MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI MOMENTUM, IMPULS DAN TUMBUKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD SISWA KELAS X MIPA 2 SMA N I BELIK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Suminarsih Suminarsih

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan, keterampilan proses, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika di SMA Negeri 1 Belik Pemalang. Penelitian ini diadakan pada siswa SMA Negeri 1 Belik Kabupaten Pemalang kelas X MIPA 2 Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017, waktu penelitian berlangsung selama 1 bulan dengan 2 siklus. Tiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada siklus I sekitar 76 % dan pada siklus II mencapai 87 %. Hal ini juga terlihat pada Ulangan Harian siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran STAD hasilnya lebih baik dan presentasi ketuntasan belajar pun lebih tinggi dari pada sebelumnya.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Model STAD


Full Text:

PDF

References


Asrori, Mohammad. 2007. Penelitian Tindakan Kelas : CV Wacana Prima.

Johnson, Lou Ane. 2005. Teaching Out Slide The Box :How to Your Student by Their Brains.San Frannsisco : Market Street.

Noornia, Anton. 1997. Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Pengajaran Persen di Kelas VI Sekolah Dasar Islam Al Maarif 02 Tesis. Tidak diterbitkan di Pasca Sarjana IKIP Malang : Malang.

Slavin, Robert.E. 1995. Cooperatif Learning Theory, Reseach and Practice, Second Edisien. Boston : Allyin and Bacon.

Susilana, Rudi & Cepi Riyana. Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan dan Penilaian. Bandung : CV Wacana Prima.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v15i1.1698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats