Analisis Performa pada Sepeda Motor Listrik Menggunakan Motor BLDC 500 W

Sena Mahendra, Fahmy Fatra, Mukhammad Tamamudin

Abstract


Dalam transportasi yang sedang marak saat ini, sepeda motor listrik memiliki beberapa keunggulan, seperti tidak menggunakan bahan bakar minyak dan tidak menimbulkan polusi sama sekali. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisa performa rancang bangun sepeda motor listrik MOLIVET yang menggunakan motor BLDC 500 W. Untuk pengujian yang dilakukan meliputi uji torsi, daya, tegangan, kecepatan dan kuat arus. Hasil dari penelitian ini untuk uji torsi tanpa beban sebesar 4,10 N.m dan pada saat dengan beban 90 kg torsi menjadi turun sebesar 3,51 N.m. Untuk hasil uji daya tanpa beban sebesar 0,39 Hp dan pada saat menggunakan beban 90 kg daya turn menjadi 0,29 Hp. Untuk tegangan pada baterai saat tanpa beban sebesar 49,07 V dan pada saat menggunakan beban sebesar 48,16 V. Untuk kecepatan rata-rata pada saat tanpa beban sebesar 31,97 KPH dan pada saat menggunakan beban 90 kg sebesar 26,89 KPH

 

Kata kunci: Motor Listrik BLDC ; Performa ; Torsi ; Daya

Keywords


Motor Listrik BLDC; Performa; Torsi; Daya

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Beeton, & David. (2014). Electric Vehicle Business Models Global Perspectives. Springer.

Alhamdie, A. (2021). Rancang Bangun Sepeda Dengan Motor Dc 350 W. JMIO: Jurnal Mesin Industri Dan Otomotif, 2(1), 7–10. https://doi.org/10.46365/jmio.v2i01.403.

Kristyadi, T., Said, M., Farhan, M., & Lani, D. (2021). Konversi Sepeda Motor Berbahan Bakar Bensin Menjadi Bertenaga Listrik. Prosiding Diseminasi FTI Genap, 1–13.

Belekar, R. D., Subramanian, S., Panvalkar, P. V., Desai, M., & Patole, R. (2017). Alternator Charging System for Electric Motorcycles. International Research Journal of Engineering and Technology(IRJET), 4(4), 1759–1766.

Manalu, J. (2017). Racang bangun motor listrik. Universitas Sumatera Utara.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Oktariani, Y. (2016). Studi Pengaruh Torsi Beban Terhadap Kinerja Motor Induksi Tiga Fase. Institut Teknologi Padang, 5(1), 9–15

Prasetyo, E., Dahlan, D., & Ryfaldi, R. (2018). Analisis Uji Jalan Sepeda Motor Listrik 1 kW. Seminar Rekayasa Teknologi, 199–208

Zainal, N. R. (2018). Pengaruh Posisi Sudut Optimus Reed Switch Pada Motor Brushless DC Axial Flux

Ratna Mustika Yasi, & Charis Fathul Hadi. (2021). Pengaruh Tegangan Terhadap Besar Kuat Arus Listrik Pada Persamaan Hukum Ohm. Journal Zetroem, 3(1), 34–36. https://doi.org/10.36526/ztr.v3i1.1331

Nurhadi. (2018). PENGEMBANGAN SEPEDA MOTOR LISTRIK SEBAGAI SARANA Tujuan penelitian Metodologi penelitian Penelitian Terdahulu. Seminar Nasional Inovasi Dan Aplikasi Teknologi Di Industri 2018, 249–255.

Sarwey, R. A., & John W. Jewett. (2019). Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics (2nd ed.). Salemba Teknika

Dougles, C., & Giancoli. (2001). Physics Fifth Edition (5th ed.). Erlangga

Setyaning, A., Poesoko, S., Setyono, B., Novianto, A., Mesin, J. T., Teknologi, I., & Tama, A. (2022). Analisis Konsumsi Energi Baterai Dan Steering Sytem Mobil Listrik Eazy Parking Penggerak 2 Motor BLDC. 1–10.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/jrm.v19i3.5249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Rekayasa Mesin

_____________________________________________________________________

   

Publisher:

Mechanical Engineering Department, Politeknik Negeri Semarang (Semarang State Polytechnic)
Address: Jl. Prof. Sudarto, SH., Tembalang, Semarang
Email: jurnalrekayasamesin@polines.ac.id
WA: 085669661997

_____________________________________________________________________

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a License Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 Internasional.

View Statistics

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor