PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH BAHASA INGGRIS BERVISI Science, Environment, Technology Dan Society
DOI:
https://doi.org/10.32497/orbith.v14i1.1150Abstract
Bahan ajar yang dimaksud dalam penelitian ini adalah modul mata kuliah bahasa Inggris yang berisi seperangkat materi bahasa Inggris yang disusun secara sistematis dengan menggunakan cara pandang bervisi SETS dengan aplikasi berbagai materi pada mata kuliah lain sehingga memungkinkan tercipta lingkungan/suasana belajar yang dapat mempermudah mahasiswa untuk belajar lebih efektif dan efisien. Tujuan penelitian yang diharapkan dari penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar mata kuliah bahasa Inggris dengan model pembelajaran bervisi SETS yang sesuai untuk mahasiswa teknik,khususnya teknik elektronika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian pengembangan digunakan untuk mendesain produk atau prosedur baru yang teruji secara sistematis di lapangan, dievaluasi, dikembangkan sedemikian sehingga memenuhi kriteria efektivitas, kualitas atau kemiripan dengan suatu standar (Borg dan Gall, 2003:569). Secara keseluruhan bahan ajar bahasa Inggris bervisi SETS yang disusun didalam penelitian ini mempunyai skor keterkaitan 4,2 ini artinya tingkat keterkaitannya dengan matakuliah lain yang ada didalam kurikulum sebesar 84% dengan predikat sanga baik.
Kata Kunci: SETS, pengembangan bahan ajar
References
Aji, Adiyoso. 2005. Upaya Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar mahasiswa Melalui Bahan Ajar Fisika Berbasis Web.Tesis.
Universitas Negeri Semarang.
Binadja, Ahmad, 1996. Constructivism and the Process of Science. . Classroom Teachers 2.2.
Binadja, Ahmad, 1997. The Nature of SETS Education. Makalah Disajikan dalam Seminar Language in the Context of Science and Mathematic di Semarang 4-6 Mey 1998.
Binadja, Ahmad, 1998. SETS a Popular way to Communicate Science. Makalah Disajikan dalam Pelatihan An Early Start to SETS Education, di Penang Malaysia.
Binti, Edi, Sudjit. 2013. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS SMA (SEKOLAH MENENGAH ATAS) BERVISI
SETS. UT: Laporan Penelitan.
Brown,H.1994.Principles of Language and Teaching. New York: Prentice Hall Regent.
Gall, M.D. dan Borg, W.R. 2003. Educational Research An Introduction 7 th Edition. Boston: Allyn & Bacon.
Hake.1998. Interactive-engagement vs traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses, American Journal of Physics. 66: 64-74.
Haryadi. 2003. Tingkat Perbedaan Minat Minat Moivasi Dan Prestasi Belajar Mengenai Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Optika Geometric Berwawasan SETS dengan Pembelajaran Konvensional. Tesis. Universitas Negeri Semarang
Indiharti, 2008. Pengaruh Penerapan Lembar Kegiatan mahasiswa Bervisi Sets Pada Aktivitas Dan Hasil Beljar Fisika mahasiswa Kelas X SMA 2 Ungaran. Tesis. Universitas Negeri
Semarang.
Jalal, 2003.National Plan of Action: Indonesia”™sEducation for All. Jakarta:National Coordination Forum Education for All.
Joko Nurkamto. 2002.Pendekatan Komunikatif: Penerapan dan
Pengaruhnya Terhadap Pemelajaran Bahasa Inggris Kajian Etnografi di SMU Negeri Surakarta. Jurnal Penelitian Paedagogia Hal: 1-11.
Kemndiknas,2012. Pengembangan Kurikulum 2013.Jakarta:
Kemendiknas
Puskur Balitbang Depdiknas. 2006. Draft Panduan Penyusunan Kurikulum Dan Silabu Bervisi Sets (Salingtemas) Tingkat Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Puskur Balitbang Depdiknas.
Richard dan Nunun.1990. Second Language Teacher Education.
Cambridge University Press.
Richard, 2001. Approaches and Methods in Language Teaching.Cambridge University Press.
Syaodih, N. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Tri, Wiratno, 2003. Mencerna Buku Teks Bahasa Inggris Melalui Pemahaman Gramatika.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Waluyo, Kunardi, Joko, N.2010. Kemampuan dosen Mengimplementasikan Pendekatan Komunikatif dalam Pengejaran Bahasa Inggris di SMA dan SMK Kota Surakarta. Jurnal Penelitian Paedagogia Hal: 87-97
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).