PENGARUH FLUKTUASI TEGANGAN TERHADAP INTENSITAS CAHAYA PADA LAMPU LED ( Light Emitti Diode ) DARI BERBAGAI MEREK

Eko Widiarto, Agus Adiwismono, Triyono Triyono, Setiyoko Setiyoko, Endang Triyani

Abstract


Penggunaan lampu sebagai sumber cahaya merupakan hal yang sangat umun digunakan, mulai dari lampu pijar lampu TL lampu LHE dan yang sekarang banyak digunakan adalah lampu jenis LED (Light Emitting Diode) dengan kelebihannya jika dibandingkan dengan lempu jenis lain misalnya dalam hal penggunaan dayanya yang sangat hemat dan intensitas cahaya yang cukup kuat. Maka lampu jenis ini banyak disukai oleh masyarakat, maka banyak bermunculan beberapa merek lampu jenis LED ( Light Emitting Diode) dipasaran atau ditoko listrik, hai ini tentunya membuat masyarakat mempunyai banyak pilihan, namun banjak pula hal yang tidak diketahui oleh sebagian orang tentang yang berkaitan dengan kuat cahaya atau intensitas cahaya yang dihasilkan dari beberapa merek lampu LED tersebut. Serta bagaimana pengaruh fluktuasi tegangan terhadap intensitas cahayanya. Oleh karena itu perlu kiranya dilakukan penelitian yang berjudul “ Pengaruh Fluktuasi Tegangan Terhadap Intensitas Cahaya Pada Lampu LED ( Light Emitting Diode) Dari Berbagai Merek”, dimana akan dilakukan pengujian beberapa merk lampu LED. Seberapa besar pengaruh intensitas cahaya jika disuplai tegangan yang mempunyai fluktuasi. Untuk mensimulasi fluktuasi tegangan digunakan autotrafo dengan daya tertentu. Dengan penelitian ini diharapkan akan dapat diketahui seberapa besar pengaruh fluktuasi tengangan terhadap intensitas cahaya lampu LED dari beberapa merek. Hasil dari penelitian diperoleh ada beberapa pengaruh yang signifikan karena fluktuasi tegangan, pada tegangan yang terlalu kecil maka lampu LED belum menyala sampai tegangan 80 Volt, 30 % dari tegangan nominalnya lampu baru menyala redup, jika tegangan berkisar 80 % dari tegangan nominal maka lampu akan menyala dengan intensitas cahaya stabil normal, jika tegangan melebihi tegangan normal maka intensitas lampu dan arus akan akan turun.

Kata kunci : Lampu LED , Fluktuasi tegangan


Keywords


Lampu LED; fluktuasi tegangan

Full Text:

PDF

References


Arrilaga, Jos and Watson, Neville.2003 Power System Harmonics Chicester: John Walley and Sons.

Ahmed Hossam-Eldin dan Hasan M Reda. 2006. Study of The Effect of Harmonics On Measurments of The Energy Meters. Electrical Engineering Department, Alexandria University, Alexandria, Egypt.

Buhron,Hernadi and Sutanto, Justin,2007. Implikasi Harmonisa Dalam Sistem Tenaga Listrik dan Alternatif Solusinya. PLNDistribusi Jabar.

Daniel Rohi, Dion Dwipayana Utama, Ontoseno Penangsang, 2009,Distorsi

Joko Santoso, 2005, Pengaruh Perubahan Tegangan Catu Terhadap Umur Lampu Hemat Energi. Jurnal teknik, Undip

Luciana Kristanto, 2008, Penelitian Terhadap Kuat Penerangan dan Hubunganya Dengan Angka Reflektansi Warna Dinding , Petra. Surabaya.

Muhaimin,2001. Teknologi Pencahayaan, Refika Aditama, Bandung

SIN 04-6958-2003 pada Lampu Hemat Energi.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v18i1.3563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats