ANALISIS DYADIC DATA PADA MODEL BALANCED SCORECARD: STUDI PENGARUH PERILAKU ORGANISASI TERHADAP PERILAKU PELANGGAN
DOI:
https://doi.org/10.32497/akunbisnis.v7i2.6040Keywords:
Analisis Data Berpasangan, Model Persamaan Struktural, Balanced ScorecardAbstract
Beberapa penelitian yang menguji pengaruh dua kelompok sampel internal dan eksternal organisasi, masih menggunakan teknik analisis tradisional seperti regresi berganda. Kondisi ini menyebabkan kesalahan estimasi. Oleh karenanya studi ini bertujuan untuk menguji pengaruh perspektif sumber daya manusia terhadap perspektif konsumen dalam kerangkan model Balanced Scorecard. Penelitian ini menerapkan penelitian gabungan kuantitatif dan Research and Development (R&D). Sampel pada perspektif pembelajaran & pertumbuhan adalah 100 pegawai tetap, sedangkan sampel perspektif pelanggan adalah 100 peserta magang di Rumah Sakit Paru dr. Ario Wirawan Salatiga. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan data berpasangan (dyadic data). Hasil studi menjelaskan teknik analisis SEM pada Balanced Scorecard, mampu menjelaskan keberhasilan penggunaan Balanced Scorecard untuk pengukuran kinerja organisasi. Kebaruan dari studi ini adalah ditemukannya faktor kunci untuk analisis dyadic data (data berpasangan) pengaruh kepuasan kerja karyawan terhadap kepuasan pelanggan. Faktor kunci pada model perilaku organisasi disebut learn and growth core perspective, faktor kunci perilaku pelanggan dinamakan customer core perspective.References
Azkiya, B. M., Tanjung, H., & Gustiawati, S. (2022). Pengaruh Kinerja
Karyawan, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(1), 84-95.
Ferdinand, A. (2006). Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen : Aplikasi Model-model Rumit dalam Penelitian untuk Tesis Magister dan Disertasi Doktor. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gonzalez, R., & Griffin, D. (2012). Dyadic data analysis.
Ismawanto, T., Setianegara, R. G., & Rahmani, S. (2020). Pengaruh
Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Karyawan Frontliner Terhadap
Kepuasan Nasabah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Balikpapan Sudirman Unit Klandasan. Jurnal Bisnis Dan
Kewirausahaan, 16(1), 1-11.
Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (2007). Using the balanced scorecard as a strategic management system. Harvard business review, 85(7-8),
-+.
Kenny, D. A., Kashy, D. A., & Cook, W. L. (2020). Dyadic data analysis: Guilford Publications.
Lestari, L., Widodo, J., Rachman, M., & Prasetyo, P. E. (2015). Developing Performance Measurement Model For Educational In Hospital Based On Balanced Scorecard. The Journal of Educational
Development, 3(2), 140-147.
Park, S., Lee, H., & Chae, S. W. (2017). Rethinking balanced scorecard (BSC) measures: formative versus reflective measurement models. International Journal of Productivity and Performance
Management, 66(1), 92-110.
Radithya, E., & Tin, S. (2012). Evaluasi Penerapan Balance Scorecard
Terhadap Efisiensi Kinerja Karyawan Di Divisi Penjualan PT. Auto 2000. MAKSI, 6(2), 1-24.
Rahmawati, C., Fitriani, D., Haira, F., & Panorama, M. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan, Kepercayaan, Dan Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Bank
Muamalat Kantor Cabang Palembang). SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(7), 1073-1088.
Rai, I. G. A. (2008). Audit kinerja pada sektor publik: konsep, praktik,
studi kasus: Penerbit Salemba.
Stas, L., Kenny, D. A., Mayer, A., & Loeys, T. (2018). Giving dyadic
data analysis away: A userfriendly app for actor”“partner interdependence models. Personal Relationships, 25(1), 103-119. doi:
https://doi.org/10.1111/pere.12230
Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D.
Penerbit Alfabeta.
Umar, H. (2002). Evaluasi kinerja perusahaan: Gramedia Pustaka
Utama.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.