RANCANG BANGUN “I GOT A STONE” GAME EDUKASI PENGENALAN JENIS BATU PERMATA BERBASIS ANDROID

Authors

  • Idhawati Hestiningsih Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang
  • Budi Suyanto Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang
  • Rizky Amanda Rachman Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32497/orbith.v13i3.1140

Abstract

Batu permata merupakan sebuah kekayaan alam yang indah dan memiliki nilai jual. Oleh karena itu, batu permata perlu diperkenalkan kepada masyarakat. Pengenalan batu permata tentu akan menimbulkan kejenuhan bila dilakukan dengan metode konvensional maupun dalam bentuk bacaan, sehingga diperlukan cara yang menyenangkan untuk mengenalkan batu permata yaitu melalui game. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun “I GOT A STONE” yaitu game edukasi pengenalan jenis batu permata yang menyajikan petualangan berbasis Android sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat tentang batu permata. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode waterfall. Perancangan game menggunakan model UML yang diwujudkan dalam bentuk diagram use case. Game dibuat dengan Adobe Flash Professional CS6 dengan Action Script 3.0. Metode kuesioner juga digunakan untuk mengukur kepuasan pengguna. Hasil pengujian menunjukkan bahwa game telah berfungsi dengan baik pada smartphone Android. Hasil kuesioner menunjukkan tingkat kepuasan pengguna adalah 81,2% dan tingkat kepuasan ahli batu permata adalah 80%.

Kata kunci : batu permata,   game, edukasi,   android,   flash

References

A. Mukmin, “Pengenalan Jenis Batu Mulia Menggunakan Wavelet Haar Dan Jarak Euclidean,” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, 2015.

A. N. Febritianti, “Batu Giok Dalam Kebudayaan Cina,” Universitas Indonesia, 2009.

A. Ritzhaupt, H. Higgins, and B. Allred, “Teacher Experiences on the Integration of Modern Educational Games in the Middle School Mathematics Classroom,” vol. 29, no. 2, 2010.

Adobe Creative Team and Adobe Systems, Adobe Flash Professional CS6: A Classroom in a Book: the Official Training Workbook from Adobe Systems. Adobe Press, 2012.

D. Y. Prasetyo, “Pengenalan Batu Akik Dengan Augmented Reality Berbasis Android,” Universitas Gunadarma, 2015.

Dinas Perindustrian dan Energi Provinsi DKI Jakarta, “Sistem Informasi Batu Mulia,” 2015. [Online]. Available: http://simbatu.disperindgi-jakarta.net/. [Accessed: 27-May-2016].

H. Gustantyo, “Aplikasi Informasi Jenis Batu Mulia Berbasis Desktop Menggunakan VB.Net,” Universitas

Gunadarma, 2014.

L. A. Lopez, New Perspectives on Adobe Flash Professional CS6, Introductory. Cengage Learning, 2012.

M. A. Muslim, “Penggunaan Holographic Display Sebagai Media Promosi Batu Akik (Gems Stone),” STMIK AMIKOM Yogyakarta, 2014.

M. F. Rahman, “Aplikasi Android Pengenalan Batu Akik Menggunakan App Inventor,” Universitas Gunadarma, 2015.

R. Apps, “Ragam Jenis Batu Akik,” 2015. [Online]. Available:

https://play.google.com/stor/apps/details?id=com.redboxsapps.ragamjenisbatuakik. [Accessed: 03-Jun-2016].

R. R. Yunizar, “Aplikasi Informasi Batu Mulia Berbasis Android,” Universitas Gunadarma, 2015.

U. Design, “Mengenal Batu Permata,” 2015. [Online].Available:

https://play.google.com/store/apps/det ails?id=com.udang.design.mengenalpermata. [Accessed:27-May-2015].

Y. S. Putra, “Aplikasi Ensiklopedia Batu Akik Di Indonesia Berbasis Android,” Universitas Gadjah Mada,2015.

Downloads

Published

2018-06-21