PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA LABORATORIUM MAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI LISTRIK DINAMIS PADA PESERTA DIDIK KELAS XII MIPA 1 SMA NEGERI 1 BELIK SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Suminarsih Suminarsih

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas peserta didik kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 Belik pada pembelajaran FISIKA masih rendah, terbukti pada setiap pembelajaran peserta didik cenderung diam, pasif, merasa bosan, dan masih bergantung pada penjelasan guru. Hal ini berimbas pada rendahnya pencapaian hasil belajar baik pada kompetensi pengetahuan maupun keterampilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar FISIKA materi Listrik Dinamis melalui penerapan model PBL berbantuan media laboratorium Maya pada peserta didik kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 Belik tahun pelajaran 2019/2020. PTK ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar peserta didik meningkat sebesar 17.18%, dari 73.73% di siklusi I menjadi 90,91% di siklus II . Ketuntasan klasikal hasil belajar kompetensi pengetahuan meningkat dari 51,52% pada prasiklus menjadi 69,70% pada siklus I dan menjadi 90,91% pada siklus II. Sedangkan ketuntasan klasikal keterampilan peserta didik meningkat dari prasiklus 63,64% menjadi 66,67% di siklus I dan meningkat lagi menjadi 100% di siklus II. Sejalan dengan meningkatnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik, proses mengajar guru juga menjadi lebih baik, guru melaksanakan tindakan sesuai dengan RPP yang telah dibuat. Pembelajaran FISIKA menggunakan model PBL berbantuan media laboratorium maya juga mampu meningkatkan minat belajar peserta didik terbukti pada akhir siklus dari 32 peserta didik, 100% peserta didik menunjukkan minat yang baik terhadap pembelajaran FISIKA.

Kata Kunci : Model PBL, Media Laboratorium Maya, Hasil Belajar FISIKA


Keywords


model PBL; media laboratorium maya; hasil belajar Fisika

Full Text:

PDF

References


Angkoro dan Kosasih. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grasindo.

Anni, Chaterina Tri, dkk. 2007.Psikologi Belajar. Semarang : UPT.UNNES Press.

Chaniago, Defriachmad. 2010. Aktivitas Belajar. Online: http://id. Shyo-ong.com. Diunduh tanggal 4 Februari 2016.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineke Cipta.

Fathurohman, P dan Sutikno, M, S.2007.Strategi Belajar Mengajar Melalui Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung : Refika Aditama.

Hamalik. 2003. Prosedur Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.

Iswantoro, B. 2015. Penggunaan Model PBL Dengan Metode Qordec Berbasis Kitchen Activity Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Materi Kalor dan Perpindahannya Pada Peserta Didik Kelas VII B SMP Negeri 4 Jatibarang Semester 2 tahun Pelajaran 2014/2015: Jurnal Pendidikan dasar METODIKA Volume 5 Nomor 16. Semarang: Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.

Karyono. 2014. Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Perbandingan Dengan Menggunakan Model PBL Teknik Scaffolding Peserta Didik Kelas VI B SD Negeri Kebonbatur 2 demak Semester 2 Tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan dasar METODIKA Volume 4 Nomor 13. Semarang: Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.

Muhammad Farchani Rosyid, et al. 2016. Buku Siswa. Kajian Konsep Fisika 3. Solo: PT. Tiga Serangkai.

Putri Iman sari, et al. (2016). Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Penugasan Konsep Fisika Siswa: Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi Volume II No. 4. Universitas Mataram.

Susilana, R dan Cepi Riana. 2009. Media Pembelajaran. Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung. CV. Wacana Prima

Tri Anita Nur Hasanah, et al. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning(PBL) pada Materi Gelombang Bunyi Untuk Siswa Kelas XII. Momentum: Physics Educational Journal Vol. 1 No. 1. Malang.

Wardhana, Y. 2010. Teori Belajar dan Mengajar. Bandung: PT. Pribumi Mekar.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v16i3.2570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats