Assessment Geometri Mesin Bubut Harrison M390 dengan Metode Pengukuran dan Coordinate Measuring Machine (CMM)

Dhion Khairul Nugraha, Elan Suherlan, Mohammad Fauzi

Abstract


Pada penelitian ini dilakukan assessment geometri terhadap mesin bubut Harrison M390. Kondisi geometri mesin bubut dapat mempengaruhi kualitas benda kerja yang dihasilkan, terutama berkaitan dengan kepresisian benda kerja. Assessment dilakukan dengan dua metode, yaitu metode pengukuran dan metode Coordinate Measuring Machine (CMM). Metode pengukuran dilakukan dengan mengukur kondisi geometri mesin menggunakan alat ukur seperti dial indicator, spirit level, dan alat bantu testbar. Sedangkan metode CMM dilakukan dengan mengidentifikasi titik-titik koordinat untuk selanjutnya diolah menjadi sebuah bidang permukaan. Hasil pengukuran kedua metode dibandingkan dengan kriteria dan toleransi yang diizinkan. Hasil dari assessment terhadap mesin bubut diantara kedua metode menunjukkan hasil yang sama terkait dengan kondisi geometri mesin. Kondisi spindle mesin bubut dalam keadaan baik dan masuk dalam toleransi yang diizinkan. Sedangkan kondisi guide ways dan tailstock mengalami penyimpangan yang diindikasikan oleh parameter pengukuran yang berada di luar toleransi yang diizinkan. Pada guide ways, sebanyak 45% bidang referensi untuk parameter kedataran berada di luar toleransi. Sedangkan pada tailstock, terdapat perbedaan sumbu sebesar  0,622 mm dan 0,168 mm masing-masing untuk tailstock pada posisi maju dan mundur. Pada guide ways dan tailstock juga mengindikasikan hasil yang sama, yaitu nilai kedataran dan kesumbuan yang akan semakin menurun ke arah headstock. Masalah yang terjadi pada guide ways dan tailstock ini dapat mempengaruhi kualitas hasil benda kerja yang dihasilkan.


Keywords


pengukuran geometri ; Coordinate Measuring Machine (CMM) ; mesin bubut ; kalibrasi

Full Text:

PDF

References


Susanto A, Arrosida H, Fajar Subkhan M, Choirul Arifin A, Azka Prodi Teknik Perkeretaapian M, Teknik J, et al. Hubungan Parameter Pemesinan terhadap Gaya Potong, Temperatur, dan Power pada Proses Bubut Inconel 718. Vol. 24. 2022.

Ratlalan RM. Variasi Kecepatan Putaran Dan Kedalaman Gaya Potong Mesin Bubut Gedee Weiler LZ 330 G Terhadap Permukaan Baja Karbon ST 37. Jurnal Rekayasa Mesin. 2019;14(3).

Gundara G, Riyadi S. Pengukuran Ketelitian Komponen Mesin Bubut dengan Standar ISO 1708. Al JAzari Journal of Mechanical Engineering. 2017;2(2).

Mangngi F. Evaluasi Kondisi Mesin Bubut Harizon T300 Menurut Metode Schlesinger Sebagai Acuan Dalam Melakukan Tindakan Perawatan. Mesin Teknologi. 2018;12(2).

Indrawan E, A Y, Aziz A, Rifelino R, Tawakal MI. Analisis Kualitas Geometri Mesin Bubut Maximat Super 11. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi. 2020;20(3).

Schlesinger G. Testing Machine Tools. 8th ed. Oxford: Pergamon Press; 1982.

Arif M, Arief DS, Syafri. Analisa Kedataran Guide Ways Terhadap Pengaruh Gerak Carriage pada Mesin Bubut G.D.W LZ 350 dengan Alat Ukur Digi-Pas DWL-200. JOM FTeknik. 2016;3(2):1–5.

Ratlalan RM, Maharani N. LEVELLING MESIN BUBUT LZ 330 G MENGGUNAKAN ALAT UKUR SPIRIT LEVEL. Otopro. 2023;

Harja HB, Suherlan E, Rusmana N. Experimental study of geometric error of CNC turning machine tools based on ISO 13041-6. Available from: http://e-jurnal.pnl.ac.id/polimesin

Harja HB, Nurbaniah A, Muhadi NSB, Noviandi A. Straightness Geometric Error Assessment for CNC Milling Machine. In: Key Engineering Materials. 2023.

Hammad Mian S, Al-Ahmari A. New developments in coordinate measuring machines for manufacturing industries. International Journal of Metrology and Quality Engineering. 2014;5(1).

Helmizar, Agustian AB, Alqap ASF. Pengukuran Kesalahan Gerak Sumbu X dan Sumbu Z Berdasarkan Hasil Cutting Test Mesin Bubut CNC Inovasi Menggunakan Coordinate Measuring Machine (CMM). Rekayasa Mekanik. 2021;5(1):15–8.

Ali SHR, Mohamd OM. Dimensional and geometrical form accuracy of circular pockets manufactured for aluminum, copper and steel materials on CNC milling machine using CMM. International Journal of Engineering Research in Africa. 2015;17.

Achelker C, Rao NS, Rajendra R, Krishaniah A. Performance Evaluation of Machine Tool Probe for In-process Inspection of 2D and 3D Geometries. Procedia Technology. 2014;14.

Hashemiboroujeni H, Marzdashti SE, Xing K, Mayer JRR. Five-axis machine tool coordinate metrology evaluation using the ball dome artefact before and after machine calibration. Journal of Manufacturing and Materials Processing. 2019;3(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/jrm.v19i2.5444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Rekayasa Mesin

_____________________________________________________________________

   

Publisher:

Mechanical Engineering Department, Politeknik Negeri Semarang (Semarang State Polytechnic)
Address: Jl. Prof. Sudarto, SH., Tembalang, Semarang
Email: jurnalrekayasamesin@polines.ac.id
WA: 085669661997

_____________________________________________________________________

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a License Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 Internasional.

View Statistics