PERENCANAAN FASILITAS PARKIR DI BADAN JALAN PADA KAWASAN PADAT KOTA PADANG STUDI KASUS: JALAN MUHAMMAD YAMIN PADANG

Julmadian Abda

Abstract


Jalan Muhammad Yamin adalah salah satu ruas jalan di pusat Kota Padang. Identifikasi Pemerintah Daerah Kota Padang ruas jalan tersebut sebagai kawasan parkir padat. Permasalahan parkir padat tersebut disebabkan oleh satuan ruang parkir dan pola sudut parkir kendaraan yang tidak jelas, tidak ada marka dan kurangnya rambu-rambu parkir. Sehingga perlu perencanaan fasilitas parkir yang bertujuan untuk penataan kembali fasilitas parkir dibadan jalan. Perencanaan fasilitas parkir dibadan jala dilakukan dengan pengumpulan data primer dan data sekunder. Selanjutnya di proses melalui tahapan analisis dan pembahasan. Tahapan tersebut adalah pengumpulan data jalan (panjang dan lebar jalan, serta pola arus lalulintas) dan data lokasi parkir sebagai dasar untuk pembagian segment ruas jalan. Tahapan berikutnya dilakukan analisis satuan ruang parkirnya (satuan ruang parkir dan pola parkir) dan hasil tersebut sebagai acuan untuk tahapan analisis penempatan marka dan rambu-rambu. Kemudian dibuatkan gambar perencanaan fasilitas parkir di badan jalan yang tertata dan memenuhi standar dan peraturan. Hasil penelitian ini diharapkan sebagai pedoman Pemerintah Daerah Kota Padang dalam pengelolaan parkir dan menjadi potensi sumber pendapatan asli.

Kata kunci : Parkir di Badan Jalan, Satuan Ruang Parkir


Keywords


parkir di badan jalan; satuan ruang parkir

Full Text:

PDF

References


Departemen Perhubungan Dirjen. Perhubungan Darat. 1996. Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor : 272/Hk.105/Drjd/96 Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Jakarta.

Dinas Perhubungan Kab. Wonogiri. 2017. “Panduan Penempatan Fasilitas Perlengkapan Jalan.”

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. 1998. Pedoman Perencanaan Dan Pengoperasian Fasilitas Parkir. Jakarta.

Indonesia, Presiden Republik. 1993. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 1993 Tentang Prasarana Dan Lalu Lintas Jalan. Jakarta.

Indonesia, Presiden Republik. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Jakarta.

Kementerian Perhubungan. 1993. Keputusan Menteri Perhubungan Nomor: Km.61 Tahun 1993 Tentang Rambu-Rambu Lalu Lintas Di Jalan. Jakarta.

Padang, Dinas Pekerjaan Umum &. Penataan Ruang Kota. 1994. Peta Blad Kota Padang. Kota Padang




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v16i3.2571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats