RANCANG BANGUN KENDALI ALAT PERAGA “MODULAR PRODUCTION SYSTEM UNTUK INSPECTION PROCESS” MENGGUNAKAN KONTROLLER ARDUINO NANO

Sihono Sihono

Abstract


Modular Production System merupakan alat peraga praktikum  otomatisasi  proses produksi di sebuah industri yang terdapat di Laboratorium Mekatronika Program Studi Teknik Elektronika Politeknik Negeri Semarang. Sebagai sistem kendali MPS digunakan Programmable Logic Controller (PLC), untuk menunjang praktikum mikrokontroller yang merupakan salah satu matakuliah di Prodi Elektronika Politeknik Negeri Semarang  maka MPS dikembangkan pada sistem kendali menggunakan sistem  Arduino Nano yang diajarkan di prodi elektronika Politeknik Negeri Semarang menggantikan sistem PLC yang sudah digunakan sebelumnya . Pada Inspection Procces yaitu proses pengujian  benda kerja berdasarkan ketebalannya digunakan potensiometer linear sebagai sensor, apabila ketebalan benda kerja tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan maka  sistem MPS akan memisahkan benda kerja ke bagian benda rusak untuk tidak diteruskan ke proses produksi berikutnya. Proses  mekanis pada MPS digunakan sistem  Pneumatics yang dilengkapi dengan berbagai jenis  sensor masukan yang berupa , sensor reed switch, proximity induktif, photoelectric, sensor tekanan, dan sensor fiber optic. Sedangkan untuk perangkat keluarannya diantaranya berupa motor dc, silinder aktuator, lampu indikator, tower light, dan buzzer. Utuk menjalankan kendali sistem Arduino maka perlu dibuat program dengan Bahasa pemrogramman C.

Kata kunci : MPS, Arduino Nano, PLC, Inspection process, Pneumatics.


Keywords


MPS; arduino nano; PLC; inspection process; pneumatics

Full Text:

PDF

References


Anggara Trisna Nugraha dan Rachma Prilian Eviningsih. Penerapan Sistem Elektronika Daya: AC Regulator, DC Chopper, dan Inverter, (Yogyakarta: DEEPUBLISH, 2022), Hal 93.

Muhammad Rizal. PENGUKURAN TEKNIK: Dasar dan Aplikasi, (Banda Aceh: Syiah Kuala University Press, 2020), Hal. 41.

Ekojono dkk, Pemograman Spreadsheet untuk Pemodelan Kontrol Rangkaian Elektronika, (Malang: POLINEMA PRESS, 2019) hal 19.

Ibid hal 16.

Abadi Jading dkk, Buku Ajar Pengukuran dan Instrumentasi, (Sleman: DEEPUBLISH, 2020) hal 106.

Ekojono dkk, Pemograman Spreadsheet untuk Pemodelan Kontrol Rangkaian Elektronika, (Malang: POLINEMA PRESS, 2019) hal 22.

I Gede Suputra Widharma dan Lalu Febrian Widharma, MIKROKONTROLER DAN APLIKASI, (Banyumas: Wawasan Ilmu, 2022) hal 46.

Ekojono dkk, Pemograman Spreadsheet untuk Pemodelan Kontrol Rangkaian Elektronika, (Malang: POLINEMA PRESS, 2019) hal 32-33

Wirawan Sumbodo, Pneumatik dan Hidrolik, (Sleman: DEEPUBLISH, 2017) hal 1.

Ibid hal 9.

Ibid hal 30.

Ibid hal 37.

Ibid hal 38.

Ibid hal 39.

Yuwono Marta Dinata, Arduino Itu Pintar, (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2016), Hal. 137.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v19i2.4996

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats