OPTIMALISASI PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DI KALANGAN MAHASISWA GEN-Z PADA PROSES PEMBELAJARAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
DOI:
https://doi.org/10.32497/akunbisnis.v8i1.6510Keywords:
Keywords: AI, self awareness, Gen-Z students, industrial revolution 4.0Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kemampuan dan pengetahuan mahasiswa Gen-Z menggunakan AI serta self-awareness dalam AI tersebut agar tetap memahami batasan-batasan etika akademik dalam proses pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Semarang. Hasil pembahasan sebanyak 64,5% mahasiswa Jurusan Akuntansi menyatakan bahwa mereka menggunakan AI untuk menulis tugas atau makalah ilmiah lainnya, 72,7% menyatakan bahwa jika mereka tidak tahu mengenai AI, maka mereka akan mencari tahu mengenai kecerdasan buatan. Sebanyak 76,9% mahasiswa menyatakan bahwa AI mempercepat kinerja saat menulis serta 81,8% menyatakan mereka paham mengenai penggunaan fitur-fitur kecerdasan buatan. Selanjutnya 75,2% mahasiswa menyatakan AI membawa dampak positif pada proses pembelajaran dan 65,3% menyatakan akan mengajak orang lain untuk menggunakan AI. Hasil menarik terlihat pada pernyataan pelatihan penggunaan AI di kampus atau tempat lain secara online maupun offline, 42,1% responden menyatakan mereka tidak mengikuti pelatihan penggunaan AI. Mahasiswa Jurusan Akuntansi sudah mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan penguasaan terhadap teknologi walaupun tidak mengikuti pelatihan AI.
References
Ahmad Hania, A. (2017). Mengenal Artificial Intelligence, Machine Learning, & Deep Learning.
Jurnal Teknologi Indonesia
Agus Harjito dan Martono. 2012. Manajemen Keuangan. Edisi ke-2. Ekonisia, Yogyakarta.
Aldi, S & Ismail. (2023). Keterampilan Proses Sains Panduan Praktis untuk Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Purbalingga: Eureka Media Aksara.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
A.S Moenir, 2008, Pengertian Kepemimpinan, Bumi Aksara, Jakarta
Husein Umar. 2013. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali
Kusumawati, R. (2018). Kecerdasan Buatan Manusia (Artificial Intelligence); Teknologi Impian Masa Depan. ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 9(2), 257–274. https://doi.org/10.18860/ua.v9i2.6218
LeCun, Y., Bengio, Y., & Hinton, G. (2015). Deep learning. Nature
Longoni, C., Bonezzi, A., & Morewedge, C. K. (2019). Resistance to Medical Artificial Intelligence. Journal of Consumer Research, 46(4), 629–650. https://doi.org/10.1093/jcr/ucz013
Luckin, R., Holmes, W., Grifths, M., & Forcier, L. B. (2016). Intelligence unleashed: An argument for AI in education. Pearson Education
Mairisiska, T., & Qadariah, N. (2023). Persepsi mahasiswa ftik iain kerinci terhadap penggunaan chatgpt untuk mendukung pembelajaran di era digital. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 13(2), 1–10.
McLeod, R. Jr., & Schell, G. P. (2008). Management information systems: Managing the digital firm. Boston, MA: Prentice Hall
McShane, S. L., & Von Glinow, M. A. (2010). Organizational Behavior: Emerging Knowledge and Practice for The Real World (5th ed.). New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.
Notoatmodjo, Soekidjo, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta, 2015.
Putri, Velda Aurelia, Kadek Carissa, Andjani Sotyawardani, and Raihan Andre Rafael. “Peran Surabaya.” Prosiding Seminar Nasional, 2023, 615– 30.Artificial Intelligence Dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Di Universitas Negeri
Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Pustaka Pelajar : Yogyakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 sumanto, mardinawati, Teguh Budi Santoso, Budhi Adhiani Christina, Maharani Rona Makom

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.