Efek Sandblasting Terhadap Karakterisasi Pelapisan Coating 95MXC Pada Stainless Steel 304 Menggunakan Metode TWAS (Twin Wire Arc Spray)

Windy Desti Puspitasari, Deni Fajar Fitriyana, Samsudin Anis, Aldias Bahatmaka, Agustinus Purna Irawan, Januar Parlaungan Siregar, Tezara Cionita, Janviter Manalu

Abstract


Impeller adalah komponen utama pompa sentrifugal yang sering mengalami kegagalan seperti erosi, korosi dan kavitasi. Untuk mencegah kegagalan tersebut, salah satu cara yang digunakan adalah memberikan pelapis dengan metode TWAS. Pada penelitian yang telah ada, coating dengan metode TWAS menjadi salah satu pilihan yang banyak digunakan, namun belum banyak penelitian yang membahas mengenai pengaruh pengulangan sandblasting pada coating metode TWAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengulangan sandblasting pada impeller pompa berbahan baku stainless steel 304 dengan metode Twin Wire Arc Spray Coating dengan NiAl sebagai bond coat dan FeCrBSiMn sebagai top coat. Penelitian ini menggunakan spesimen tanpa diberikan pelapisan dan spesimen tebaik yakni yang diberi pelapisan dengan satu pengulangan sandblasting. Karakterisasi dilakukan untuk mengetahui kekasaran permukaan (ISO 8503), kekerasan lapisan (ASTM E384), coating (ASTM D4541), dan laju korosi (ASTM G102). Pengujian SEM dan analisis ImageJ dilakukan untuk mengetahui struktur lapisan. Hasil penelitian menunjukan sandblasting dengan satu pengulangan memiliki hasil kekasaran permukaan dan ketebalan lapisan terendah. Namun, memiliki hasil karakterisasi lapisan paling optimal dengan porositas dan unmelt terendah, kekerasan tertinggi dengan 1081.6 HV dengan coating yang sudah sesuai dengan standar yakni 14.5 MPa dan semakin banyak pengulangan sandblasting, semakin tinggi laju korosinya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah satu pengulangan sandblasting dalam metode TWAS sudah memberikan kualitas terbaik yang dapat meningkatkan performa dan penggunaan impeller pompa.


Keywords


95MXC; Impeller; Sandblasting; Stainless Steel; Twin Wire Arc Spray (TWAS)

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32497/jrm.v19i1.5392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Rekayasa Mesin

_____________________________________________________________________

   

Publisher:

Mechanical Engineering Department, Politeknik Negeri Semarang (Semarang State Polytechnic)
Address: Jl. Prof. Sudarto, SH., Tembalang, Semarang
Email: jurnalrekayasamesin@polines.ac.id
WA: 085669661997

_____________________________________________________________________

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a License Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 Internasional.

View Statistics