RANCANG BANGUN ALAT PENGKONDISI KOLAM BUDIDAYA IKAN

Sri Kusumastuti

Abstract


Proses pembudidayaan ikan agar mendapatkan hasil ikan yang berkualitas perlu diperhatikan beberapa hal seperti : pemberian pakan, suhu air dan pH air kolam. Ikan untuk mendapatkan nutrisi yang cukup perlu diberikan pakan yang rutin dan tepat waktu, suhu dan pH air harus dijaga normal. Penelitian yang akan dilakukan bertujuan merancang dan membuat alat untuk memberi pakan ikan secara otomatis sesuai waktu yang ditentukan, mengukur suhu dan mengkondisikan suhu air kolam, dan memantau PH air kolam dengan kontrol menggunakan Smart Relay. Wadah pakan ikan dibuka dengan gerakan motor, pembatas gerakan motor digunakan limit switch. Sensor suhu menggunakan thermostat, hasil pengukuran ditampilkan di seven segmen. Jika hasil pengukuran suhu dibawah normal, heater memanaskan air kolam, dan ketika hasil pengukuran suhu diatas normal peltier, kipas, watercooling block dan pompa air bekerjasama menurunkan suhu air kolam. Kondisi pH air diindikasikan dengan lampu, Jika pH air kolam dibawah normal, lampu
merah berkedip dan jika pH air kolam diatas normal, lampu kuning berkedip.

Kata kunci: Pakan ikan, Suhu air, PH air, Smart Relay  


Full Text:

PDF

References


Al Qalit, Fardian, Aulia Rahman. 2017. Rancang Bangun Prototipe Pemantauan Kadar pH dan Kontrol Suhu Serta Pemberian Pakan Otomatis pada Budidaya Ikan Lele Sangkuriang Berbasis IoT. Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala :

Banda Aceh

Arief,Kamarady dan Ferdiansyah.2007. Aplikasi Pakan Ikan Otomatis Berbasis Mikrokontroler ATMEGA 16.Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur : Jakarta.

Muksin.2010. Simulasi Alat Pemberi Pakan Dan Pengendali Kincir Air yang Berdasarkan Suhu dan Kadar Oksigen Pada Kolam Ikan Gurami Berbasis MCU AT89C51.Teknik Elektro Universitas Widyagama : Malang.

Saiful, Rozeff Pramana.2013. Pengontrolan Ph Air Secara Otomatis Pada Kolam Pembenihan Ikan Kerapu Macan Berbasis Arduino. Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Maritim Raja Ali Haji : Riau.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v13i3.1144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats