PENGATUR PAKAN DAN PENERANGAN KANDANG TERPROGRAM UNTUK AYAM PETELUR

Sulistyo Warjono, Sri Astuti, Fahmi Maulana, Ika Lestari

Abstract


Ayam petelur merupakan hewan ternak yang telah dikembangkan di Indonesia. Pada umumnya ayam petelur dikandangkan secara terpisah dan setiap kandang diisi dengan  satu ekor ayam. Pemberian pakan ternak dilakukan dengan konvensional begitu pula pemberian penerangan yang di lakukan.Berdasarkan alasan tersebut, maka dirancang sebuah alat yang bisa digunakan untuk memberian pakan
dan penerangan kandang secara otomatis dan terprogram. Sistem pengatur pakan dan penerangan kandang terprogram untuk ayam petelur ini mampu memberikan pakan dan penerangan dalam waktu tertentu sesuai jadwal. Perancangan dan pembuatan alat merupakan aplikasi teknologi arduino mega dan Real Time Clock (RTC)  yang mampu mempermudah mengatur jadwal pemberian pakan. Sensor
Light Dependent Resistor (LDR) berfungsi untuk mendeteksi  persediaan pakan di dalam kotak tampung, saat pakan dalam kondisi habis alarm (buzzer) akan berbunyi. Dengan bantuan roda dan rel alat akan bergerak dari satu sisi ke sisi yang lain  untuk mengisi pakan pada tempatnya.  

Kata kunci : pakan terprogram, penerangan terprogram, Arduino Mega, RTC

Full Text:

PDF

References


Candra, F, dan D. Arifianto. 2010. Jago Elektronika. Jakarta: Kawan Pustaka.

Fitriastuti, Fatsyahrina dan Anselmus Ari Prasetyo, 14 desember 2013,“Sistem Otomatisasi Pemberian Minum Ayam Ternak Berbasis Mikrokontroler At89s52”. SEMINAR NASIONAL ke 8 Tahun 2013 : Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi, http://retii.sttnas.ac.id/wpcontent/uploads/2015/08/18E.Fatsyahrina-95-100.pdf, 14 Juli 2017.

Kholidi, Anwar N. Agus Trisanto. Emir Nasrullah. Mei 2015, “Rancang Bangun Alat Pemberi Pakan dan Pengatur Suhu Otomatis untuk Ayam Pedaging Berbasis Programmable Logic Controller pada Kandang Tertutup”. Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro, Volume 9, No. 2, Mei 2015, http://electrician.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/167, 15 Juli 2017.

Kurniawan, Yakkum Andi. 2013. Pembuatan Alat Pemberi Pakan Dan Minum Untuk Unggas Secara Otomatis Menggunakan

Mikrokontroler AVR ATmega8535.Semarang : Fakultas Sains Dan Matematika. Universitas Diponegoro.

Ridhamuttaqin, Aji. Agus Trisanto. Emir Nasrullah. September 2013,“Rancang Bangun Model Sistem Pemberi Pakan Ayam Otomatis Berbasis Fuzzy Logic Control”. Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro, Volume 7, No.3, September 2013, http://electrician.unila.ac.id/index.php/ojs/article/download/124/122, 14 Juli 2017.

Sari, Nur Komala, Burhanuddin Dirgantara dan M. Ramdhani 2011. Rancang Bangun Pemberi Pakan Ayam Otomatis Pada Peternakan Ayam Berbasis Mikrokontroler. Bandung: Fakultas Ilmu Terapan. Universitas Telkom.

Wijaya, Rasyid Wahyu. 2014. Pakan Ayam Otomatis Berbasis Mikrokontroler. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v14i2.1303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats