AKUARIUM DENGAN PEMBERI PAKAN OTOMATIS DAN PERGANTIAN AIR VIA APLIKASI TELEGRAM

Sulistyo Warjono

Abstract


Akuarium Dengan Pemberi Pakan Otomatis Dan Pergantian Air Via Aplikasi Telegram adalah akuarium yang memiliki fitur utama yaitu pemberian pakan ikan otomatis dan pergantian air dengan komunikasi menggunakan aplikasi telegram. Tujuan perancangan ini untuk menginovasi pemberian pakan dan pergantian air di akuarium menjadi otomatis, sehingga ketika pemilik akuarium tidak berada di rumah, pemilik tetap bisa memberi pakan dan mengganti air. Alat ini mengunakan mikrokontroler NodeMCU ESP8266 untuk mengendalikan masukan dan keluaran. Sistem ini menggunakan aplikasi telegram sebagai komunikasinya. Masukkannya menggunakan HC-SR04 sebagai pendeteksi ketinggian air akuarium saat proses pergantian dan pengurasan, Sensor Kekeruhan Air sebagai pendeteksi kondisi air di akuarium keruh atau tidak. Kemudian keluarannya yaitu LCD berfungsi sebagai penampil waktu dan kondisi air, Motor Servo berfungsi sebagai penggerak wadah pakan ikan, Relay sebagai pengendali Pompa berfungsi menyedot air akuarium dan pengisian air akuarium, dan LED sebagai indikator bahwa sistem terkoneksi dengan internet. Hasil yang didapat dari perancangan sistem ini adalah pengguna dapat memberi pakan dan pergantian air akuarium dari kejauhan dengan perintah melalui aplikasi telegram.

Kata kunci : Akuarium, NodeMCU, Pakan Ikan, Pergantian Air, Telegram


Keywords


akuarium; NodeMCU; pakan ikan; pergantian air; Telegram

Full Text:

PDF

References


Gumilang, Bimacaesar P., dkk. 2017. “Alat Pemotong Rumput Otomatis Dengan Jarak Tempuh Yang Diatur”. Semarang : Tugas Akhir, Program Studi D3 Elektronika, Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Semarang.

Kurniawan, Nanang. 2018. “Analisis Sistem Monitoring Multi Nodes Menggunakan Transceiver nRF24L01 + Secara Real Time”. Bandar Lampung : Tugas Akhir, Fakultas Teknik, Universitas Lampung.

Nulhakim, Lukman. 2014. “Alat Pemberi Makan Ikan di Akuarium Otomatis Berbasis Mikrokontroler ATMEGA16”. Yogyakarta : Proyek Akhir Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.

Permana A, dkk. 2015. “Rancang Bangun Sistem Monitoring Volume Dan Pengisian Air Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis Mikrokontroller AVR Atmega 8”. Jakarta : Jurnal Coding, Sistem Komputer Universitas Tanjungpura Pontianak.

Santoso, Budi. dkk. 2014. “Sistem Pengganti Air Berdasarkan Kekeruhan dan Pemberi Pakan Ikan Pada Akuarium Air Tawar Secara Otomatis Berbasis Mikrokontroler ATMEGA16”. Jurnal Ilmiah : STMIK Asia Malang.

Setiawan, Yoyok. 2017. “Rancang Bangun Pemantauan dan Penjadwalan Alat Pemberi Pakan Ikan Otomatis Secara Jarak Jauh”. Surabaya : Tugas Akhir Program Studi S1 Sistem Komputer, Fakultas Teknologi dan Informatika, Institut Bisnis dan Informatika.

Waluyo, Agus. 2018. ”Pemberi Pakan Ikan Otomatis Menggunakan ESP8266 Berbasis Internet Of Things (IOT)”. Yogyakarta : Tugas Akhir Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Informasi dan Elektro, Universitas Teknologi Yogyakarta.

http://www.leselektronika.com/2012/06/liguid -crystal-display-lcd-16-x-2.html

https://purnomosejati.wordpress.com/2011/08/25/mengenal-komunikasi-i2cinter-integrated-circuit/

http://eprints.polsri.ac.id/4537/3/File%20III.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v18i1.3566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats