PERAN BARU PUSTAKAWAN DI ERA MEA

Sri Sumarsih

Abstract


Peran baru pustakawan di era masyarakat ekonomi Asean (MEA) memberikan dampak kepada para pustakawan untuk berbenah diri dengan meningkatkan kompetensi diri baik dalam meningkatkan kemampuan diri, kemampuan sosial, intelektual dan bidang IT merka untuk dapat bersaing dan sejajar dengan pustakawan dari luar. Adanya persaingan tersebut diperlukan untuk menjadi pustakawan yang smart dalam berinovasi untuk meningkatkan kualitas diri mereka. Strategi yang perlu dilakukan oleh para pustakawan adalah salah satunya dengan memiliki standar kompetensi yang telah ditetapkan oleh Special Libraries Association (SLA) yaitu pustakawan perlu memiliki kompetensi profesional, kompetensi pribadi dan kompetensi Inti atau umum.

Kata Kunci: Pustakawan, Kompetensi, MEA


Full Text:

PDF

References


Buletin Pustakawan milik Badan Arsip dan Perpustakaan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah edisi Volume XIII. No.5/Jan–Jun 2015.

http://prasetya.ub.ac.id/berita/Prodi-IlmuPerpustakaan-Kupas-PeluangProfesional-Informasi-Jelang-MEA2015-16773-id.html.

Special Libraries Association (SLA). Competencies for Information Professionals of the 21st Century. Revised edition, June 2003. Diakses pada 05 Juni 2017 dari https://www.sla.org/aboutsla/competencies/.

Suliman Al-Hawandeh and Foo, S.(2001). “Information Professionalsin the Information Age: Vital Skills and Competencies”, Paper Presented at the International Conference for Library and Information. Diakses pada 05 Juni 2017 dari www.ntu.edu.sghomesfoopublications200101iclise_fmt.pdf

Surachman, 2011. Pustakawan Asia Tenggara menghadapi Globalisasi dan Pasar bebas. Esai disampaikan dalam

Seleksi Utusan Indonesia untuk CONSAL Outstanding Librarian

Award, 21-23 November 2011 di Peninsula Hotel Jakarta

https://kerajaanperpus.wordpress.com/2015/

/02/kompetensi-pustakawan-di-eradigital/




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v13i3.1142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats