ANALISIS DYADIC DATA PADA MODEL BALANCED SCORECARD: STUDI PENGARUH PERILAKU ORGANISASI TERHADAP PERILAKU PELANGGAN

Lilik Lestari

Abstract


Beberapa penelitian yang menguji pengaruh dua kelompok sampel internal dan eksternal organisasi, masih menggunakan teknik analisis tradisional seperti regresi berganda. Kondisi ini menyebabkan kesalahan estimasi. Oleh karenanya studi ini bertujuan untuk menguji pengaruh perspektif sumber daya manusia terhadap perspektif konsumen dalam kerangkan model Balanced Scorecard. Penelitian ini menerapkan penelitian gabungan kuantitatif dan Research and Development (R&D). Sampel pada perspektif pembelajaran & pertumbuhan adalah 100 pegawai tetap, sedangkan sampel perspektif pelanggan adalah 100 peserta magang di Rumah Sakit Paru dr. Ario Wirawan Salatiga. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan data berpasangan (dyadic data). Hasil studi menjelaskan teknik analisis SEM pada Balanced Scorecard, mampu menjelaskan keberhasilan penggunaan Balanced Scorecard untuk pengukuran kinerja organisasi. Kebaruan dari studi ini adalah ditemukannya faktor kunci untuk analisis dyadic data (data berpasangan) pengaruh kepuasan kerja karyawan terhadap kepuasan pelanggan. Faktor kunci pada model perilaku organisasi disebut learn and growth core perspective, faktor kunci perilaku pelanggan dinamakan customer core perspective.

Keywords


Analisis Data Berpasangan; Model Persamaan Struktural; Balanced Scorecard

Full Text:

PDF

References


Azkiya, B. M., Tanjung, H., & Gustiawati, S. (2022). Pengaruh Kinerja

Karyawan, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(1), 84-95.

Ferdinand, A. (2006). Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen : Aplikasi Model-model Rumit dalam Penelitian untuk Tesis Magister dan Disertasi Doktor. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gonzalez, R., & Griffin, D. (2012). Dyadic data analysis.

Ismawanto, T., Setianegara, R. G., & Rahmani, S. (2020). Pengaruh

Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Karyawan Frontliner Terhadap

Kepuasan Nasabah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Balikpapan Sudirman Unit Klandasan. Jurnal Bisnis Dan

Kewirausahaan, 16(1), 1-11.

Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (2007). Using the balanced scorecard as a strategic management system. Harvard business review, 85(7-8),

-+.

Kenny, D. A., Kashy, D. A., & Cook, W. L. (2020). Dyadic data analysis: Guilford Publications.

Lestari, L., Widodo, J., Rachman, M., & Prasetyo, P. E. (2015). Developing Performance Measurement Model For Educational In Hospital Based On Balanced Scorecard. The Journal of Educational

Development, 3(2), 140-147.

Park, S., Lee, H., & Chae, S. W. (2017). Rethinking balanced scorecard (BSC) measures: formative versus reflective measurement models. International Journal of Productivity and Performance

Management, 66(1), 92-110.

Radithya, E., & Tin, S. (2012). Evaluasi Penerapan Balance Scorecard

Terhadap Efisiensi Kinerja Karyawan Di Divisi Penjualan PT. Auto 2000. MAKSI, 6(2), 1-24.

Rahmawati, C., Fitriani, D., Haira, F., & Panorama, M. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan, Kepercayaan, Dan Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Bank

Muamalat Kantor Cabang Palembang). SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(7), 1073-1088.

Rai, I. G. A. (2008). Audit kinerja pada sektor publik: konsep, praktik,

studi kasus: Penerbit Salemba.

Stas, L., Kenny, D. A., Mayer, A., & Loeys, T. (2018). Giving dyadic

data analysis away: A userfriendly app for actor–partner interdependence models. Personal Relationships, 25(1), 103-119. doi:

https://doi.org/10.1111/pere.12230

Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D.

Penerbit Alfabeta.

Umar, H. (2002). Evaluasi kinerja perusahaan: Gramedia Pustaka

Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/akunbisnis.v7i2.6040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats