelas satu. Dengan adanya permainan ini diharapkan dapat
mempermudah pengguna khususnya anak-anak untuk mempelajari Bahasa Arab. Game ini telah diuji coba dengan hasil tingkat kepuasan pengguna untuk responden anak-anak adalah 83, 36% dan tingkat kepuasan pengguna untuk guru adalah 89, 17%.
Kata kunci : game, pembelajaran, Bahasa Arab, android, Construct
References
Agung Wahyu Setiadi, “Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Kamus Dan Game Bahasa Arab Berbasis
Multimedia untuk Madrasah”, Amikom, 2012.
Ahmad A. W, “Game Edukasi Bahasa Arab untuk Anak - Anak, Benda-Benda di Sekitar”, Skripsi, Fakultas Ilmu Komputer, Udinus, 2013.
Ardiansyah Nur Hidayat, “Aplikasi Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Java 2 Micro Edition”, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013.
Siti Sholikhah A.Z, “Aplikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Inggris - Arab untuk Anak TK Berbasis Flash”, Tugas Akhir, Universitas Sebelas Maret, 2010.
Supriyanto, Albert Petrick Tarigan, Rusbandi Ahmad Faris, “Rancang Bangun Game Edukatif Belajar Bahasa Arab”, STMIK Global Informatika MDP, 2015.
Wahyu T.J, Umi Fadlilah, Aris Rakhmadi, “Aplikasi Pembelajaran Bahasa Arab Dasar Untuk Percakapan Sehari”“Hari Menggunakan Referensi Kitab Baina Yadaika dengan Flash”,Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013.
___ , “Ilustrasi”, https://id.wikipedia.org id.wikipedia.org.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).