Rancang Bangun Sistem Overhead Chain Conveyor untuk Pengeringan Gitar dengan Penggerak Motor Listrik 1 HP

Suharto Suharto, Sarana Sarana, Ahmad Khilmi Hidayat, Febrya Yoga Pratama, Mahdelia Fa’iq Alamsyah, Yanuar Ilham Ramadhan, Eko Saputra

Abstract


Proses pengeringan gitar pada produksi gitar di Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masih menggunakan cara manual seperti mengeringkan di luar ruangan, hal ini tentu akan memperlambat proses produksi karena masih mengandallkan bantuan sinar matahari dan udara. Proses pengeringan gitar yang baik memiliki peran penting khususnya dari segi estetika dalam pembuatan gitar. Kualitas permukaan gitar diharapkan memiliki tingkat kehalusan yang baik dan tanpa debu. Oleh karena itu, metode pengeringan gitar yang baik sangat diperlukan oleh UMKM. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan menganalisa sistem overhead chain conveyor untuk pengeringan gitar dengan penggerak motor listrik 1 HP. Penelitian ini dilakukan untuk menangani permasalahan pengeringan gitar agar efektif dan meminimalisir adanya debu pada permukaan gitar. Alat bantu pengeringan gitar ini menggunakan kendali forward reverse untuk sistem kendalinya dengan penggerak motor induksi. Pada hasil, analisa dan evaluasi dilakukan dengan pengujian terhadap efisien waktu proses pengeringan gitar. Pada penelitian ini, diperoleh waktu pengeringan tercepat pada 40 menit. Hal ini mampu memangkas waktu 15 menit dari metode pengeringan yang ada sebelumnya. Cepatnya waktu pengeringan ini tentu akan mendorong produktivitas pada UMKM.

Keywords


Overhead chain conveyor; pengeringan gitar; forward-reverse

Full Text:

PDF

References


https://www.merdeka.com/jateng/mengunjungi-kampung-gitar-di-sukoharjo-surganya-pecinta-alat-musik-petik.html diakses pada 07-11-2021.

https://www.tribunnews.com/regional/2018/02/09/desa-mancasan-sukoharjo-kampung-pengrajin-gitar-kelas-internasional diakses pada 07-11-2021

Al-Bahra Bin Ladjamudin, 2005, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Graha Ilmu, Yogyakarta

Shigley’s. 2011. Mechanical Engineering Design (Ninth Edition). New York: McGraw-Hill Companies.

Khurmi.R.S & Gupta J.K. 2005. A Textbook Of Machine Design (SI Units). New Delhi : Eurasia Publishing House (PVT.) Ltd.

Mott, R. L., 2004, Machine Elements In Mechanical Design, Fouth Edition Perason Education : New Jersey.

Sato, G. Takeshi dan N. Sugiarto Hartanto. 1986. Menggambar Mesin Menurut Standar ISO. Jakarta: Pradnya Paramita.

Sularso, Kiyokatsu Suga. 1997. Dasar Perencanaan dan Pemilihan Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita.

Fauzi, Muhammad Nur. 2018. Laporan Tugas Akhir Sistem Transmisi Rantai Pada Purwarupa roda lincah UNS. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Lufhianto, Andrian. 2017. Perencanaan Ulang Sistem Transmisi Rantai Mobil Nogogeni EVO 3. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Raharja, Afifaruq Etwin. 2020. Perancangan Bearing pada mesin vertical centrifugal casting. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

V. Dobrovolsky, 1978

Saptono, Hery., dkk. Analisa daya dan kontrol kecepatan motor pada alat bantu las rotary positioner table. Bogor: Universitas Ibnu Khaldun.

Sri Nugroho Marsoem, Vendy Eko Prasetyo, Joko Sulistyo, Sudaryono, Ganis Lukmandaru, 2014, Studi Mutu Kayu Jati di hutan Rakyat Gunungkiful III: Sifat Fisika Kayu, Jurnal Ilmu Kehutanan, Vol. 8, No. 2, hal. 75-88.

Winingsih, Puji Hariati. 2017 “Eksperimen gaya gesek untuk menguji nilai koefisien gesekan statis kayu pada kayu dengan program matlab” Jurnal Science Tech Vol. 3, No. 2, Agustus Program Studi Pendidikan Fisika: UST Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/jrm.v16i3.3069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Rekayasa Mesin

_____________________________________________________________________

   

Publisher:

Mechanical Engineering Department, Politeknik Negeri Semarang (Semarang State Polytechnic)
Address: Jl. Prof. Sudarto, SH., Tembalang, Semarang
Email: jurnalrekayasamesin@polines.ac.id
WA: 085669661997

_____________________________________________________________________

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a License Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 Internasional.

View Statistics