MODEL PEMBELAJARAN ENGLISH FOR SPESIFIC PURPOSES DENGAN PENDEKATAN KOMPETENSI KOMUNIKATIF BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER
Abstract
Penelitian ini focus pada suatu pengembangan model pembelajaran untuk english for specific purposes
(ESP) dengan pendekatan kompetensi komunikatif yang mengutamakan pentingnya pendidikan karakter.
Ada dua permasalahan penelitian yaitu: a). Masalah apakah yang muncul dalam pembelajaran ESP di
perguruan tinggi dan lembaga pendidikan profesi ? dan b) Bagaimana proses pengembangan model
pembelajaran ESP dengan pendekatan kompetensi komunikatif (Communicative competence) berbasis
pendidikan karakter untuk meningkatkan soft skill mahasiswa di perguruan tinggi dan lembaga
pendidikan profesi? Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dimana proses pengambilan
data dan penyusunan instrument penelitian dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu tahap analisa
kebutuhan, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap revisi desain, tahap uji coba produk
(Sugiyono, 2010: 409-426). Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan dimana para siswa di kelas
yang menerapkan model pembelajaran ESP dengan pendekatan komnunikatif berbasis pendidikan
karakter lebih terdorong semangatnya untuk belajar bahasa Inggris, lebih berminat pada mata kuliah
ESP Hospitality dan timbul rasa lebih berani untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris.
(ESP) dengan pendekatan kompetensi komunikatif yang mengutamakan pentingnya pendidikan karakter.
Ada dua permasalahan penelitian yaitu: a). Masalah apakah yang muncul dalam pembelajaran ESP di
perguruan tinggi dan lembaga pendidikan profesi ? dan b) Bagaimana proses pengembangan model
pembelajaran ESP dengan pendekatan kompetensi komunikatif (Communicative competence) berbasis
pendidikan karakter untuk meningkatkan soft skill mahasiswa di perguruan tinggi dan lembaga
pendidikan profesi? Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dimana proses pengambilan
data dan penyusunan instrument penelitian dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu tahap analisa
kebutuhan, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap revisi desain, tahap uji coba produk
(Sugiyono, 2010: 409-426). Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan dimana para siswa di kelas
yang menerapkan model pembelajaran ESP dengan pendekatan komnunikatif berbasis pendidikan
karakter lebih terdorong semangatnya untuk belajar bahasa Inggris, lebih berminat pada mata kuliah
ESP Hospitality dan timbul rasa lebih berani untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris.
Full Text:
UntitledDOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v11i3.320
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats