MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA DENGAN PRODUK KREATIF

Nurin Jaslinah, Abdu Shomat, Arina Fitria Amalana, Eka Putri Suantika, Siti Khotimah

Abstract


Wirausaha dapat diartikan sebagai orang-orang yang dengan keberanian, ketangguhan, serta kegigihannya mampu menciptkan aktivitas ekonomi yang diorientasika pada pencapaian keuntungan atau laba. Pemanfaatan stik es krim dan limbah kain perca merupakan ide baru untuk menciptakan produk kreatif dengan mengurangi jumlah limbah yang semakin meningkat. Lampion Jomblo Itik dan Mbah Kaca merupakan suatu produk handmade inovasi dari stik es krim dan limbah kain percah menjadi kerajinan miniatur rumah adat joglo yang dijadikan lampion dan kain percah yang dijadikan boneka karakter kemudian dikombinasi dalam satu bingkai sehingga membentuk produk yang unik dan menambah nilai guna dari limbah kain percah yang biasanya kurang dimanfaatkan secara maksimal. Tujuan dari program ini di antaranya adalah: 1. Memotivasi dan membuka peluang bagi mahasiswa untuk menghasilkan karya kreatif. 2. Inovatif sebagai bekal berwirausaha sebelum atau setelah menyelesaikan studi. 3. Menjadi cikal bakal kemunculan produk usaha di Indonesia karya mandiri bangsa. Metode yang digunakan dalam melaksanakan ide usaha ini yaitu tahap perencanaan dengan melakukan survei pasar khususnya di area Tembalang dan Banyumanik guna mengetahui prospek dan daya beli sasaran usaha, tahap produksi, tahap pemasaran dilakukan melalui dua cara yaitu secara offline dan online. Total penjualan bulan April- Mei 2019 sebesar Rp. 1.660.000 dengan harga pokok sebesar Rp 1.022.000 maka didapatkan keuntungan sebesar Rp. 638.000. Berdasarkan hasil tersebut, maka usaha ini sangat menguntungkan dan dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitar

Keywords


stik es krim, limbah kain perca, produk kreatif

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32497/ab.v20i2.1650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats