PENGARUH SUASANA TEMPAT, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI PADA KITAKO COFFEE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel suasana tempat (XI), harga (X2), promosi (X3) terhadap minat beli (Y) pada Kitako Coffee. Data dikumpulkan dalam penelitian ini melalui metode kuesioner terhadap 124 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, berdasarkan kriteria konsumen Kitako Coffee yang berumur minimal 17 tahun. Metode analisis yang digunakan adalah kuantitatif. Berdasarkan analisis diperoleh suasana tempat tidak memiliki pengaruh terhadap minat beli pada Kitako Coffee, harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat beli pada Kitako Coffee, promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada Kitako Coffee.
Kata kunci: Suasana tempat, Harga, Promosi, Minat beli, Kitako Coffee.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Hafizi, N. A., & Ali, H. (2021). Purchase Intention and Purchase Decision Model: Multi Channel Marketing and Discount on Medcom. Id Online News Portal. Dinasti International Journal of Digital Business Management, 2 (3), 460–470.
Albi, K. (2020). Pengaruh Pemasaran Digital dan Suasana Toko Terhadap Minat Beli di Kedai Kopi S. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 3(1), 21–30.
Ananda, A., & Pradini, G. (2022). Peran Food & Beverage Service Dalam Memberikan Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di McDonald’s Jatipadang. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(03), 263–277.
Apriliya, W. (2023). Analisis Suasana Café, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan di café Masalalu. BULLET: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(3), 728–738.
Azahra, F., & Hadita, H. (2023). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Variabel Intervening Minat Beli KFC Golden City Bekasi Di Sosial Media Instagram. Jurnal Economina, 2(2), 678–691.
Djollong, A. F. (2014). Tehnik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2 (1). http://jurnal.umpar.ac.id/index. php/istiqra/article/view/224
Faroh, W. N. (2017). Analisa pengaruh harga, promosi, dan pelayanan terhadap keputusan pembelian. Journal Ilmiah Prodi Manajemen, 4(2), 3–24.
Febriansyah, F., & Reni, D. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen di Minimarket 212 Mart Karawaci Tangerang. Islaminomics: Journal of Islamic Economics, Business and Finance, 10(1), 45–54.
Fitriyani, L. (2018). Pengaruh Store Atmosphere Cafetaria, Variasi produk dan Harga terhadap Minat Beli Konsume (Kasus Pada Food Coma Daily Cafetaria) [PhD Thesis, Universitas 17 Agustus 1945]. http://repository.untag- sby.ac.id/id/eprint/1290
Hasana, H., & Alamsyah, G. F. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Minat Beli Smartphone Realme Di Sampit. Profit: Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 8(2), 85–93.
Husniyah, H. (2023). Pengaruh Promosi dan Store Atmosphere terhadap Minat Beli Konsumen pada Kedai Kopi Jee Café [PhD Thesis, Universitas Islam" 45" Bekasi].http://repository.unis mabekasi.ac.id/id/eprint/2137
Hutapea, R. C. D. (2020). Pengaruh Marketing Mix terhadap Minat Beli Konsumen pada PT Capella Dinamik Nusantara Kota Batam [PhD Thesis, Prodi Manajemen]. http://repository.upbatam.ac.id/151/
Ihyaul Ulumuddin, Y., & Nirawati, L. (2021). Pengaruh Store Atmosphere Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Teras Rumah Café Surabaya. Jurnal Bisnis Indonesia, 12 (2). http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/jbi/article/viewFile/2899/1883
Indriani, C. R. A., & Pramono, C. (2023). Pengaruh Store Atmosphere Dan Harga Terhadap Minat Beli Pengunjung Meuligoe Kupi Atjeh Binjai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 6(2), 182–192.
Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E- Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14 (1), 35–43.
Kambali, I., & Syarifah, A. (2020). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus di Billionaire Store Bandung). Pro Mark, 10(1). https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/promark/article/down load/731/549
Kamil, A. (2021). Analisis Pengaruh Atmosfer Toko Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Konsumen Kedai Kopi Manipulasi Hati. https://idr.uinantasari.ac.id/id/eprint/17681
Kotler, P. (2010). Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Dasar-dasar pemasaran (9th ed.). Erlangga.
Latief, A. (2018). Analisis pengaruh produk, harga, lokasi dan promosi terhadap minat beli konsumen pada warung wedang jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 7(1), 90–99.
Liu, H. (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Smartphone Xiaomi (Studi Kasus Di Jakarta Barat). Business Management Journal, 15(1). https://journal.ubm.ac.id/index.php/business-management/article/view/1560
Marlina, M. (2018). PENGARUH SERVICE Quality Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Nasabah Di Bca Kantor Cabang Pembantu Cimahi [PhD Thesis, Universitas Widyatama]. http://repository.widyatama.ac.id/handle/123456789/10654
Pradinda, A. R. (2023). Pengaruh Label Halal dan Tingkat Harga terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Kosmetik Pixy. Jurnal Riset Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 101–110.
PUSPARISA, Y. D. R. (2023, October 23). Kopi, Nongkrong, dan Gairah Industri Gen Z dan Milenial. kompas.id.https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2023/10/22/kopi-nongkrong-dan-gairah-industri-gen-z-dan-milenial
Rahmah, F. N., & Arafah, W. (2023). Pengaruh Celebrity Endorse, Kredibilitas Merek dan Promosi Terhadap Minat Beli. Business, Economics and Entrepreneurship, 5(1), 89–101.
Sholihah, I. A. (2020). Pengaruh suasana cafe dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen di merdeka cafe nganjuk. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/34247
Syahputra, R. R., & Herman, H. (2020). Pengaruh Promosi Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menginap Di Os Hotel Batam. Jurnal Ilmiah Kohesi, 4(3), 62–70.
Tania, A. E., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 75–84.
Tondang, G. A., Nasution, M. L. I., & Dharma, B. (2023). Pengaruh Suasana Cafe, Harga, Variasi Menu Terhadap Minat Kunjungan Konsumen (Studi Kasus: Dbest Cafe Tuamang). Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 6(1), 15–26.
Wanda, E. S., & Susanto, H. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Pada Toko Lariez48 Di Sampit. Profit: Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 9(2), 115–126.
WATI, G. (2022). Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Tempat Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi BarIX Coffee Shop In Town) [PhD Thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang]. http://repository.unimus.ac.id/5976/
Wiyanti, S., Stevanus, S., Widianingrum, D. A., Farizi, M. S., Rahma, M. Y., & Kurniawan, B. L. (2023). Pengaruh Harga Paket Produk, Suasana Kafe Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Kafe Belikopi Kota Tegal. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 16(1), 59–71.
DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v20i3.6247
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats