OPTIMALISASI PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DI KALANGAN MAHASISWA GEN-Z PADA PROSES PEMBELAJARAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Authors

  • Sumanto Politeknik Negeri Semarang
  • Mardinawati Politeknik Negeri Semarang
  • Teguh Budi Santoso Politeknik Negeri Semarang
  • Budhi Adhiani Christina Politeknik Negeri Semarang
  • Maharani Rona Makom Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32497/akunbisnis.v8i1.6510

Keywords:

Keywords: AI, self awareness, Gen-Z students, industrial revolution 4.0

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kemampuan dan pengetahuan mahasiswa Gen-Z menggunakan AI serta self-awareness dalam AI tersebut agar tetap memahami batasan-batasan etika akademik dalam proses pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Semarang. Hasil pembahasan sebanyak 64,5% mahasiswa Jurusan Akuntansi menyatakan bahwa mereka menggunakan AI untuk menulis tugas atau makalah ilmiah lainnya, 72,7% menyatakan bahwa jika mereka tidak tahu mengenai AI, maka mereka akan mencari tahu mengenai kecerdasan buatan. Sebanyak 76,9% mahasiswa menyatakan bahwa AI mempercepat kinerja saat menulis serta 81,8% menyatakan mereka paham mengenai penggunaan fitur-fitur kecerdasan buatan. Selanjutnya 75,2% mahasiswa menyatakan AI membawa dampak positif pada proses pembelajaran dan 65,3% menyatakan akan mengajak orang lain untuk menggunakan AI. Hasil menarik terlihat pada pernyataan pelatihan penggunaan AI di kampus atau tempat lain secara online maupun offline, 42,1% responden menyatakan mereka tidak mengikuti pelatihan penggunaan AI. Mahasiswa Jurusan Akuntansi sudah mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan penguasaan terhadap teknologi walaupun tidak mengikuti pelatihan AI.

References

Ahmad Hania, A. (2017). Mengenal Artificial Intelligence, Machine Learning, & Deep Learning.

Jurnal Teknologi Indonesia

Agus Harjito dan Martono. 2012. Manajemen Keuangan. Edisi ke-2. Ekonisia, Yogyakarta.

Aldi, S & Ismail. (2023). Keterampilan Proses Sains Panduan Praktis untuk Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

A.S Moenir, 2008, Pengertian Kepemimpinan, Bumi Aksara, Jakarta

Husein Umar. 2013. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali

Kusumawati, R. (2018). Kecerdasan Buatan Manusia (Artificial Intelligence); Teknologi Impian Masa Depan. ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 9(2), 257–274. https://doi.org/10.18860/ua.v9i2.6218

LeCun, Y., Bengio, Y., & Hinton, G. (2015). Deep learning. Nature

Longoni, C., Bonezzi, A., & Morewedge, C. K. (2019). Resistance to Medical Artificial Intelligence. Journal of Consumer Research, 46(4), 629–650. https://doi.org/10.1093/jcr/ucz013

Luckin, R., Holmes, W., Grifths, M., & Forcier, L. B. (2016). Intelligence unleashed: An argument for AI in education. Pearson Education

Mairisiska, T., & Qadariah, N. (2023). Persepsi mahasiswa ftik iain kerinci terhadap penggunaan chatgpt untuk mendukung pembelajaran di era digital. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 13(2), 1–10.

McLeod, R. Jr., & Schell, G. P. (2008). Management information systems: Managing the digital firm. Boston, MA: Prentice Hall

McShane, S. L., & Von Glinow, M. A. (2010). Organizational Behavior: Emerging Knowledge and Practice for The Real World (5th ed.). New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Notoatmodjo, Soekidjo, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta, 2015.

Putri, Velda Aurelia, Kadek Carissa, Andjani Sotyawardani, and Raihan Andre Rafael. “Peran Surabaya.” Prosiding Seminar Nasional, 2023, 615– 30.Artificial Intelligence Dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Di Universitas Negeri

Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Pustaka Pelajar : Yogyakarta

Downloads

Published

2025-05-27