LOYALITAS KERJA YANG DITIMBULKAN OLEH KEPUASAN KERJA PADA KARYAWAN PERUSAHAAN KONSTRUKSI

Fajar Susilowati, Iwan Supriyadi

Abstract


Dalam upaya menciptakan karyawan yang handal dan berkinerja baik, perlu diperhatikan beberapa hal yang dapat mempengaruhi kualitas kerja mereka. Dengan kualitas kerja yang baik diharapkan setiap karyawan mendapatkan kepuasan terhadap hasil kerja mereka, sehingga mereka dapat memberikan loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan Tujuan dalam penelitian ini adalah menemukan formula hubungan antara kepuasan kerja dan loyalitas kerja karyawan serta faktor utama yang berpengaruh terhadap loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Responden yang dipilih dalam penelitian adalah karyawan pada beberapa perusahaan konstruksi di 3 (tiga) wilayah yaitu Semarang, Bandung, dan Jakarta dengan total responden sebanyak 50 orang. Pengambilan data untuk variabel penelitian ini dilakukan dengan pengisian kuesioner. Data yang diperoleh selanjutnya dilakukan pengolahan data dan analisis data secara kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan formula hubungan antara Kepuasan Kerja dan Loyalitas Kerja pada pekerja konstruksi adalah Y = 45.651 +
0.305X. Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Loyalitas Kerja pada pekerja konstruksi diperolah nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0.586. Hal ini menunjukan bahwa Kepuasan Kerja memberikan konstribusi pengaruh yang cukup besar terhadap Loyalitas Kerja yaitu sebesar 34.34%, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Indikator Kepuasan Kerja yang paling berpengaruh terhadap Loyalitas Kerja pada pekerja konstruksi adalah Upah Karyawan.

Kata Kunci: kepuasan kerja, loyalitas kerja, upah

Full Text:

PDF

References


Djastuti, I. (2011). Pengaruh Karakteristik Pekerjaan Terhadap Komitmen Organisasi Karyawan Tingkat Managerial Perusahaan Jasa Konstruksi di Jawa Tengah. Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 13, No. 1, 1 – 19.

Fidiyanti, N. (2009). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Perilaku Citizenship, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi (Studi Empiris Pada Pemerintah Kotamadya Surakarta). Surakarta: Tesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nupus, H. (2013). Populasi dan Sampel. Banjarmasin : Stikes Cahaya Bangsa Banjarmasin (http://www.wawasanedukasi.web.id).

Runtu, J. (2013). Whistleblowing Sebagai Ungkapan Loyalitas Karyawan: Peran Employability dan Keberanian Moral Karyawan. Konferensi Nasional Ke-6. Jakarta: Fakultas Bisnis UKWMS.

Sandriati, L. (2010). Kepuasan Kerja dan Keterlibatan Kerja sebagai Mediator Pengaruh Psycological Climate Pada Turnover Intention (Studi Pada Pegawai Bank Swasta di Sukoharjo). Surakarta: Tesis, Universitas Sebelas Maret.

Susilowati, F. (2015). Sikap Pimpinan Terhadap Komitmen Karyawan Pada Perusahaan Konstruksi. Orbith, Volume 11 No 23.

Tumewu, E. L., Lumanauw, B., & Ogi, I. (2014). Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan, Dan Karakteristik Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Event Organizer Reborn Creative Center Manado. Jurnal EMBA, Vol.2 No.1,

-542.

Wijanto, E. A., & Sutanto, E. M. (2013). Pengaruh Leader Member Exchange Terhadap Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja dan Komitmen Organisasional Karywan Departemen Penjualan Pada

PT. X. AGORA Vol. 1, No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v14i2.1304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats