Rancang Bangun Tank Erection Manual Jacks pada Proyek Pembongkaran Tangki CPO 13 Ton di PT Domus Jaya Lampung : Studi Kasus Efisiensi Biaya

Zainal Abidin, Timotius Anggit Kristiawan, Muhajid Syafiulhaq Faza

Abstract


Abstrak

PT Domus Jaya Lampung merupakan perusahaan yang bergerak dibidang refineri dan fraksinasi minyak kelapa sawit di Lampung Selatan dan merupakan salah satu supplier minyak nabati yang berkualitas untuk kebutuhan ekspor dan lokal. Pada tahap perencanaan pembongkaran tangki terdapat permasalahan, permasalahannya yaitu tidak memungkinkannya penggunaan crane dalam proses pembongkaran tangki. Penyebabnya adalah biaya penyewaan crane yang cukup mahal sehingga mengakibatkan perusahaan akan mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk proyek pembongkaran tangki, kemudian penyebab berikutnya yaitu area penempatan tangki yang cukup sempit dan padat oleh saluran perpipaan sehingga crane tidak dapat beroperasi pada area tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat rancang bangun tank erection manual jacks guna memberikan fleksibilitas penggunaan alat dan efisiensi biaya dalam proyek pembongkaran tangki. Metode penilitian meliputi identifikasi masalah, perumusan masalah, identifikasi akar masalah, tindakan korektif dan pemantauan sistem. Hasil penelitian yaitu rancang bangun tank erection manual jacks sebagai alat bantu pengganti crane pada proyek pembongkaran tangki dengan kemampuan beban angkat mencapai 20 Ton dengan fleksibel pada area-area sempit dan dapat menurunkan biaya pengeluaran sebesar 63% pada proyek pembongkaran tangki.


Full Text:

XML

References


Bajol, 2022. Simulasi Pemodelan Kaki Outrigger Mobil Crane Super Z 300 Dengan Tiga Variasi Pembebanan Menggunakan Autodesk Inventor 2016. (Skripsi, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat: Padang) diakses dari http://eprints.umsb.ac.id/915/1/17037%20Bajol.pdf

Rooney, J.J., & Heuvel, L.N., Root Cause Analysis for Beginners. Quality Progres; 2004.

William, P.M., Techniques for Root Cause Analysis. Baylor University Medical Center Proceedings; 2001; Texas, Amerika Serikat. Publishing December 2017.

Peerally, M.F., Carr Susan, Waring Justin, Woods, M.D., The Problem with Root Cause Analysis. BMJ Qual Saf. 2016. 26:417-422.

Vorley, G., & Mcqi, M., Mini Guide To Root Cause Analysis. Quality Management Training Limited; 2008.

Abdurrahman, Malik, I., dan Zamheri, A. “Penerapan Metode Design For Manufacturing Pada Rancang Bangun Cnc Milling 3 Sumbu”. Machinery : Jurnal Teknologi Terapan. vol. 4, no. 2, 2018.

Kurniawan, R.N., Romahadi, D., dan Fitri, M. “Implementasi Metode Elemen Hingga Menggunakan Solidworks untuk Mengoptimalkan Desain Pelek Depan Sepeda Motor Tipe Casting Wheel”. Jurnal Teknik Mesin. Vol. 12, No. 2 pp. 96-106, 2023.

Ramadhani, Ihsan Saputra, dan Budi Bharudin. “Stress dan Displacement pada Spreader Beam Akibat Pembebanan”. Jurnal Teknologi dan Riset Terapan (JATRA). Vol. 04, No. 02, 2022.

Mustaqiem dan Nurato. “Analisis Perbandingan Faktor Keamanan Rangka Scooter Menggunakan Perangkan lunak SolidWork 2015”. Jurnal Teknik Mesin Mercu Buana. vol. 9, no. 3, 2020.

Astyanto, A.H., Yanto, Y.R., Debby, S., Aji, A.B., dan Romanti, F.S. 2018. Kajian Pembebanan Statis Pada Desain Purwarupa Sasis Mobil Listrik Driyarkara Berbasis Aplikasi Elemen Hingga. Seminar Nasional Riset dan Teknologi Terapan 8 (RITEKTRA 8), Makasar: 2-3 Agustus 2018.

Kapasitas Chain Block. https://www.megajaya.co.id. Indonesia, (Diakses pada tanggal 25 Juli 2023).

Kristiawan, T., Setiyawan, T., dan Yanuar, P. “Analisa Penggunaan Support Frame Lama Pada Desain Baru Screw Conveyor Machine Menggunakan Metode Elemen Hingga”. Jurnal Mesin Nusantara. vol. 6, no. 1, 2023.

Khoryanton, A., Purbono, K., Harmanto, S., Yanuar, P. dan Kristiawan, T.A. “Design and construction of atlas copco bracket set type LE/LT series LT 5-30 to support train railbus compressor module”. Journal of Engineering Science and Technology. Vol. 18, No. 4, 2023.

T. Setiyawan, T.A. Kristiawan, T.Y. Annas. “Analisis Kekuatan Struktur Rangka Brake Lining Rivet Machine Untuk Pemasangan Kampas Rem Dengan Sistem Hidrolik”. Jurnal Sains dan Teknologi. Vol. 2 No. 1. Pp. 130-139. 2023.

Prasetyo, A.B., Fauzun, Azmi, A.A., Pamuji, D.S., dan Yaqin, R.I. 2018. Pengaruh Perbedaan Mesh Terstruktur dan Mesh Tidak Terstruktur pada Simulasi Sistem Pendingin Mold Injeksi Produk Plastik. Prosiding Nasional Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi XIII 2018 (ReTII). November 2018: pp 400-406.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/jmeat.v1i3.5202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal of Mechanical Engineering and Applied Technology


Publisher:

Mechanical Engineering Department, Politeknik Negeri Semarang
Address: Jl. Prof. Sudarto, SH., Tembalang, Semarang
Email: jmeat@polines.ac.id
WA: 0895360093918


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View Statistics