FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN e-FILLING SEBAGAI SARANA PENYAMPAIAN SPT TAHUNAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI
DOI:
https://doi.org/10.32497/orbith.v14i2.1306Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis variabel kebermudahan dan kebermanfaatan terhadap kepuasan pengguna sistem e-filling dan untuk merumuskan model kepuasan pengguna e-filling dalam pelapoan SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi. Sistem e-Filling merupakan lanjutan dari penyampaian SPT dalam bentuk elektronik SPT atau yang dikenal dengan e-SPT. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pegawai di Jurusan Akuntansi lingkungan Politeknik Negeri Semarang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menyebar kuesioner kepada responden sebanyak 40 respoden.Tahap analisis data dilakukan dengan langkah-langkah: (1) editing; (2) coding; (3) uji reabilitas; (4) uji validitas, (5) uji normalitas, (6) uji asumsi klasik dan uji regresi linear berganda.Luaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah teridentifikasinya faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna e-filling yang dinyatakan dalam persamaan sebagai berikut: Kepuasan Pengguna= 0,989 - 0,244 Kebermudahan + 0,075 Kebermanfaatan + e. Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh hasil bahwa variabel kebermudahan dan kebermanfaatan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pengguna, variabel kebermudahan secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan dan variabel kebermanfaatan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pengguna e-filling.
Kata kunci: Kepuasan, e-filling, kebermudahan, kebermanfaatan
References
Adams, D.A., Nelson, R.R., and Todd, Peter, A., 1992, “Perceived
Usefulness, Ease of Use, and Usage of Information Technology A
Replication” MIS Quarterly, June.
Bergman, Bo, & Bengt Klefsjo. (1994). Quality from Customer Needs to Customer Satisfaction, England : McGRAW-HILL Book Company Europe.
Davis, Fred D., Bagozzi, Richard P., dan Warshaw, Paul R., (1989), “User Acceptance Of Computer Technology: A Comparison Two Theoretical Models” Management Science,
August, pp.982-1003.
Goodhue, D.L., and Thompson, R.L., 1995, “ Task-Technology Fit and Individual Performance”, MIS Quarterly, 19 (2), 213-236.
Husein, Muhammad F., & Amin Wibowo. (2000). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta : UPP AMP YKPN.
Istianingsih, Setyo Hari W.2008.”Pengaruh kualitas sistem informasi, perceived usefulness, dan kualitas informasi terhadap kepuasan Pengguna akhir software akuntansi”.SNA XI Pontianak 22-23 Juli 2008.
Jiang, J. J., Gary Klein, & S. M. Crampton. (2000). “A Note on SERVQUAL Reliability and Validity in Information System Service Quality Measurement”, Decision Sciences, vol. 31 (3), hal. 725-744.
Jumaili, Salman.2005. “Kepercayaan terhadap teknologi sistem informasi baru dalam evaluasi kinerja individual”. SNA VIII Solo, 15 ”“ 16 September 2005
Kettinger, W. J., & Choong C. Lee. (1994). “Perceived Service Quality and User Satisfaction with the Information Services Function”, Decision Sciences, vol. 25 (5/6), hal. 737-766.
McLeod, R. Jr., and Schell, George, (2001). “Management Information System,”. Eight Edition, PrenticeHall,
Inc. Upper Saddle River, New Jersey.
Segars, A.H., and Grover, 1993,”Re-examining perceived ease of use and usefulness: A Confirmatory Factor Analysis”, .MIS Quartely17.517-522.
Sekaran, U., (2003). “Research Methods for Business : A Skill-Building Approach” (Fourth Edition). John Willey & Sons, Inc.
Pandiangan, Liberti. 2008. Modernisasi dan Reformasi Pelayanan Perpajakan. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Seddon.P.B. 1997,”A Respecification and Extension of The DeLone and McLean”™s Model of IS Success”, Information System Research.8.September. 240-250.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).