THE GREEN MARKETING ANALYSIS AND THE IMPLICATION ON INDONESIAN CITIZENS’ BEHAVIORS

Authors

  • Triana Hasty Kusuma Universitas Muria Kudus
  • Anni Safitri Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.32497/akunbisnis.v8i1.6518

Keywords:

Green marketing, consumer behavior, Indonesia, marketing strategy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis green marketing dan implikasinya pada perilaku masyarakat Indonesia. Dalam konteks kepedulian lingkungan yang semakin meningkat, green marketing menjadi strategi penting bagi perusahaan untuk mempromosikan produk dan layanan yang ramah lingkungan. Namun, adopsi green marketing di Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan, termasuk variasi dalam penerimaan konsumen, efektivitas pesan-pesan pemasaran, dan faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian. Melalui kombinasi pendekatan kualitatif seperti wawancara mendalam, analisis konten, dan observasi partisipan, penelitian ini mengungkapkan dinamika kompleks antara green marketing dan perilaku konsumen di Indonesia. Temuan penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi perusahaan dan pembuat kebijakan dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dan berkelanjutan.

References

Al Ghozali, H., & Purwanto, A. B. (2019). Green Product, Saluran Distribusi, dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 26(1), 49–57.https://www.unisbank.ac.id/oj;

Andi, D. (2022). Aspadin Prediksi Pertumbuhan Penjualan AMDK Dapat di Atas 5% pada 2022. Www.Industri.Kontan.Co.Id. https://industri.kontan.co.id/news/aspadin-prediksi-pertumbuhan-penjualanamdk-dapat-di-atas-5-pada-2022

Ardiansyah, Salim, M. A., & Khalikussabir. (2022). Analisis Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum dalam Kemasan Merek Narmada (Konsumen Di Unter Iwes Kabupaten Sumbawa Besar). Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unisma, 1–23.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Aulia, D. D. (2022). Produsen AMDK Diminta Serius Atasi Problem Sampah Plastik. Www.Health.Detik.Com. https://health.detik.com/beritadetikhealth/d-6291765/produsen-amdk-diminta-serius-atasi-problemsampah-plastik. 1(2), 144–157. https://doi.org/10.1108/17465680610669825

Dhini, V. A. (2021). Survei: Mayoritas Anak Muda Indonesia Peduli Isu Lingkungan Hidup. Www.Databoks.Katadata.Co.Id.https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/29/survei-mayoritasanak-muda-indonesia-peduli-isu-lingkungan-hidup.

Firmansyah, M. A. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy) (Q. Media (ed.); I, Issue August). Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media. Fitri, A. N. (2022). Sariguna Primatirta (CLEO) Yakin Target Penjualan Naik 30% di Tahun 2022 Tercapai. Www.Investasi.Kontan.Co.Id. https://investasi.kontan.co.id/news/sariguna-primatirta-cleo-yakin-targetpenjualan-naik-30-di-tahun-2022-tercapai.

Harrabin, R. (2022). Darurat polusi plastik: Dampaknya setara perubahan iklim - ‘Udara yang kita hirup telah mengandung mikroplastik.’ Www.Bbc.Com. https://www.bbc.com/indonesia/majalah-60034540

Hartini. (2021). Keputusan Pembelian Produk Aqua Green Marketing Di Sumbawa Besar Dilihat Dari Green Product Dan Green Brand. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3(2). https://doi.org/10.31599/jmu.v3i2.983

Downloads

Published

2025-05-27