MODIFIKASI MESIN ROLL BENDING PLAT MENGGUNAKAN MOTOR LISTRIK GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK DAN EFISIENSI KERJA DI DIVISI STEEL CENTER PT NAYATI INDONESIA

Riles Melvy Wattimena, Wahyu Isti Nugroho, Dita Anis Munawaroh, Ilham Martianto

Abstract


PT Nayati Indonesia merupakan perusahaan manufaktur dan perdagangan dibidang stainless steel yang menjual produk food service equipment. Tujuan penelitian adalah untuk menurunkan waktu proses, menurunkan produk NG, dan meningkatkan kenyamanan pada postur tubuh pekerja. Latar belakang dalam penelitian adalah pada proses roll bending masih menggunakan tenaga manusia untuk memutar spindle dalam pengerollannya, sehingga menyebabkan hasil radius atau benda kerja yang dirol memiliki ukuran yang tidak beraturan, waktu proses menjadi relatif lama sehingga masih kurang efektif dan efisien. Metode penelitian menggunakan Root Cause Analysis dan Sighley,s. Pengujian dilakukan menggunakan 3 parameter jenis plat dengan tebal 0,5 mm, 0,8 mm, dan 2 mm. Hasil penelitian mesin roll bending plat setelah dilakukan improvement memiliki penurunan waktu proses sebesar 54,54% untuk tebal plat 0,5 mm, 51,91 % untuk tebal plat 0,8 mm, serta 40,8 % untuk tebal plat 2 mm, menurunkan produk NG 46,73 % untuk tebal plat 0,5 mm, 23,37 % untuk tebal plat 0,8 mm, dan 6,67 % untuk tebal 2 mm, serta peningkatan terhadap kenyamanan pada postur tubuh pekerja sebesar 75% dari analisis menggunakan metode Rapid Entire Body Assestment.
Kata kunci : Hasil Radius, Mesin Roll Bending Plat, Produk NG, Waktu Proses.


References


Aweng dan Togam. Pembuatan Alat Bending Rol. Laporan Tugas Akhir, Teknik Mesin, FT. Universitas Riau. 2018

Fauzi. A, Wardani Angelina H.A, et al. Mesin Roll Bending Plat Akrilik. ITS Keputih Sukolilo Surabaya. 2017

M. Hafiluddin. Mesin Roll Bending Akrilik Menggunakan Sistem 3 Roll. Fakultas Teknologi Industri ITS Surabaya.2007

Gultom, Peniel, et al. Perancangan Rol Plat dengan Metode Cold Rolling Skala Home Industri. Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri. 9.2: 31-36.

Hidayat, Agam; Wijayanti, Eka sari., Widodo, Biudi Santoso. Rancang Bangun Mesin Bending Roll Menggunakan Motor Listrik 1 HP. In: Proceedings Of National Colloquium Research And Community Service. 2021. p. 129-133.

Irodat, Q., & Gendrowati, S. W. Rancang Bangun Mesin Pengerol Sandal Dengan Kapasitas 360 Buah Sandal/Jam (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember). 2014

Marsis, W.P dan Iswantoro. Perancangan Mesin Bending dengan Memanfaatkan Sistem Dongkrak Hidrolik Sederhana. Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jurusan Teknik Mesin. 2007.

Banyuaji, Alfasian. Analisis Pembuatan rolling pada Sisi Bending 60 mm Berbasis Software Solid Works pada Mobil Desa dengan Metode Press Roll. Laporan Tugas Akhir, Teknik Mesin, Unnes. 2018.

Wibowo, T.A., W.P, Raharjo, B. Kusharjanta. Perancangan dan Analisis Kekuatan Konstruksi Mesin Tekuk Plat Hidrolik. Mekanika 12(2) : 63-70. 2014.

Prasetyo, A.J. Aplikasi Metode Elemen Hingga (MEH) pada Struktur Rib Bodi Angkutan Publik. Skipsi Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 2010.

Ardian, Aan. Teori Pembentukan Bahan. Pendidikan Teknik Mesin, UNY. 2010

Nurcahyo, Yusuf Eko dan Ellianti M.S.D. Rancang Bangun Roll Bending Portable. Teknik : Engineering and Sains Journal ; Vol 2, No.2, 10.

Rohim, M Chobibur. Rancang Bangun Mesin Pengerol Plat Bergelombang. JRM. Vol 02 No.2 52-56. 2015.

Mustaqim, Ahmad. Perancangan Alat Pengerol Pipa. Universitas Negeri Yogyakarta, Program Studi Teknik Mesin. 2012

Budynas, R.G. and Nisbett, J.K.Shigley’s Mechanical Engineering Design.Ninth Edit. Mc Graw Hill. 2011




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/jmeat.v1i3.4921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal of Mechanical Engineering and Applied Technology


Publisher:

Mechanical Engineering Department, Politeknik Negeri Semarang
Address: Jl. Prof. Sudarto, SH., Tembalang, Semarang
Email: jmeat@polines.ac.id
WA: 0895360093918


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View Statistics