PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DENGAN PERMAINAN ULAR NAGA PADA SISWA KELAS VII – J SEMESTER 2 SMPN 3 MRANGGEN TAHUN PELAJARAN 2016 – 2017
Abstract
dapat meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris kelas class VII-J Semester 2 SMPN 3 Mranggen. Penggunaan permainan Ular Naga dapat memotivasi murid untuk berbicara dengan lebih baik karena dua kepala lebih bagus dari pada satu kepala / pemikiran. Penelitian ini juga menerapkan kerja kelompok karena merekaekerja dalam kelompok. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa permainan Ular Naga dapat meningkatkan nilai berbicara murid dari 67.7 disiklus 1 menjadi 81.1 disiklus 2. Aktifitas belajar siswa juga meningkat dari 77,4 % menjadi 100 % disiklus 2.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan permainan Ular Naga dapat meningkatkan hasil berbicara dan aktifitas belajar siswa dalam pengajaran berbicara bahasa Inggris untuk mengajar materi teks deskriptif We Love What We Do.
Kata Kunci: Speaking, Descriptive Text, Dragon Snake Play
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Cooper J. David .2000.Literacy : Helping Children Contruct Meaning.New York:Houghton Mifflin Company Dimyati dan
Mudjiono, 2006.Belajar dan Pembelajaran.Jakarta : Direktorat
Pendidikan Dasar dan Menengah. Hughey, Jane B. Dkk. 1983.
Teaching ESL Composition: Principles and Technique. Cambridge: Newburry House Publisher, Inc.
Imam, Syafi,l.1996. Terampil Berbahasa Indonesia (Petunjuk Guru Bahasa Indinesia Sekolah Menengah Umum kelas 1) Jakarta: Balai Pustaka.
Keraf, Goris.2007. Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. Semarang Nusa Indah.
Latief, H.M. Penelitian Tindakan Kelas Pembelajaran Bahasa Inggris, Jurnal Pendidikan, Jilid 10, Nomor 2, Juni 2003.
Nana Sudjana. 1989. Penilaian hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Nurkancana,Wayan dan P.P.N. Sunartana, 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Srabaya.
Slameto,2003. Belajar dan Faktor-faktor
yang mempengaruhinya: Jakarta: Rineka Cipta.
Sudijono Anas. 1995. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Persada
Sukardi,2005.
Metodelogi Pendidikan : Kompetensi dan Praktinya. Jakarta: PT Bumi Pengetahuan Tentang Kompetensi Guru dengan Efektivitas Manajemen kelas, Jurnal Ilmu Pendidikan ParameterUniversitas Negeri Jakarta, No. 15 tahun XIX, September, 2002.
Suryosubroto, B.2002. Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta Wiriaatmadja,Rochiati.2007 Metode Penelitian Tindakan Kelas: Untuk meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen.
Bandung: PT Remaja.
DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v14i3.1313
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats