FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN e-FILLING SEBAGAI SARANA PENYAMPAIAN SPT TAHUNAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI

Prihatiningsih Prihatiningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis variabel kebermudahan dan  kebermanfaatan terhadap kepuasan pengguna sistem e-filling dan untuk merumuskan model kepuasan pengguna e-filling dalam pelapoan SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi. Sistem e-Filling merupakan lanjutan dari penyampaian SPT dalam bentuk elektronik SPT atau yang dikenal dengan e-SPT. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pegawai di Jurusan Akuntansi  lingkungan Politeknik Negeri Semarang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menyebar kuesioner kepada responden sebanyak 40 respoden.Tahap analisis data dilakukan dengan langkah-langkah: (1) editing; (2) coding; (3) uji reabilitas; (4) uji validitas, (5) uji normalitas, (6) uji asumsi klasik dan uji regresi linear berganda.Luaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah teridentifikasinya faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna e-filling  yang dinyatakan dalam persamaan sebagai berikut: Kepuasan Pengguna=  0,989 - 0,244 Kebermudahan  +  0,075 Kebermanfaatan +  e. Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh hasil bahwa variabel kebermudahan dan kebermanfaatan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pengguna, variabel kebermudahan secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan dan variabel kebermanfaatan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pengguna e-filling.

Kata kunci: Kepuasan, e-filling, kebermudahan, kebermanfaatan


Full Text:

PDF

References


Adams, D.A., Nelson, R.R., and Todd, Peter, A., 1992, “Perceived

Usefulness, Ease of Use, and Usage of Information Technology A

Replication” MIS Quarterly, June.

Bergman, Bo, & Bengt Klefsjo. (1994). Quality from Customer Needs to Customer Satisfaction, England : McGRAW-HILL Book Company Europe.

Davis, Fred D., Bagozzi, Richard P., dan Warshaw, Paul R., (1989), “User Acceptance Of Computer Technology: A Comparison Two Theoretical Models” Management Science,

August, pp.982-1003.

Goodhue, D.L., and Thompson, R.L., 1995, “ Task-Technology Fit and Individual Performance”, MIS Quarterly, 19 (2), 213-236.

Husein, Muhammad F., & Amin Wibowo. (2000). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta : UPP AMP YKPN.

Istianingsih, Setyo Hari W.2008.”Pengaruh kualitas sistem informasi, perceived usefulness, dan kualitas informasi terhadap kepuasan Pengguna akhir software akuntansi”.SNA XI Pontianak 22-23 Juli 2008.

Jiang, J. J., Gary Klein, & S. M. Crampton. (2000). “A Note on SERVQUAL Reliability and Validity in Information System Service Quality Measurement”, Decision Sciences, vol. 31 (3), hal. 725-744.

Jumaili, Salman.2005. “Kepercayaan terhadap teknologi sistem informasi baru dalam evaluasi kinerja individual”. SNA VIII Solo, 15 – 16 September 2005

Kettinger, W. J., & Choong C. Lee. (1994). “Perceived Service Quality and User Satisfaction with the Information Services Function”, Decision Sciences, vol. 25 (5/6), hal. 737-766.

McLeod, R. Jr., and Schell, George, (2001). “Management Information System,”. Eight Edition, PrenticeHall,

Inc. Upper Saddle River, New Jersey.

Segars, A.H., and Grover, 1993,”Re-examining perceived ease of use and usefulness: A Confirmatory Factor Analysis”, .MIS Quartely17.517-522.

Sekaran, U., (2003). “Research Methods for Business : A Skill-Building Approach” (Fourth Edition). John Willey & Sons, Inc.

Pandiangan, Liberti. 2008. Modernisasi dan Reformasi Pelayanan Perpajakan. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Seddon.P.B. 1997,”A Respecification and Extension of The DeLone and McLean’s Model of IS Success”, Information System Research.8.September. 240-250.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v14i2.1306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats