PENGARUH KETERAMPILAN KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH DAN PARTISIPASI ORANG TUA TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SMP NEGERI DI SUB RAYON 01 KABUPATEN DEMAK

Sri Hari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh keterampilan komunikasi kepala sekolah dan partisipasi orang tua terhadap kepuasan kerja guru di SMP Negeri Sub Rayon 01 Kabupaten Demak. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis expost facto, populasinya adalah guru SMP Negeri Sub Rayon 01 Kab. Demak berjumlah 176 orang dan sampel 122 orang yang diambil secara Proportional Random Sampling.
Hasil penelitian ini adalah: a). korelasi keterampilan komunikasi kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru termasuk kategori kuat (0,621), keterampilan komunikasi kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja guru sebesar 38,6% dengan persamaan regresi sebagai berikut: Ŷ = 99,402 + 0,123 X1 sisanya 61,4% kepuasan kerja guru dipengaruhi oleh variabel lain. b). korelasi partisipasi orangtua dan kepuasan kerjaguru sebesar 0,422 termasuk kategori sedang, partisipasi orangtua berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja guru sebesar 17,8% dengan persamaan regresinya berikut: Ŷ = 97,760 + 0,159 X2. sisanya 82,2% kepuasan kerja guru dipengruhi oleh variabel lain. c). keterampilan komunikasi kepala sekolah dan partisipasi orangtua secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja guru SMPN Sub-Rayon 01 Kabupaten Demak. Sebesar 43,7% sisanya 56,3% dipengaruhi variable lain dengan koefisien regresipositif Ŷ = 87,511+ 0,106 X1+ 0,139X2.

Kata kunci : keterampilan komunikasi kepala sekolah, partisipasi orang tua terhadap kepuasan kerja guru


Keywords


keterampilan komunikasi kepala sekolah; partisipasi orang tua terhadap kepuasan kerja guru

Full Text:

PDF

References


Ahmad Sihabudin. 2011. Komunikasi Antar budaya, Jakarta: PT. Bumi Aksara, Cet. 1, hal.152.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosude r Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

DwiPritayno. 2009. SPPSS Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariat, Yogyakarta: GAVA MEDIA, hlm. 58.

Edi Harapand and Syarwani Ahmad. 2014. Komunikas iAntar pribadi: Perilaku Insani Dalam Organisasi Pendidika. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, Cet. 1, hal. 4

Gede Aditya, IyusAkhmadHaris, dan LuhIndrayani. 2016. “Pengaruh Partisipasi Orang Tua Dalam Mendidik di Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa”. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha, Bali. Hal. 1-2

IqbalHasan, Analisis. 2013. Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: PT. Bumi Aksara (hal: 15)

Hadi, Sutrisno. 2013. Metodologi Research. Jilid3. Yogyakarta: Andi

Herzberg, F. 1987 'Onemoretime: How do you motivate employees?'.

Harvard Business Review Knox, JeffreyAnton. 2011. Teachers’ Perceptions of Job Satisfaction and School Climatein an Era ofAccountability: A Mixed Methods Study of Two High Schools on Tennessee’s High Priority List. . Sep/Oct87. Vol.65Issue5, p109-120.

Kumar, V. Cotran, R. S., dan Robbins S.L. 2007.Buku Aja rPatologi. Edisi7alih Bahasa, Brahm U Pendt: editor Bahasa Indonesia, Huriawati Hartanto, Nurwany Darmaniah, Nanda Wulandari.-ed.7-Jakarta: EGC.

Luthans, Fred. 2006. Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh. Yogyakarta: PT. Andi.

McShane, S.L& Von Glinow, M.A. 2010.Organizationa lBehavior: Emerging Knowledge and Practicefor The Rea lWorld (5thed. New York: The McGraw- Hill Companies, Inc.

Muhammad Zamroni. 2010. FilsafatKomunikasi: PengantarOntologis, Epistemologis, Aksiologis, Yogyakarta: GrahaIlmu, Cet. 1, hal. 5

Munandar, A.S. 2004. Peran Budaya Organisasi dalam Peningkatan Untuk Kerja Perusahaan. Jakarta: Bagian Psigokologi Industri dan Organisasi FakultasPsikologo Universitas Indonesia.

Mustawan, Made Dwiana. 2017. “Pengaruh Keterampilan Komunikasi Kepala Sekolah Terhadap Kepuasankerja Guru di Sekolah Dasar Negeri 110 Sawojajar 1 Kota Malang”. Jurnal Penelitian Agama, vol 3 hal. 118 – 125. STAH Santika Dharma Malang.

IrawatiIstadi. 2007. Istimewakan Setiap Anak.Bekasi: PustakaInti. Hal.169

NanangAriyanto (2017) “Hubungan Komunikasi Interpersonal KepalaSekolah dan EtosKerja Guru Dengan Kepuasan Kerja Guru Di SMP Swasta Sabilina Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan”. Jurnal Ilmu komunikasi 2, 203–216.

NuraniSoyomukti. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, Cet.1, hal. 141

Rahayu, Sri. 2016. “Komunikasi Interpersonal Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Kerja Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Dan Dampaknya Pada Kepuasan Kerja Guru Sekolah Menengah Pertama”. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 12 (Hal. 73 – 84).

Siti Irene Astuti Dwiningrum. 2011. Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Cet. 1.Hal. 50– 51, 58-59

Soemiarti Patnomodewo. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.Cet.2. Hal. 124

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R &D Bandung: Alfabeta, hal.82.

Sugiyono.2017. Metode Penelitian Manajemen: Alfabeta, hal.161.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v17i2.2963

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats