PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN METODE STAD PADA PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN MATERI BUDIDAYA TANAMAN PANGAN KELAS X TKR 2 SMK NEGERI I TONJONG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Maemunah Maemunah

Abstract


Metode STAD merupakan Pembelajaran Kooperatif yang pada dasarnya adalah belajar bersama dalam kelompok,sehingga dalam proses belajar perlu adanya penekanan pada kerja kelompok. Namun pada akhirnya peserta didik tetap berkompetisi untuk menjadi peserta didik yang terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan tambahan informasi dan pemikiran tentang salah satu dari sekian banyak metode pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik. Keberhasilan penerapan model, pemilihan media,strategi,maupun pendekatan pembelajaran tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor. Namun penelitian ini setidaknya memberikan gambaran bagaimana seorang guru berusaha untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui proses pembelajaran yang berkualitas.
Pada saat pra siklus perolehan nilai peserta didik rata-rata 73 dan yang sudah mencapai KKM 58 %, tetapi setelah menggunakan model pembelajaran STAD, perolehan nilai peserta didik mengalami peningkatan menjadi 80,9 dan yang sudah mencapai KKM 88 %.

Kata kunci : keaktifan belajar, hasil belajar, metode STAD


Keywords


keaktifan belajar; hasil belajar; metode STAD

Full Text:

PDF

References


Maryunis, Aleks. 2003.Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pemecahan Masalah. Padang: Kanwil Depdikbud Sumbar.

Mulyasa, 2004. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Wiriaatmadja, Rochiati.(2005). Metode Penelitian Kelas. Bandung. PPS UPI dan Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi, 2007. Prosedur Penelitian : Suatu pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Isjoni, 2007. Pembelajaran Visioner Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sukidin,2008. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas: Insan Cendekia.

Sumiati, 2008. Metode Pembelajaran : Bandung : CV Wacana Prima.

Susilana, Riyana, 2008. Media Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima.

Rasyid, Mansur, 2008. Penilaian Hasil Belajar. Bandung :CV Wacana Prima.

Asrori,2008. Psikologi Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima.

Rahayu, Endang, 2010. Pembelajaran Masa Kini. Jakarta : Sekarmita training.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v17i3.3450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats