Agus Pramono, Eko Boedisoesetyo, (Politeknik Negeri Semarang)
Abstract
Dunia teknik otomotif kita sudah sering mengenal istilah Diesel engine.dalam operasionalnya untuk mobilitas lapangan sering terjadi dengan mendadak suatu kecepatan yang sangat tinggi diatas (3000-rpm) yang melebihi kecepatan yang distandarkan oleh aturan sistem mekanisme engine hal ini sering terjadi dikarenakan beberapa faktor salah satunya adalah berlebihanya volume bahan bakar yang di injeksikan dari pompa injeksi bahan bakar menuju nozel dan getaran engine yang menambah faktor terjadinya kecepatan putaran yang melebihi ketentuan standar putaran untuk diesel engine. Untuk menghindari hal inilah yang terjadi yang dinamakan overspeed hal ini kalau dibiarkan akan mengakibatkan merambatnya kerusakan yang tidak diinginkan Dengan metoda penurunan putaran yang telah melewati penelitian dan pengalaman lapangan oleh para insinyur mesin.untuk mengatasi suatu problim pengendalian overspeed khusus untuk Diesel engine diciptakan agar mampu secara otomatis mengendalikan dengan sediri putaran yang berlebihan tersebut sehingga dapat dikondisikan menjadi stabil kembali dalam putaran normal.yang membuat putaran mesin menjadi Idle kembali.dengan perlengkapan pengendali putaran.
Kata Kunci : “overspeed”, “governor”, pengendali putaran ekstrim”
Mechanical Engineering Department, Politeknik Negeri Semarang (Semarang State Polytechnic) Address: Jl. Prof. Sudarto, SH., Tembalang, Semarang Email: jurnalrekayasamesin@polines.ac.id WA: 085669661997