PERANAN PROMOTION, CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP KONSUMSI PRODUK HERBAL DI ERA PANDEMI

Imam Nuryanto, Ida Farida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari promotion, celebrity endorse dan brand image terhadap keputusan pembelian produk herbal Tolak Angin di Semarang saat era pandemi. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan memberikan kriteria, sampel sebanyak 160 responden. Analisis menggunakan Regresi Linier Berganda, diperlukan untuk mengetahui signifikansi koefisien regresi sehingga dapat digunakan untuk menjawab hipotesis pengaruh  promotion, celebrity endorser, brand image terhadap keputusan pembelian. Hasil pembahasan analisis regresi linier berganda menunjukkan nilai koefisien regresi promotion, celebrity endorser dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Artinya, jika setiap variabel promotion, celebrity endorser dan brand image ditingkatkan, maka variabel keputusan pembelian meningkat. Kesimpulan penelitian, menunjukkan bahwa: 1) brand image menjadi variabel terbesar yang mempengaruhi keputusan pembelian, sedangkan 2) promotion menjadi variabel kedua yang memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian, dan 3) celebrity endorser menjadi variabel dengan pengaruh terkecil yang mempengaruhi keputusan pembelian.

This study aims to determine the effect of promotion, celebrity endorsement and brand image on purchasing decisions of Tolak Angin herbal products in Semarang during the pandemic era. Determination of the sample using purposive sampling method by providing criteria, a sample of 160 respondents. Analysis using Multiple Linear Regression, is needed to determine the significance of the regression coefficient so that it can be used to answer the hypothesis of the effect of promotion, celebrity endorser, brand image on purchasing decisions. The results of the discussion of multiple linear regression analysis show that the regression coefficient values of promotion, celebrity endorser and brand image have a positive and significant effect on purchasing decisions. That is, if each promotion variable, celebrity endorser and brand image is increased, then the purchasing decision variable increases. The conclusion of the study shows that: 1) brand image is the largest variable that influences purchasing decisions, while
2) promotion is the second variable that has an influence on purchasing decisions, and 3) celebrity endorser is the variable with the smallest influence influencing purchasing decisions.


Keywords


Promotion, Celebrity Endorser, Brand Image and Purchase Decisio

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, F., & Prijati, P. (2016). PENGARUH PROMOSI, DISKON DAN IMPULSE BUYING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HYPERMARKET PTC SURABAYA.

Ferdinand, A. T. (2006). Metode Penelitian Manajemen: pedoman penelitian untuk penelitian skripsi, tesis dan disertasi ilmu manajemen.

Ghadani, A., Muhar, A., & Sari, A. (2022). Pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian di shopee dengan mediasi brand awareness. Insight Management Journal, 2, 110-118. doi:10.47065/imj.v2i3.200

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 edisi ke-9: Universitas Diponegoro.

Isfahami, M., Hurriyati, R., & Dirgantari, P. (2021). Pengaruh Brand Trust dan Celebrity Endorse terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan,17, 177-186. doi:10.31940/jbk.v17i2.2571

Kalangi, N., Tamengkel, L., & Walangitan, O. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Clear. JURNAL ADMINISTRASI BISNIS, 8, 44. doi:10.35797/jab.8.1.2019.23499.4 4-54

Pranitasari, D. (2017). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI PRODUK (Studi Kasus pada produk DR. RICKS DENIM). Jurnal STEI Ekonomi, 25, 23-33. doi:10.36406/jemi.v25i2.98

Robinson, R. S. (2014). Purposive Sampling. In A. C. Michalos (Ed.), Encyclopedia of Quality of Life and Well-Being Research (pp. 5243-5245). Dordrecht: Springer Netherlands.

Schouten, A. P., Janssen, L., & Verspaget, M. (2020). Celebrity vs. Influencer endorsements in advertising: the role of identification, credibility, and Product-Endorser fit. International Journal of Advertising, 39(2), 258-281. doi:10.1080/02650487.2019.1634898

Utami, A., & Ellyawati, J. (2021). Peran Citra Merek, Celebrity Endorser, Kualitas Produk Dalam Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 22, 140-150. doi:10.30596/jimb.v22i1.6200

Yan Bayu, B., & Jatra, I. M. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Jupiter Mx di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v19i1.4401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats