ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DIMSUM UMAYUMCHA MENGGUNAKAN SWOT DAN MATRIKS QSPM

Authors

  • Masjiddi Paksia Politeknik Negeri Malang
  • Nur Indah Riwajanti Politeknik Negeri Malang
  • Riezky Amalia Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.32497/akunbisnis.v8i2.7046

Keywords:

Analisis SWOT, QSPM, Strategi Pengembangan, Daya Saing, UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan merumuskan strategi pengembangan bisnis untuk meningkatkan daya saing Usaha Dimsum Umayumcha di Kota Malang. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data meliputi SWOT, matriks IFAS dan EFAS, Grand Strategy Matrix, serta QSPM. Hasil SWOT menunjukkan kekuatan pada cita rasa khas dan loyalitas pelanggan, serta peluang ekspansi usaha dan tren makanan cepat saji. Kelemahan meliputi manajemen persediaan, staf baru, pencatatan manual, dan komunikasi internal. Ancaman mencakup persaingan ketat, fluktuasi harga bahan baku, dan perubahan preferensi konsumen. Strategi prioritas berdasarkan QSPM adalah pengembangan pasar dengan nilai TAS tertinggi 6,75, mencakup pembukaan cabang baru, promosi digital, peningkatan layanan, dan inovasi produk. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi masukan strategis bagi UMKM kuliner dalam meningkatkan daya saing.

References

Alam, W. Y., et al. (2023). Tren Kewirausahaan, Mengembangkan Bisnis, dan Digital Entrepreneur. Mega Press Nusantara.

Anggreani, T. F. (2021). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(5), 619–629.

Arsawan, I. W. E., et al. (2021). Buku Ajar Pengantar Bisnis (1st ed.). Nilacakra.

Desmice. (2024). Trik Jitu Meningkatkan Kinerja UMKM. Lakeisha.

Fatimah, F. N. (2020). Teknik Analisis SWOT. Anak Hebat Indonesia.

Hamali, A. Y. (2016). Pemahaman Strategi Bisnis & Kewirausahaan. Prenadamedia Grup.

Iryadana, M. R. (2023). Jurnal Ekonomi Efektif, 5(3), 570. https://doi.org/10.32493/JEE.v5i3.29541

Marganingsih, A. (2018). JURKAMI: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 25–33. https://doi.org/10.31932/jpe.v3i1.156

Mujito. (2023). Manajemen Strategik: Dengan Pendekatan Analisis SWOT. Wawasan Ilmu.

Nathaniel, R. (2020). Pengantar Bisnis. Uwais Inspirasi Indonesia.

Noor, J. (2020). Manajemen Strategi dan Model Bisnis. Latansa Mashiro.

Novitasari, A. T. (2022). Strategi UMKM Bertahan di Masa Pandemi. Deepublish.

Purwanto, I. (2008). Manajemen Strategi. CV Ryama Widya.

Riyanto, S. (2022). Analisis Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan Strategis. Gramedia Pustaka Utama.

Rizan, M., et al. (2023). Manajemen Perubahan dan Strategik Bisnis Korporasi. Penerbit Widina.

Rustamana, A., et al. (2024). Sindoro Cendikia Pendidikan, 5(5), 1–10.

Samsudin, A., et al. (2023). El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam, 4(5), 1263–1274.

Sani, C., et al. (2024). Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis, 6(2), 184.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Sukardi. (2024). Manajemen Pengetahuan Memediasi Tata Kelola, Budaya Mutu, Green HRM. Selat Media.

Tambunan, T. T. H. (2021). UMKM di Indonesia: Perkembangan, Kendala, dan Tantangan. Prenada Media.

Wahyudi, S. T. (2021). Mengembangkan Daya Saing Industri Kecil dan Menengah. Media Nusa Creative.

Wheelen, T. L., & Hunger, J. D. (2012). Strategic Management and Business Policy. Pearson Education.

Yasin, M., et al. (2024). Journal of International Multidisciplinary Research, 2(2), 161–173.

Downloads

Published

2025-12-08