TINJAUAN SISTEM DRAINASE JALAN

Julmadian Abda

Abstract


Tinjauan sistem drainase jalan adalah suatu upaya untuk mengetahui bagaimana pengelolaan air limpasan dari permukaan jalan dapat mengalir kesaluran induk (sungai), Semua itu dapat dilihat dari segi sistem drainase, jenis drainase, pola jaringan dan type penampang drainase. Permasalahan dilapangan menjadi kendala dalam pelaksanaan, karena keterbatasan lahan, bahan atau kondisi lapangan yang memerlukan perlakuan khusus seperti bentuk penampang, pola jaringan dan lainnya. Tinjauan sistem drainase jalan bertujuan agar dapat memahami dan mengetahui tentang standar, peraturan dan referensi tentang drainase jalan dapat dipakai dalam perencaaan dan pelaksanaan. Sesuai tujuan tersebut dilakukan pengumpulan data dengan metode studi literatur, peraturan - peraturan, pedoman dan standar untuk drainase jalan. Dalam pembahasan data diolah dan disesuaikan dengan tujuan pembahasan yang menghasilkan sistem drainase, jenis drainase, pola jaringan dan type penampang drainase yang memenuhi persyaratan sesuai dengan kondisi lahan atau lapangan. Hasil ini diharapkan dapat menjadi pedoman untuk perencanaan, pelaksanaan pengawasan dan memberikan pengetahuan dasar sistem drainase jalan.

Kata kunci : Sistem Drainase


Keywords


sistem drainase

Full Text:

PDF

References


Hargauditch.com. 2020. “Https:// Hargauditch. Com/ Blog/ Pengertian- dan- Manfaat- Beton- Pracetak/.”

Kalurahan Bejiharjo. 2017. “Https://Www.Bejiharjo-Karangmojo.Desa.Id/Index.Php/First/Artikel/ 427-Jelang- Akhir- Tahun--Saluran- Drainase- Jalan- Pindul-Dikebut.”

Konsultan Teknik. 2014. “Https:// Www. Konsultan-Teknik.Biz.Id/ 2014/08/ Perencanaan-Drainase-Jalan.Html.”

Menteri, Pekerjaan Umum. 2006. Pedoman Konstruksi Dan Bangunan Pd. T-02-2006-B, Perencanaan Sistem Drainase Jalan.

Menteri, Pekerjaan Umum. 2014. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Nomor: 12/PRT/M/2014, Tentang Penyelanggaraan Sistem Drainase Perkotaan. Jakarta.

PT. Dacon Jaya Beton. 2021. “Https:// Daconjayabeton.Com/u-Ditch-Untuk-Saluran-Drainase/.”

SNI. 1994. SNI 03-3424-1994 Tentang Tata Cara Perencanaan Drainase Permukaan Jalan.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v17i2.2965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats