PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP IKLIM KERJA DI SMP NEGERI SUB RAYON 01 KABUPATEN DEMAK
Abstract
Supriantono Setyo Budi. 2021. “Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap iklim kerja di SMP Negeri di Sub Rayon 01 Kabupaten Demak”. Tesis. Pembimbing (1) Dr. Ngurah Ayu Nyoman Murniati, M.Pd. (2) Dr. Ghufron Abdullah, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap iklim kerja, motivasi kerja guru terhadap iklim kerja, gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara bersama-sama terhadap iklim kerja di SMP Negeri Sub Rayon 01 Kabupaten Demak. Penelitian ini kuantitatif jenis expost facto dengan populasi guru 164 orang dan sampel 116 orang diambil secara proporsional. Pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner.
Hasilnya: a). Korelasi gaya kepemimpinan tranformasional kepala sekolah terhadap iklim kerja guru 0,645 (korelasi yang kuat), juga berpengaruh positif terhadap iklim kerja guru 41,6%, sisanya iklim kerja guru 58,4% dipengaruhi oleh variabel lain, persamaan regresinya Ŷ=74,005+0,281 X1, b). Korelasi motivasi kerja guru dan iklim kerja guru 0,467 (kategori sedang), juga berpengaruh positif terhadap iklim kerja guru 21,8 % sisanya 78,3% iklim kerja guru dipengaruhi oleh variabel lain, persamaan regresinya Ŷ=65,419+0,375 X2. c). Gaya kepemimpinan tranformasional kepala sekolah dan motivasi kerja guru berpengaruh positif terhadap iklim kerja guru 57,1% sisanya 43,9% dipengaruhi variabel lain, koefisien regresi positif Ŷ=56,122+0,116 X1+0,343 X2.
Kata Kunci : Gaya kepemimpinan transformasional, motivasi kerja dan iklim kerja.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andre Hardjana. (2006). Iklim Organisasi: Lingkungan Kerja Manusiawi. Jurnal Ilmu Komunikasi (Volume 3 Nomor 1). Hlm. 1-36.
Azzi Machwati dan Udik Budi Wibowo, “Pengaruh Budaya Kerja, Komitmen, Motivasi Kerja Guru Terhadap Iklim Organisasi SD Jurnal”. Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. 3 (2015), hal 158-172. Universitas Negeri Yogyakarta.
Bass, B.M dan Avolio, B.J., 1993.“Transformational Leadership and organizational Culture”, dalam PAQ SPRING, Vol. 17, No. 1, h. 112-121.
Bass, B.M., 1985“Leadership and Performance beyond Expectations” (New York: The Free Press,1985)
Mohamad Najib Anis Subekhi, 2015. “Pengaruh kepemimpinan transformasional Dan iklim kerja terhadap produktivitas guru Smp negeri di kecamatan palmerah jakarta barat” Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 9 No. 1, 1 Juli 2018.
Muhammad, Ami. 2005. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Riggle, Robert J. (2007). The Impact of Organizational Climate Variables of Perceived Organizational Support, Workplace Isolation, and Ethical Climate on Salesperson Psychological and Behavioral Work Outcomes. Graduate School Theses and Dissertations. Diakses dari http://scholarcommons.us .edu/etd/2339 pada tanggal 14 Juni 2020, Jam 13:20 WIB.
Robbins, Stephen P. dan Timothy A. Judge, 2013.“Organizational Behavior”, Fifteenth Edition. The United States of America: Pearson Education, Inc., 2013.
Robbin, S. P., & T. A. Judge. 2015. “Perilaku Organisasi”, Edisi 16, dalam Terjemahan Salemba Empat: Jakarta.
Robbin, S. P., & T. A. Judge. 2017. “Perilaku Organisasi”, cetakan ke 5. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, hal. 14.
Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R &D Bandung: Alfabeta, hal. 82.
DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v17i2.2967
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats