ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI UMKM
Abstract
The purpose of the study was to analyze: (1) The influence of digitalization
of the tax system on taxpayer compliance, (2) The influence of taxpayer
understanding on taxpayer compliance, (3) The influence of taxpayer awareness on taxpayer compliance, (4) The influence of digitalization of the tax system, understanding of taxes, and simultaneous taxpayer awareness on small micro business (SMEs) individual taxpayer compliance. Data was collected using questionnaires and documentation. The population studied was all SMEs individual taxpayers registered at the East Denpasar Pratama Tax Service Office. The sample was taken from 100 taxpayers using the Slovin formula with convenience sampling technique. The data analysis technique is the Partial Least Square technique at a significance level of 5%. The research results show that (1) Digitalization of the tax system has a positive and significant effect on taxpayer compliance, (2) Taxpayer
understanding has a positive and significant effect on taxpayer compliance, (3) Taxpayer awareness has a positive and significant effect on taxpayer compliance, (4) Digitalization of the tax system, tax understanding, and taxpayer awareness simultaneously have a positive and significant effect on SMEs individual taxpayer compliance.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bougie, R., & Sekaran, U. 2019. Research Methods For Business: A Skill Building Approach. Wiley. https://books.google.co.id/books?id=ikI6EAAAQBAJ
Ermanis, Y., Putri, A., & Lawita, F. 2021. Pengaruh Insentif Pajak Pandemi Covid-19, Digitalisasi Administrasi
Perpajakan dan Omnisbus Law Perpajakan Terhadap Penerimaan Pajak (Studi Kasus di KPP Pratama Pekanbaru Tampan Tahun 2020-2021). Jurnal Ilmiah Akuntansi, 5 (4), 444–453.
Farah Alifa Riadita, S. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak, Dan Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8 (1), 105–113.
Kumala, R. & Junaidi, A. 2020. Pengaruh Pemahaman Peraturan Pajak, Tarif Pajak, Lingkungan, dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada UMKM.
Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Sosial, 1 (46), 48–55.
Yulianti, L. 2022. Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Dan Pemahaman Insentif Pajak
Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Umkm Pada Masa Pandemi Covid-19. Manajemen, 2 (1), 46–53.
Madjodjo, F., & Baharuddin, I. 2022. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan
Wajib Pajak UMKM. Gorontalo Accounting Journal, 5 (1), 50.
Maghriby, B., & Ramdani, D. 2020. Pengaruh Dari Kesadaran Diri Wajib Pajak Dan Pengetahuan Perpajakannya Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Entitas Usaha Kecil (UMKM). Jurnal Riset Akuntansi Dan Perbankan, 14 (1), 220–240.
Meidiyustiani, R., Qodariah, Q., & Sari, S. 2022. Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Pelayanan Petugas Pajak,
Kesadaran Wajib Pajak, Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Umkm. Jurnal Bina Akuntansi, 9 (2), 184–197.
Mimi, & Mulyani, S. D. 2022. Pengaruh Pelayanan, Pengawasan Dan Pemeriksaan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan Yang Dimoderasi Digitalisasi Administrasi Perpajakan. Jurnal Magister Akuntansi Trisakti, 9 (1), 37–54.
Nainggolan, H., & Patimah, S. 2019. Pengaruh Pemahaman Peraturan, Sanksi dan Kesadaran Wajib Pajak Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terhadap Kepatuhan Membayar Pajak di Balikpapan. KRISNA: Kumpulan Riset, 10 (2), 188–195.
Palalangan, C. A., Pakendek, R., & Tangdialla, L. P. 2019. Pengaruh Persepsi Wajib Pajak Tentang Penerapan PP No 23 Tahun 2018, Pemahaman Perpajakan Dan Sanksi
Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Umkm Di Makassar. Paulus Journal of Accounting, 1 (1).
https://doi.org/10.34207/pja.v1i1.27
Pratiwi, F. F., & Susanti, S. 2020. Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Sanksi Denda Pajak dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di KPP Pratama
Rungkut Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 8 (1), 17–26.
https://doi.org/10.26740/jpak.v8n1.p17-26
Qurrota, A.N., Nurhayati, P., & Islam, U. 2022. Pengaruh Kebijakan Insentif Pajak Penghasilan bagi UMKM dan
Digitalisasi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Bandung Conference Series: Accountancy, 2 (1), 341–346.
https://doi.org/10.29313/ bcsa.v2i1.1581
Ramadhani, M., & Wilestari, M. 2020. Pengaruh Pemahaman , Sanksi Perpajakan dan Tingkat Kepercayaan Pada
Pemerintah Terhadap Kepatuhan Dalam. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 2 (1), 36–54.
Republik Indonesia. 2022. Buku II Nota Keuangan beserta Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2023.
https://media.kemenkeu.go.id/getmedia/fc5d556e-eee6-4e2e-9af1-8374f68fed21/Buku-II-Nota-Keuangan-Beserta-APBN-TA-2022.pdf?ext=.pdf
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Badung
Tambun, S., & Ananda, N. A. 2022. Pengaruh Kewajiban Moral Dan Digitalisasi Layanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Nasionalisme Sebagai Pemoderasi.
Owner, 6 (3), 3158–3168.
https://doi.org/ 10.33395/owner.v6i3.999
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008.
Yudha, C. K., Istri, C., & Sari, R. 2022. Penerapan E-System Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Di Wilayah KPP Pratama Gianyar. 15 (2), 17–24.
Yunia, N. N. S., Kusuma, I. N., & Sudiartana, I. M. 2021. Pengaruh Pemahaman Peraturan Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Sanksi Pajak, Kesadaran Wajib Pajak dan Penurunan Tarif Pajak UMKM PP No. 23 Tahun 2018 Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Preferensi Risiko Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Kharisma, 3 (1), 106–116
DOI: http://dx.doi.org/10.32497/akunbisnis.v7i1.5513
Refbacks
- There are currently no refbacks.