Repair Stationary Air Seal Pada APU GTCP 131-9B Dengan Metode Plasma Spray

Abdul Syukur A. Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Semarang

Abstract


Perawatan pesawat terbang dilakukan secara berkala sesuai dengan ketentuan badan penerbangan dunia internasional Civil Aviation Organization (ICAO). Pengecekan yang dilakukan adalah secara keseluruhan, mulai dari maintenance avionik hingga bagian engine maintenance atau perawatan Engine dan Cleaning sistem pembersihan pada Auxiallary Power Unit (APU). Ripair stationary air seal dengan plasma spray adalah metode  pembentukan lapisan permukaan secara permanen dengan meleburkan suatu material dalam suatu ruang pembakaran, kemudian dari ruang  pembakaran ini material disemprotkan ke atas permukaan substract dan kemudian menempelkannya di atas substrat. Proses pelapisan dilakukan dengan cara; bersihkan permukaan, masking, blasting dan proses pelapisan dengan mesin plasma torch dengan kekuatan 20 – 45 kw. Mekanisme ikatan pada suatu permukaan dalam thermal spray adalah sama dengan melapisi, yakni mechanical interlocking dan interaksi antar atom dengan penyebaran kekuatan ikatan sekitar 7 MPa (10 ksi).  Ketebalan lapisan berkisar antara 25 µm sampai dengan 2500 µm.

Kata Kunci : ”Plasma spray”, “Staionary air seal”

Keywords


”Plasma spray”, “Staionary air seal”

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32497/rm.v11i3.739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Rekayasa Mesin

_____________________________________________________________________

   

Publisher:

Mechanical Engineering Department, Politeknik Negeri Semarang (Semarang State Polytechnic)
Address: Jl. Prof. Sudarto, SH., Tembalang, Semarang
Email: jurnalrekayasamesin@polines.ac.id
WA: 085669661997

_____________________________________________________________________

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a License Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 Internasional.

View Statistics