Penentuan Dimensi dan Jenis Propeller Kapal Ikan untuk Menghasilkan Sistem Propulsi yang Optimal

Dyah Anggraeni Ayuningtyas, Zaneta Zakirena Sanjiwo, Adi Kurniawan Yusim

Abstract


Dalam operasi pelayaran, kapal harus mampu mempertahankan kecepatan operasi yang dirancang (Vs). Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan perencanaan sistem propulsi yang optimal. Karakteristik propeller seperti diameter, Ae/Ao, koefisien advance (J), pitch propeller, dan pitch ratio (P/D) menjadi faktor penting dalam menentukan sistem propulsi yang optimal. Diperlukan analisis perencanaan untuk menentukan sistem propulsi yang optimal dengan mempertimbangkan tahanan kapal, daya mesin relatif terhadap tahanan, dan karakteristik propeller yang direkomendasikan. Penelitian ini mengisi kesenjangan dalam merencanakan sistem propulsi yang optimal untuk kapal ikan berbahan High-Density Polyethylene (HDPE) dengan menganalisis berbagai faktor seperti tahanan kapal, daya mesin, dan karakteristik propeller. Tujuan penelitian ini adalah menentukan spesifikasi mesin dan karakteristik propeller yang optimal untuk kapal ikan HDPE melalui analisis engine propeller matching. Penelitian dilakukan dengan menghitung tahanan kapal, menentukan daya mesin relatif terhadap tahanan, dan menganalisis karakteristik propeller yang direkomendasikan. Analisis engine propeller matching dilakukan untuk memastikan kecocokan antara mesin dan propeller. Berdasarkan perhitungan, spesifikasi mesin rekomendasi kapal ikan HDPE adalah DONGFENG dengan daya 6 kW/8 HP pada 2600 rpm. Karakteristik propeller yang optimal adalah Ae/Ao = 0,35; P/D = 0,57; J = 0,46. Analisis engine propeller matching menunjukkan hasil yang baik antara mesin dan propeller. Penelitian ini berhasil menentukan spesifikasi mesin dan karakteristik propeller yang optimal untuk kapal ikan HDPE melalui analisis engine propeller matching. Hasil dapat digunakan sebagai acuan dalam perencanaan sistem propulsi kapal ikan HDPE untuk mencapai kecepatan operasi yang diinginkan.


Keywords


engine propeller matcing; propeller; sistem propulsi

Full Text:

PDF

References


T. Loydu. Rules For The Classification of Naval Ship. Turk Loydu; 2014. http://www.turkloydu.org.

Y. Faradiba. Analisa hambatan pada kapal tetramaran dengan konfigurasi jarak antar lambung secara melintang S / L = Analysis of tetramaran ship resistance with transversly distance hull configuration S / L. 2015; 0: p. 15.

S. A. Harvald. Tahanan dan Propulsi Kapal. Surabaya: Airlangga University Press; 1992.

L. Nooryadi, K. Suastika. Perhitungan Wave Making Resistance pada Kapal Katamaran dengan Menggunakan CFD. J. Tek. ITS. 2012; 1 (1): p. 30–34.

ISO. ISO 484-2:2015 Mesin kelautan dan sistem propulsi. p. 13, 2015. https://www.iso.org/standard/68084.html.

M. A. Budiyanto. Tongkang Pengangkut Batu Split dalam Mengurangi Efektifitas Penggunaan Bantalan Udara Pada Tongkang Pengangkut Batu Split. 2010.

D. Haryadi. Analisa Performance Propeller Tipe B-5 Series Pada Kapal. J. Tek. Perkapalan. 2018; 6 (1): p. 101–110. Available: http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval ISSN.

E. Satya. Perencanaan Sistem Propulsi yang Optimal untuk Operasional Kapal Roro Barge. Indonesia; 2018. 1 (1). P. 1–15. Available: http://www.fao.org/3/I8739EN/i8739en.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.adolescence.2017.01.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.childyouth.2011.10.007%0Ahttps://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/23288604.2016.1224023%0Ahttp://pjx.sagepub.com/lookup/doi/10.

A. F. Z. Mohammad Budi Hermawan, Hartono Yudo. Analisa Kekuatan Kontruksi Memanjang pada Kapal Ikan Mini Purse Seine Tradisional dengan Kapal sesuai Aturan Biro Klasifikasi Indonesia (BKI). J. Tek. Perkapalan. 2018; 6 (1): p. 217–222.

B. Siswandi. High Density Polyethylene (HDPE) Vessel of Pompong as a Fishing Vessel for Bengkalis Fisherman. IPTEK J. Proc. Ser. 2017; 0 (2): p. 108. doi: 10.12962/j23546026.y2017i2.2306.

A. Nawawi, I. K. A. P. Utama, A. Jamaluddin. Optimasi Kinerja Propulsi pada Kapal Ikan Studi Kasus : Kapal Ikan di Perairan Brondong , Lamongan. Available: https://pdfs.semanticscholar.org/9655/5d1f4cc8ca8e9a966d572a564baf97d7ec81.pdf.

I. P. A. Hakim, M.L., Utama, I.K.A.P., Wibawa. Analisis engine-propeller matching pada kapal ikan tradisional dengan variasi jenis bahan lambung/ J. Ris. dan Teknol. Kelaut. 2021;19 (2): p. 197-208.

B. Adji, S.W.,Yulianto. Engine-propeller matching analysis for fishing vessel. J. Eng. Appl. Sci. 2019; 14 (5): p. 1490–1495.

S. Suhendra, D., Jamaluddin, A., Sugiyanto. Optimasi desain propeller pada kapal ikan tradisional dengan metode Particle Swarm Optimization (PSO). J. Tek. Perkapalan. 2022; 10 (1): p. 25–34.

R. Rachman, E. Pranatal, P. I. S. Analisis Perbandingan Metode Simulasi Software Maxsurf dengan Metode Matematis Untuk Perhitungan Hambatan dan Daya Mesin Utama Kapal Tanker 6500 Dwt. Pros. Semin. Teknol. Kebumian dan Kelaut. 2020; 2 (1): p. 193–201. Available: https://ejurnal.itats.ac.id/semitan/article/view/1079.

A. F. Molland, S. R. Turnock, D. A. Hudson, Ship resistance and propulsion: Practical estimation of ship propulsive power. vol. 9780521760. 2011.

E. V. Lewis and Society of Naval Architects and Marine Engineers (U.S.). Principles of naval architecture. Volume I, Stability and strength, vol. I. 1988.

U. B. Richki Khresna. Engine Matching Propeller Pada Kapal Ikan Pipa Paralon Untuk Mendapatkan Sistem Propulsi Yang Optimal. J. Tek. Perkapalan. 2017; 5 (1): p. 120. Available: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/naval.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/jrm.v19i1.4795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Rekayasa Mesin

_____________________________________________________________________

   

Publisher:

Mechanical Engineering Department, Politeknik Negeri Semarang (Semarang State Polytechnic)
Address: Jl. Prof. Sudarto, SH., Tembalang, Semarang
Email: jurnalrekayasamesin@polines.ac.id
WA: 085669661997

_____________________________________________________________________

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a License Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 Internasional.

View Statistics