ANALISIS PERBANDINGAN MODEL ALTMAN Z-SCORE, SPRINGATE, ZMIJEWSKI DAN GROVER DALAM MEMPREDIKSI FINANCIAL DISTRESS

Norma Gupita, Sri Widiyati Soemoedipiro, Nina Woelan Soebroto

Abstract


This study aims to determine whether there are differences in the Altman Z-Score, Springate, Zmijewski and Grover models in predicting financial distress in infrastructure sector companies listed on the IDX in 2015-2019. By using a purposive sampling technique. The data analysis technique used non-parametric statistics, the Wilcoxon signed ranks test and the prediction model accuracy test without the condition that the data had to be normally distributed. This study compares four financial distress prediction models using descriptive statistical analysis, classical assumption test, and Wilcoxon signed ranks test through the SPSS program. The results showed that there was a difference between the Altman Z-Score, Springate and Grover. The model that has the highest level of accuracy is Springate with an accuracy rate of 83.33%.

Keywords


Altman Z-Score, Springate, Zmijewski, Grover, Financial Distress

Full Text:

PDF

References


Brealey, R.A., Myes, S.C. 2003. Principles of Corporate Finance.7th Edition. New York: McGraw-Hill.

Christianti, Ari. 2013. Akurasi Prediksi Financial Distress: Perbandingan Model Altman dan Ohlson. Jurnal Ekonomi & Bisnis. Volume 7, Nomor 2.

Darsono, Ashari. 2010. Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ditasari, Rollis Ayu., Dr.Triyono dan Dr.Noer Sasongko. 2019. Comparison of Altman, Springate, Zmijewski and Grover Models in Predicting Financial Distress on Companies of Jakarta Islamic Index (JII) on 2013-2017. International Summit on Science Technology and Humanity (ISETH2019).

Edi dan May Tania. 2018. Ketepatan Model Altman, Springate, Zmijewski dan Grover dalam Memprediksi Financial Distress. Jurnal eviu Akuntansi dan Keuangan. Volume 8, Nomor 1.

Fachrudin, Khaira Amalia. 2008. FaktorFaktor yang Meningkatkan Peluang Survive Perusahaan Kesulitan Keuangan. Jurnal Manajemen Bisnis. Volume 1, Nomor 1.

Fahmi, Irham. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Fairuz Zabady, dkk. 2 016. Perbandingan Prediksi Financial Distress dengan Menggunakan Model Altman, Springate dan Ohlson. Jurnal Wawasan Manajemen. Volume 4, Nomor 3.

Fanny, Triese Avrillia. 2017. Analisis Perbandingan Model Prediksi Financial Distress Pada Sub Sektor Perkebunan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Volume 6, Nomor 6.

Ferdinand, Augusty. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: BP Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit UniversitasDiponegoro.

_____________. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Guinan, Jack. 2010. INVESTOPEDIA : Cara Mudah Memahami Istilah Investasi. Cetakan I. Jakarta: Hikmah.

Gunawan,Barbara, Rahadien Pamungkas dan Desi Susilawati. 2017. Perbandingan Prediksi Financial Distress dengan Model Altman, Grover dan Zmijewski. Jurnal Akuntansi dan Investasi. Volume 18, Nomor 1.

Hanafi, Mamduh dan Abdul Halim. 2003. Analis Laporan Keuangan. Edisi Revisi. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Haryani, Diyah Santi dan Agung Sujianto. 2017. Analisis Perbandingan Model Altman Z-Score, Model Springate dan Model Zmijewski dalam Memprediksi

Kebangkrutan Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Akuntansi, ProdI Akuntansi- FEB UNIPMA. Volume 1, Nomor 1.

Idx.co.id. 2020. Ringkasan Laporan Keuangan Perusahaan Tercatat. Diakses pada tanggal 1 Maret 2020, https://www.idx.co.id/perusahaan-tercatat/ringkasan-laporan-keuangan/

Januri, Eka Nurmala Sari dan Armida Diyanti. 2017. The Analysis of the Bankruptcy Potential Comparative by Altman ZScore, Springate And Zmijewski Methods at Cement Companies Listed In Indonesia Stock Exchange. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM). Volume 19. Issue 10. Ver. VI.

Jayanti dan Rustiana. 2015. Analisis Tingkat Akurasi Model-Model Prediksi Kebangkrutan Untuk Memprediksi Voluntary Auditor Switching (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI). MODUS. Volume 27, Nomor 2.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.

Kadir. 2015. Statistika Terapan: Konsep, Contoh, dan Analisis Data Dengan Program SPPS / Lisrel Dalam Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Kuncoro, Aris Wahyu. 2012. Analisis kebangkrutan dengan metode Springate dan Zmijewski pada PT. Betonjaya Manunggal Tbk periode 2007-2011. Jurnal Ekonomika dan Manajemen. Volume 2, Nomor 1.

Kuncoro, Mudrajat.2007. Metode Kuantitatif, Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Listyarini, Fitri, Prima Apriliyani Rambe dan Firmansyah Kusasi. 2016. Analisis Perbandingan Prediksi Kondisi Financial Distress Dengan Menggunakan Model Altman, Springate Dan Zmijewski Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2011-2014. Jurnal Bina Akuntansi. Volume 7, Nomor 1.

Mamduh M., Hanafi. 2015. Analisis Laporan Keungan. Edisi Keempat. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Meiliawati, Anggi. 2016. Analisis Perbandingan Model Springate Dan Altman Z Score Terhadap Potensi Financial Distress (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Kosmetik Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Akuntansi dan Pendidikan. Volume 5, Nomor 1.

Murhadi, Werner R. 2013. Analisis Laporan Keuangan, Proyeksi dan Valuasi Saham. Jakarta: Salemba Empat.

Muhtar, Mutiara. 2017. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Terjadinya Kondisi Financial Distress Pada Perusahaan Infrastruktur di Indonesia. Skripsi. Makassar: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Permana, Randy Kurnia. dkk. 2017. Prediksi Financial Distress Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Volume 7, Nomor 2.

Picestalia, Nadiaz dan Maswar Patuh Priyadi. 2019. Analisis Perbandingan Model Financial Distress Dengan Model Springate, Ohlson, Zmijewski dan Grover. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Volume 8, Nomor 6.

Priambodo, Dimas. 2018. Analisis Perbandingan Model Altman, Springate, Grover, Dan Zmijewski Dalam Memprediksi Financial Distress (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015). Jurnal Pendidikan Akuntansi. Volume 6, Nomor 4.

Prihanthini, N. M. dan M. M. Sari. 2013.Prediksi Kebangkrutan Dengan Model Grover, Altman Z-Score, Springate Dan Zmijewski Pada Perusahaan Food And Beverage Di Bursa Efek Indonesia. EJurnal Akuntansi Universitas Udayana. Volume 5, Nomor 2.

Putra, Ivan Gumilar Sambas dan Rahma Septiani. 2016. Analisis Perbandingan Model Zmijewski dan Grover Pada Perusahaan Semen di BEI 2008-2015. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan. Volume 4, Nomor 3.

Rahayu, F., Suwendra,I. W., Yulianthini, N. N. 2016. Analisis Financial Distress dengan Menggunakan Metode Altman Z-Score, Springate, dan Zmijewski Pada Perusahaan Infrastruktur. E- Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen. Volume 4, Nomor 1.

Safitri, Aprilia dan Ulil Hartono. 2014. Uji Penerapan Model Prediksi Financial Distress Altman, Springate, Ohlson dan Zmijewski Pada Perusahaan Sektor Keuangan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Volume 2, Nomor 2.

Santoso, Singgih. 2010. Statistik Non Parametrik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sartono, Agus. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi 4. Yogjakarta: BPFE.

Smith, Adam. 1776. An Inquiry into The Nature of Causes of the Wealth of Nation. Oxford: Clarendon Press.

Subramanyam, KR dan John, J. Wild. 2010. Analisis Laporan Keuangan, Buku Satu, Edisi Sepuluh. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sulistyorini, Utami Tri. 2017. Metode Penelitian Analisis Kausal-Regresi. Semarang: Penerbit Polines.

Sunaryo. 2015. Evaluasi Tingkat Keakuratan Antara Model Springate Dengan Model Altman Dalam Memprediksi Delisting Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Journal of Business Strategy and Execution. Volume 7, Nomor 2.

Wijaya, Badra Kartika. 2017. Prediksi Kebangkrutan Menggunakan Model Altman Z-Score, Springate Dan Zmijewski (Pada Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016). Universitas PGRI Yogyakarta.

Wulandari, Maylani dan Abel Tasman. 2019. Analisis Komparatif dalam Memprediksi Kebangkrutan pada Perusahaan Telekomunikasi yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2017. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha. Volume 1, Nomor 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/akunbisnis.v3i2.2148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats