PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH BAHASA INGGRIS BERVISI Science, Environment, Technology Dan Society

Sasongko Sasongko, Endang Triyani, Hery Purnomo

Abstract


Bahan ajar yang dimaksud dalam penelitian ini adalah modul mata kuliah bahasa Inggris yang berisi seperangkat materi bahasa Inggris  yang disusun secara sistematis dengan menggunakan cara pandang bervisi SETS dengan aplikasi berbagai materi pada mata kuliah lain sehingga memungkinkan tercipta lingkungan/suasana belajar yang dapat mempermudah mahasiswa untuk belajar lebih efektif dan efisien. Tujuan penelitian yang diharapkan dari penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar mata kuliah bahasa Inggris dengan model pembelajaran  bervisi SETS yang sesuai untuk mahasiswa teknik,khususnya teknik elektronika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian pengembangan digunakan untuk mendesain produk atau prosedur baru yang teruji secara sistematis di lapangan, dievaluasi, dikembangkan sedemikian sehingga memenuhi kriteria efektivitas, kualitas atau kemiripan dengan suatu standar (Borg dan Gall, 2003:569). Secara keseluruhan bahan ajar bahasa Inggris bervisi SETS yang disusun didalam penelitian ini mempunyai skor keterkaitan 4,2 ini artinya tingkat keterkaitannya dengan matakuliah lain yang ada didalam kurikulum sebesar 84% dengan predikat sanga baik.

Kata Kunci: SETS, pengembangan bahan ajar 


Full Text:

PDF

References


Aji, Adiyoso. 2005. Upaya Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar mahasiswa Melalui Bahan Ajar Fisika Berbasis Web.Tesis.

Universitas Negeri Semarang.

Binadja, Ahmad, 1996. Constructivism and the Process of Science. . Classroom Teachers 2.2.

Binadja, Ahmad, 1997. The Nature of SETS Education. Makalah Disajikan dalam Seminar Language in the Context of Science and Mathematic di Semarang 4-6 Mey 1998.

Binadja, Ahmad, 1998. SETS a Popular way to Communicate Science. Makalah Disajikan dalam Pelatihan An Early Start to SETS Education, di Penang Malaysia.

Binti, Edi, Sudjit. 2013. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS SMA (SEKOLAH MENENGAH ATAS) BERVISI

SETS. UT: Laporan Penelitan.

Brown,H.1994.Principles of Language and Teaching. New York: Prentice Hall Regent.

Gall, M.D. dan Borg, W.R. 2003. Educational Research An Introduction 7 th Edition. Boston: Allyn & Bacon.

Hake.1998. Interactive-engagement vs traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses, American Journal of Physics. 66: 64-74.

Haryadi. 2003. Tingkat Perbedaan Minat Minat Moivasi Dan Prestasi Belajar Mengenai Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Optika Geometric Berwawasan SETS dengan Pembelajaran Konvensional. Tesis. Universitas Negeri Semarang

Indiharti, 2008. Pengaruh Penerapan Lembar Kegiatan mahasiswa Bervisi Sets Pada Aktivitas Dan Hasil Beljar Fisika mahasiswa Kelas X SMA 2 Ungaran. Tesis. Universitas Negeri

Semarang.

Jalal, 2003.National Plan of Action: Indonesia’sEducation for All. Jakarta:National Coordination Forum Education for All.

Joko Nurkamto. 2002.Pendekatan Komunikatif: Penerapan dan

Pengaruhnya Terhadap Pemelajaran Bahasa Inggris Kajian Etnografi di SMU Negeri Surakarta. Jurnal Penelitian Paedagogia Hal: 1-11.

Kemndiknas,2012. Pengembangan Kurikulum 2013.Jakarta:

Kemendiknas

Puskur Balitbang Depdiknas. 2006. Draft Panduan Penyusunan Kurikulum Dan Silabu Bervisi Sets (Salingtemas) Tingkat Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Puskur Balitbang Depdiknas.

Richard dan Nunun.1990. Second Language Teacher Education.

Cambridge University Press.

Richard, 2001. Approaches and Methods in Language Teaching.Cambridge University Press.

Syaodih, N. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Tri, Wiratno, 2003. Mencerna Buku Teks Bahasa Inggris Melalui Pemahaman Gramatika.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Waluyo, Kunardi, Joko, N.2010. Kemampuan dosen Mengimplementasikan Pendekatan Komunikatif dalam Pengejaran Bahasa Inggris di SMA dan SMK Kota Surakarta. Jurnal Penelitian Paedagogia Hal: 87-97




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v14i1.1150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats