PENGARUH AFFILIATE MARKETING, LIVE STREAMING, PROGRAM GRATIS ONGKOS KIRIM DAN FLASH SALE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TIKTOK SHOP

Ali Imron, Rizka Ariyanti, Vina Octaviana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh affiliate marketing, live streaming, program gratis ongkos kirim dan flash sale terhadap keputusan pembelian pada pengguna aplikasi Tiktok shop di Pekalongan. Data primer dari kuesioner yang disebar akan digunakan untuk penelitian ini. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengguna TikTok Shop di Pekalongan dengan 100 responden adalah sampel yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling sesuai dengan kriteria penelitian ini. Pendekatan kuantitatif dalam penelitian ini didapatkan bahwa analisis regresi linear berganda dilakukan menggunakan program statistik SPSS 26. Penelitian ini menghasilkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel affiliate marketing terhadap keputusan pembelian, tidak terdapat pengaruh variabel live streaming terhadap keputusan pembelian, tidak terdapat pengaruh variabel program gratis ongkir terhadap keputusan pembelian, dan terdapat pengaruh variabel flash sale terhadap keputusan pembelian. serta tedapat pengaruh affiliate marketing, live streaming, program gratis ongkos kirim, dan flash sale terhadap keputusan pembelian secara simultan sebesar 52,7%.

Keywords


Affiliate Marketing; Live Streaming; Program Gratis Ongkos Kirim; Flash Sale; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Adiratna, Y R N, Dan S Sukaris. 2022. “Evaluasi Penerapan E-Commerce Pada Perusahaan Distributor Pt Panahmas Dwitama Distrindo Jember.” Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 11(3): 1533–41.

Https://Stiemuttaqien.Ac.Id/Ojs/Index.Php/OJS/Article/View/1228%0Ahttps://Stiemuttaqien.Ac.Id/Ojs/Index.Php/OJS/Article/Download/1228/902.

Agustina, Lidya. 2018. “Live Video Streaming Sebagai Bentuk

Perkembangan Fitur Media Sosial Live Video Streaming As A Development Of Social Media’S Feature.” Diakom Jurnal Media Dan

Komunikasi 1(1): 17–23.

Alfayed, Erico, Lista Ramadeli Rakel Agnestasia, Amalina Viona, Swid

Zhatil Hanani Octavia, Dan Hendra Riofita. 2023. “Analisis Strategi

Pemasaran Dan Penjualan ECommerce Pada Tiktok Shop.” 1(2):

–201.

Alkaosar, Bismal, Juwita Zahirah Azhar, I Komang Mirawardani, Nabila

Salsabila Suparman, Windi Dwi Astuti, Dan Nur Azizah, Dan Program Studi Manajemen. 2023. 1 Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan Analisis Penggunaan Tiktok Affiliate Terhadap Pengaruh Keputusan Pembelian Konsumen Di Tiktok Shop.

Https://Abadiinstitute.Org/Index.Php/Jumawa.

Amin, Desti Eka Ramadanti Dan Khusnul Fikriyah. 2023. "Pengaruh Live Streaming Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan

Pembelian Produk Fashion Muslim (Studi Kasus Pelanggan Tiktok Shop

Di Surabaya)". Jurnal Edunomika. 7(1) : 6-7.

Arofah, Chusnul Dan Rizal Ula Ananta Fauzi. 2023. "Pengaruh Brand

Ambassador, Flash Sale, Cashback, Gratis Ongkir, Wom Terhadap

Pembelian Impulsif". Jurnal Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan

Akuntansi (Simba) 5. 2686 – 1771.

Arrofi, Abdulhakim, Dan Nurul Hasfi. 2019. “Memahami Pengalaman

Komunikasi Orang Tua–Anak Ketika Menyaksikan Tayangan Anak-Anak

Di Media Sosial Tik Tok.” Interaksi Online 7(3): 1–6.

Https://Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Php/InteraksiOnline/Article/View/24143.

Batu, Reminta Lumban, Tiar Lina Situngkir, Indah Krisnawati, Dan

Sherliana Halim. 2019. “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Online

Purchase Decision.” Jurnal Ekonomi & Bisnis 18(2): 144–52.

Brilianita, Setia Dan Raya Sulistyowati. 2023. "Affiliate Marketing Terhadap Minat Beli Mahasiswa Di Tiktok Shop". Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan. 7 (2) :164.

Darwipat, Dermawansyah, Agus Syam, And Marhawati Marhawati. 2020. “Pengaruh Program Flash Sale Terhadap Perilaku Impulsive Buying Konsumen Marketplace.” Journal Of Economic Education And

Entrepreneurship Studies. 1(2): 58.

Dirnaeni, Desti, Irfan Ardiansyah, Dan Christera Kuswahyu Indira. 2021. 1646 UG JURNAL Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan

Pembelian Melalui Fitur Shopee Live.

Dukalang, Rifal. 2022. "Pengaruh Model Promosi Flash Sale Dan Tagline Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembeli Di Tokopedia". Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. 5(1) : 64.

Ermansyah. 2023. “Analisis Strategi Bisnis Sosial Media Tiktok Shop Pada Masyakarat Milenial Pekanbaru.” Jaamter 1(3): 186–93.

Https://Naaspublishing.Com/Index.Php/Jaamter/Article/View/33/32.

Febriyanti, Alviyani Dan Ina Ratnasari. 2024. "Pengaruh Live Streaming, Online Customer Review Dan Flash Sale Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Scarlett Whitening Di Tiktok Shop". Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 10 (4): 50-57.

James W, Elston D, Treat J Et Al. 20M. Andrew’s Disease Of The Skin

Clinical Dermatology. 済無No TitleNo Title No Title.

Janah, Miftakhul, Dkk. 2023. "Pengaruh Diskon Flash Sale, Rating Dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace

Shopee". E – Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unisma. 38-51.

Kevin Marcelino. 2020. “Kotler 2016.” Bab Ii Kajian Pustaka 2.1 (2004): 6–25.

Kusumayanti, Kepi, Dan Fakultas Ekonomi Syariah. 2023. “Pengaruh

Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Memilih.” 2(1): 28–34.

Larasati, Sekar Febriana, Dkk. 2023. "Pengaruh Promosi, Brand Image, Dan Program Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian

Produk Fashion Di E-Commerce (Studi Kasus Pada Pengguna ECommerce Tiktokshop Mahasiswa Feb Unsiq Di Wonosobo)". Jurnal

Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah. 3 (3) : 123-128.

LESTARI, SITI ROCHMAH INDAH. 2021. “Pengaruh Live Streaming,

Brand Awareness, Desain Web Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee Di Jakarta Pusat.” Neliti.Com:70.

Https://Www.Neliti.Com/Publications/497462/Pengaruh-Live-StreamingBrand-Awareness-Desain-Web-DanBrand-Image-Terhadap-Kepu.

Lislindawati, Dkk. 2023. "Keputusan Pembelian Konsumen Dipengaruhi Online Live Streaming, Free Gift Dan Diskon Pada Media Social Tiktok". Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat. 2598-0256.

Maharani, Cantika, Hary Mugni Nubagja, Karynda Natalie Theofilus, Dan Rufaidah Natasya. 2022. “Quotes Of The Day: Implementasi Model Dakwah Islam Melalui Sosial Media Di Era Digital.” JOURNAL

SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) E-ISSN 2745-5955 | P-ISSN

-0543 3(5): 367–74. Doi:10.36312/10.36312/Vol3iss5pp367-374.

Maslucha, Lilik Dan Nur Ajizah.2023. "Pengaruh Live Streaming Tiktok, Brand Minded, Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan

Pembelian Produk Scincare Scarlett (Study Pada Followers Tiktok

Scarlett Di Indonesia)". Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi. 2 (4): 912-922.

Maulida, Rizka Dan Salim Siregar (2023). "Pengaruh Affiliate Marketing Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening (Survey Pada Followers Instagram Scarlett Whitening)". Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 9 (24) : 613.

Nadia, Jihan. 2023. "Pengaruh Affiliate Marketing, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Shopee

(Studi Pada Mahasiswa UIN Walisongo Semarang Angkatan 2019-2021 Yang Menggunakan Aplikasi Shopee)". Skripsi. UIN Walisongo

Semarang.

Pambudi, Ardika Dan Hendra Setiawan. 2023. "Pengaruh Gaya Hidup

Hedonis, Flash Sale Dan Sistem Pembayaran Cash On Delivery

Terhadap Keputusan Pembelian Di Tiktok Shop ( Studi Kasus Pada

Mahasiswa Universitas Pgri Madiun)". Jurnal Seminar Inovasi

Manajemen Bisnis Dan Akuntansi (Simba) 5. 2686 – 1771.

Ramadhan, Kenzy, Rian Rahmat Ramadhan, Wan Laura Hardilawati,

Program Studi Manajemen, Dan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis

Universitas Muhammadiyah Riau. 2023. 1 Pengaruh Gratis Ongkir,

Discount, Dan Pembayaran Cash On Delivery (Cod) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tiktok Shop (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Tiktok Shop Di Universitas Muhammadiyah Riau).

Saputri, Septia Indri. 2022. "Pengaruh Flash Sale, Customer Review, Dan Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Nusantara Pgri Kediri)". Jurnal Simposium Manajemen Dan Bisnis I.

Sari, Purnama. 2023. "Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce

Tiktok Shop: Daya Tarik Konten, Gratis Ongkos Kirim Dan Harga Flash Sale Sebagai Pemicu". Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis. 88.

Setyawan, Ryan Ari, Dan Yumarlin Marzuki. 2018. “Survei Aplikasi

Video Live Streaming Dan Chat Di Kalangan Peajar.” Seminar Nasional

Edusainstek FMIPA UNIMUS 2018: 185–91.

Shihab, Muhammad Rizqi Dan Salim Siregar. 2023. "Pengaruh Brand

Image Dan Flash Sale Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi

Tokopedia (Survey Pada Followers Tiktok Tokopedia)". Jurnal Ilmiah

Wahana Pendidikan. 7 (3) : 98-403.

Shoffi’ul, Auli, M. Ridwan Basalamah, Dan Restu Millannintyas. 2019.

“Pengaruh Diskon Dan Promo Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Shopee.” Jurnal Riset Manajemen: 111–13. Www.Fe.Unisma.Ac.Id.

Sugiyono. 2020. “Sugiono Kualitatif.Pdf.” : 444.

Viela Tusanputri, Alyasinta, Dan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro. 2021. “Pengaruh Iklan Dan Program Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian Pada Platform ECommerce Tiktok Shop.” FORUM EKONOMI 23(4): 632–39.

Http://Journal.Feb.Unmul.Ac.Id/Index.Php/FORUMEKONOMI.A.R.Barao Et Al. 2022. “Pengaruh Cashback, Flash Sale, Tagline ‘Gratis Ongkir’ Terhadap Impulse Buying Konsumen Generasi Z Pada Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).” Braz

Dent J. 33(1): 1–12.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/akunbisnis.v7i2.6043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats