ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS VIDEO ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS XI IPA 4 SMA NEGERI 1 PAGUYANGAN SEMESTER 2 TP. 2019/2020 SELAMA MASA PANDEMI COVID 19

Marcha Solicha

Abstract


Merujuk pada himbauan pemerintah untuk Work from home selama masa Pandemi COVID-19 agar siswa lebih produktif.  Penulis mengimplementasikan Pendekatan Kontekstual berbasis video online terhadap hasil belajar bahasa Inggris Kelas XI IPA 4 SMA N 1 Paguyangan Semester 2 TP.2019/2020.Penelitian dilakukan lewat pembelajaran daring / online dengan aplikasi Zoom Cloud, Google Form, Email dan WAG. Subjek penelitian adalah semua siswa kelas XI IPA 4 yang berjumlah 34 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pendekatan kontekstual berbasis video online terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas XI IPA 4 SMA N 1 Paguyangan Semester 2 TP. 2019/2020 selama masa Pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah Deskriptif Triangulasi dengan pendekatan Qualtatif Deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa implementasi pendekatan kontekstual berbasis video online terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas XI IPA 4 SMA N 1 Paguyangan Semester 2 TP. 2019/2020 selama masa COVID-19 adalah sangat bagus. Hal itu bisa dilihat dari hasil prestasi belajar siswa ditabel 4.1 menunjukan Rata-rata hasil belajar siswa: 83.24, itu artinya secara klasikal telah memenuhi KKM, yang mana batas minimal nya 70. Dan dilihat pada hasil respon questionair berdasarkan 4 indikator (Kemudahan akses jaringan internet, Kepemilikan HP 3G/PC/ Computer, Kemampuan dalam IT dan Motivasi Belajar Daring) yang tertera pada table 4.2 ternyata yang menunjukan “Ya” sebanyak 86,764 % sedangkan yang “Tidak” sebanyak 13,235 %. Itu artinya siswa yang memenuhi keempat indicator pembelajaran daring lebih besar dari pada yang tidak.

Kata kunci : Analsis, Implementasi, PendekatanKontekstual, video online, hasilbelajar, Pandemi, Covid-19.


Keywords


Analsis; Implementasi; Pendekatan Kontekstual; video online; hasilbelajar; Pandemi; Covid-19

Full Text:

PDF

References


Cahyo. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar. Jogjakarta: DIVA Press.

El Rais, Heppy. 2012. Kamus Ilmiah Popular. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gideon, Samuel. (2018). Peran Media Bimbingan Belajar Online “Ruang Guru” dalam Pembelajaran IPA bagi Siswa SMP dan SMA Masa Kini: Sebuah Pengantar. JDP Vol. 11 No. 2, hal. 167-182.

Guntur Setiawan, 2004. Impelemtasi dalam Birokrasi Pembangunan, Balai Pustaka, Jakarta.

https://pengertiandefinisi.com/pengertian-analisa-menurut-ahli/, diakses, Kamis, 30 April 2020. 12.34.

https://www.kompasiana.com/aspan//pengertian-dan-kegunaan-video-streaming-teleconfrence, diakses Jum’at, 24 April 2020.

https://www.researchgate.net/Pengaruh Media Bimbingan Belajar Online terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Masa KiniI, diakses ,25 April 2020. 10.39.

Max Darsono, 2000. Belajar dan Pembelajaran, (IKIP Semarang Press).

Nurdin Usman, 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum, Grasindo, Jakarta.

Pranowo, 1996. Analisis Pengajaran Bahasa, (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ramadhayanti, Ani. (2018). Analisis Strategi Belajar dengan Metode Bimbel Online terhadap Kemampuan Pemahaman Kosa Kata Bahasa Inggris dan Pronouncation (Pengucapan/Pelafalan) Berbahasa Remaja saat ini. Jurnal Kredo Vol. 2 No. 1, hal. 39-52.

Siregar, Eveline dan Nara, Hartini. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Suryani & Agung. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta : Ombak

Slamet, 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya (Jakarta, Rineka Cipta).

Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v16i3.2568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats