ANALISIS SUMBER INFORMASI DAN PELAYANAN PERPUSTAKAAN (Studi kasus di Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang)

Authors

  • Sri Sumarsih UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32497/orbith.v14i2.1307

Abstract

Perpustakaan   Perguruan Tinggi dalam memenuhi perannya harus mampu meningkatkan kinerjanya khususnya kualitas sumber informasi dan layanan. Standar yang ditetapkan oleh lembaga terkait   guna memenuhi kebutuhan pemustaka perlu dipenuhi dengan melakukan analisis terhadap sumber informasi dan layanan. Hasil Analisis dari kajian ini Koleksi perpustakaan belum mampu memenuhi kebutuhan prodi, sumber daya pustakawan masih membutuhkan kompetensi bidang lain yang mendukung. Dari sisi layanan kepada pemustaka hal yang paling pokok adalah penyediaan sarana dan prasarana yang memadai. Pengukuran kinerja perpustakaan perlu dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja perpustakaan dalam memenuhi kebutuhan pemustaka sivitas akademika Polines. Pengukuran dalam pengembangan layanan, pengembangan sistem informasi, pengembangan koleksi, pengembangan sumber
daya pustakawan.   Sedangkan lingkungan kerja juga menjadi faktor penting dalam penyelenggaraan perpusta.        

Kata Kunci: Sumber Informasi, Layanan Perpustakaan, Perpustakaan Perguruan Tinggi.

References

Sutarno. Manajemen Perpustakaan Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: CV Sagung Seto, 2006.

Lupiyoadi, Rambat. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek.

Jakarta: Salemba Empat, 2001.

Sutarno, Wiji. Psikologi Perpustakaan. Jakarta: Sagung Seto, 2009.

Downloads

Published

2019-02-01

Issue

Section

Articles