DAYA SAING UMKM MELALUI PERSPEKTIF CORE PRODUCT DAN SUPPLEMENTARY SERVICE

Imam Nuryanto, Ida Farida

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting bagi perekonomian Indonesia, namun daya saing UMKM masih rendah, salah satu penyebabnya adalah lemahnya kualitas pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan“the flower of service” terhadap loyalitas konsumen. Objek penelitian adalah UMKM CENTER Jawa Tengah. Penentuan sampel dengan metode purpossive sampling, sebanyak 100 responden. Analisis menggunakan Regresi Linier Sederhana. Hasil dari penelitian ini membuktikan dan memberi kesimpulan bahwa: kualitas pelayanan“the flower of service” berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. UMKM CENTER Jawa Tengah memiliki 8 kelopak “the flower of service” dengan nilai score ≥3,41, artinya UMKM memiliki daya saing optimal dan layanan jasa yang baik, nilai rincian sebagai berikut : information (4,17), consultation (4,29), ordertaking (4,08), hospitality (4,2), safekeeping (4,18), exception (4,21), billing (4,04) dan payment (4,09). Dari kelopak indikator tersebut, nilai score tertinggi adalah 4,29 yaitu consultation, sedangkan nilai score terendah adalah billing.

Kata Kunci: UMKM, kualitas pelayanan (the flower of service) dan loyalitas konsumen.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ma’aruf. 2016. Manajemen Komunikasi Periklanan. Edisi 1. Asjawa Pressindo. Yogyakarta.

Buckley, P.J., Pass, C.L. & Prescott, K. 1988. Measures of International competitiveness: a critical survey. Journal of Marketing Management, 4(2), 175–200.

Cuff, Kathy, dan Vicki Halsey. 2016. Legendary Service. Edisi 1. Menuju Insan Cemerlang. Surabaya.

Darmawanti 2016. Pengaruh kualitas layanan terhadap Loyalitas

Konsumen dalam Memakai jasa Percetakan CV Rahmat Nur di

Samarinda. Ejournal ilmu Administrasi Bisnis. Vol.4 No.1, p: 157-171.

Donald Crestofel Lantu, Mochamad Sandy Triady, Ami Fitri Utami, Achmad Ghazali 2016. Pengembangan Model Peningkatan Daya Saing UMKM di Indonesia : Validasi Kuantitatif Model. Jurnal Manajemen Teknologi, 15(1), 2016, 77-93 http://journal.sbm.itb.ac.id

Gál, A. N. 2010. Competitiveness of small and medium sized enterprises – a possible analytical framework. Diunduh tanggal 12 April 2012 dari http://heja.szif.hu/ECO/ECO100115- A/ eco100115a.pdf.

Li, V. 2011. The methodology to assess thecompetitiveness of real estate developers in China. Queensland University of Technology.

Lovelock Christopher, Jochen Wirtz & Jacky Mussry 2010. Pemasaran Jasa – Manusia, Teknologi, Strategi Perspektif Indonesia. Penerbit Erlangga.

Man T. W. Y; Lau, T., & Chan, K. F. 2002. The competitiveness of small and medium enterprises – A conceptualization with focus on entrepreneurial competencies. Journal of Business Venturing, 17(2), 123-142.

Morissan. 2012. Metode Penelitian Survei. Kencana. Jakarta

Rambat Lupiyoadi. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa – Berbasis Kompetensi. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Susilo, Y., Sri. 2012. Strategi Meningkatkan Daya Saing Umkm

Dalam Menghadapi Implementasi CAFTA dan MES. Buletin Ekonomi. ISSN 1410-2293.

Sumber Internet http://www.kemenperin.go.id/artikel/

/Kontribusi-UMKM-Naik, Diunduh tanggal 20 Juni 2017

Sumber Internet http:// www.dispendukcapil.semarangkota.go.id. Populasi Kota Semarang. Diunduh tanggal 20 Juni 2017.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitas dan R & D. Alfabeta. Bandung.

Tambunan, T. T. H. 2008. Ukuran Daya Saing Koperasi dan UKM. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v14i3.1310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats