LANGKAH SUKSES MEMULAI USAHA

Suwinardi Suwinardi

Abstract


Pada dasarnya seseorang untuk menjadi wirausaha yang handal tidaklah mudah. Tetapi tidaklah sesulit yang dibayangkan banyak orang, karena sebenarnya berwirausaha dapat dipelajari oleh setiap orang. Kemauan dan kemampuan untuk mengambil risiko merupakan salah satu nilai utama dalam kewirausahaan. Wirausaha yang tidak mau mengambil risiko akan sukar memulai atau berinisiatif, namun tidak hanya itu saja. Memulai usaha merupakan suatu hal yang penting dalam melakukan usaha, oleh sebab itu memerlukan kiat yang tepat untuk memperoleh kesuksesan. Ada beberapa langkah-langkah yang dapat dilakukan apabila seseorang ingin memulai wirausaha, antara lain pilih bidang usaha yang Anda minati dan memiliki hasrat dan pengetahuan di dalamnya, perluas dan perbanyak jaringan bisnis dan pertemanan, pilihlah keunikan dan nilai unggul dalam produk/jasa anda, jaga kredibilitas dan brand image. Disamping itu dalam berwirausaha sangat diperlukan kejujuran dalam usahanya, karena akan membawa keberhasilan dan kesuksesan dari akibat kepercayaan pelanggan.
 
Kata kunci : Kewirausahaan, wirausaha

Full Text:

PDF

References


Drucker, Peter F, 1996. Inovasi dan Kewirausahaan. Jakartan : Erlangga.

Ikaputera Waspada, 2004. Kiat Mengembangkan Sikap dan Prilaku Kerja Prestatif. Jakarta : Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Ikaputera Waspada, 2004. Kiat Mengembangkan Sikap Jujur dan

Disiplin. Jakarta : Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan

Nasional.

Ikaputera Waspada, 2004. Kiat Mengembangkan Ide dan Meraih

Peluang. Jakarta : Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan

Nasional.

Kotler Philip, 2000. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian.Terjemahan. Jakarta: Erlangga.

Suryana, 2003. Kewirausahaan; Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Bandung : Salemba Empat.

Suryana,2004. Memahami Karakteristik Kewirausahaan. Jakarta : Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan

Nasional.

Suryana, 2004. Evaluasi dan Pengembangan Usaha. Jakarta : Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Zimmerer W. Thomas Et , 1996. Entrepreneurship and The New

Venture Formation. New Jersey: Prentice Hall Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v14i3.1317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats