PERHITUNGAN ANALISA HARGA SATUAN BIAYA K3 KONSTRUKSI MENGGUNAKAN BASIS PERHITUNGAN ANALISA HARGA SATUAN PEKERJAAN

Eko Kusumo Friatmojo

Abstract


Regulasi baru mengenai penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi yang mengharuskan dimasukkannya biaya K3 dalam penawaran tender proyek konstruksi menimbulkan tantangan baru bagi penyedia dan pengguna jasa konstruksi. Yakni bagaimana cara menghitung analisa biaya K3 konstruksi secara sederhana, mudah dipahami, dan sesuai dengan aturan yang ada. Pendekatan yang efektif dalam perhitungan biaya K3 masih memerlukan studi mendalam untuk mendapatkan metode perhitungan biaya K3 yang sesuai dan mudah dipahami. Penelitian ini mencoba mensimulasikan perhitungan biaya satuan K3 pada setiap item pekerjaan menggunakan basis perhitungan analisa harga satuan pekerjaan mengacu Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat 28/2016 Tentang Analisa Harga Satuan Pekerjaan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan model perhitungan sederhana yang berbasis pada pembagian struktur pekerjaan Work Breakdown Structure (WBS) yang dibagi sampai pada level pekerjaan paling dasar yaitu item/satuan pekerjaan. Kemudian dianalisa menggunakan pendekatan Hazard Identification Risk Assesment Determining Control (HIRADC) yang melekat pada pekerja dan metode kerja pada masing-masing item/satuan pekerjaan. Penelitian ini menghasilkan model perhitungan biaya satuan K3 sebagai acuan penyusunan formula perhitungan analisis biaya K3 pada proyek konstruksi.

Kata kunci : biaya K3, WBS, HIRADC, analisa harga satuan


Keywords


biaya K3; WBS; HIRADC; analisa harga satuan

Full Text:

PDF

References


Friatmojo, E. K. (2019). Pengembangan Metode Perhitungan Analisa Biaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Pada Proyek Konstruksi Bidang Pekerjaan Umum. Makassar: Perpustakaan Universitas Hasanuddin.

Kementerian PUPR. (2016). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 28 Tahun 2016 Tentang Analisa Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum. Jakarta: Kementerian PUPR.

Kementerian PUPR. (2019). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 21 Tahun 2019 Tentang Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi. Jakarta: Kementerian PUPR.

Kusumo, E., Arifuddin, R., & Latief, R. U. (2019). Activity-based – risk breakdown structure as an initial stage in formulating OHS unit cost analysis in the construction project. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1.

Project Management Institute. (2017). A Guide To Project Management Body Of Knowledge (PMBOK Guide) Sixth Edition. Pensylvania: Project Management Institute.

R Mahendra. (2019, April 14). isoindonesiacenter.com. Retrieved from https://isoindonesiacenter.com/ hierarki-pengendalian-bahaya-dalam-ohsas-180012007/




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v16i3.2564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats