ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DIMSUM UMAYUMCHA MENGGUNAKAN SWOT DAN MATRIKS QSPM
DOI:
https://doi.org/10.32497/akunbisnis.v8i2.7046Keywords:
Analisis SWOT, QSPM, Strategi Pengembangan, Daya Saing, UMKMAbstract
Penelitian ini bertujuan merumuskan strategi pengembangan bisnis untuk meningkatkan daya saing Usaha Dimsum Umayumcha di Kota Malang. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data meliputi SWOT, matriks IFAS dan EFAS, Grand Strategy Matrix, serta QSPM. Hasil SWOT menunjukkan kekuatan pada cita rasa khas dan loyalitas pelanggan, serta peluang ekspansi usaha dan tren makanan cepat saji. Kelemahan meliputi manajemen persediaan, staf baru, pencatatan manual, dan komunikasi internal. Ancaman mencakup persaingan ketat, fluktuasi harga bahan baku, dan perubahan preferensi konsumen. Strategi prioritas berdasarkan QSPM adalah pengembangan pasar dengan nilai TAS tertinggi 6,75, mencakup pembukaan cabang baru, promosi digital, peningkatan layanan, dan inovasi produk. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi masukan strategis bagi UMKM kuliner dalam meningkatkan daya saing.
References
Alam, W. Y., et al. (2023). Tren Kewirausahaan, Mengembangkan Bisnis, dan Digital Entrepreneur. Mega Press Nusantara.
Anggreani, T. F. (2021). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(5), 619–629.
Arsawan, I. W. E., et al. (2021). Buku Ajar Pengantar Bisnis (1st ed.). Nilacakra.
Desmice. (2024). Trik Jitu Meningkatkan Kinerja UMKM. Lakeisha.
Fatimah, F. N. (2020). Teknik Analisis SWOT. Anak Hebat Indonesia.
Hamali, A. Y. (2016). Pemahaman Strategi Bisnis & Kewirausahaan. Prenadamedia Grup.
Iryadana, M. R. (2023). Jurnal Ekonomi Efektif, 5(3), 570. https://doi.org/10.32493/JEE.v5i3.29541
Marganingsih, A. (2018). JURKAMI: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 25–33. https://doi.org/10.31932/jpe.v3i1.156
Mujito. (2023). Manajemen Strategik: Dengan Pendekatan Analisis SWOT. Wawasan Ilmu.
Nathaniel, R. (2020). Pengantar Bisnis. Uwais Inspirasi Indonesia.
Noor, J. (2020). Manajemen Strategi dan Model Bisnis. Latansa Mashiro.
Novitasari, A. T. (2022). Strategi UMKM Bertahan di Masa Pandemi. Deepublish.
Purwanto, I. (2008). Manajemen Strategi. CV Ryama Widya.
Riyanto, S. (2022). Analisis Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan Strategis. Gramedia Pustaka Utama.
Rizan, M., et al. (2023). Manajemen Perubahan dan Strategik Bisnis Korporasi. Penerbit Widina.
Rustamana, A., et al. (2024). Sindoro Cendikia Pendidikan, 5(5), 1–10.
Samsudin, A., et al. (2023). El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam, 4(5), 1263–1274.
Sani, C., et al. (2024). Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis, 6(2), 184.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Sukardi. (2024). Manajemen Pengetahuan Memediasi Tata Kelola, Budaya Mutu, Green HRM. Selat Media.
Tambunan, T. T. H. (2021). UMKM di Indonesia: Perkembangan, Kendala, dan Tantangan. Prenada Media.
Wahyudi, S. T. (2021). Mengembangkan Daya Saing Industri Kecil dan Menengah. Media Nusa Creative.
Wheelen, T. L., & Hunger, J. D. (2012). Strategic Management and Business Policy. Pearson Education.
Yasin, M., et al. (2024). Journal of International Multidisciplinary Research, 2(2), 161–173.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Masjiddi Paksia, Nur Indah Riwajanti, Riezky Amalia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


