SURVAI PERSEPSI ATRIBUT PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA CV SURYA INDAH MOTOR KUDUS

Andi Kurniawati

Abstract


Setiap perusahaan harus tahu bagaimana memberikan layanan terbaik kepada pelanggan mereka, karena itu perlu untuk mengetahui tentang apa yang dibutuhkan dan diinginkan pelanggan, Citra persepsi perusahaan yang baik tergantung pada persepsi layanan yang diberikan. Layanan dapat menciptakan kepuasan pelanggan, jika pelanggan puas dengan layanan yang diberikan mereka akan terus membeli produk.

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mensurvei layanan yang diberikan oleh penjual dari dealer Toyota CV Surya Indah Motor Kudus kepada pelanggan dan mensurvei atribut layanan dari dimensi Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy dari tingkat pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui karakteristik pelanggan, kedua untuk mengetahui pendapat pelanggan terhadap layanan yang diberikan oleh dealer. Metode analisis yang digunakan adalah Chi-Square dan Koefisien Kontingensi.

Perhitungan menunjukkan bahwa dengan derajat kebebasan 30, tingkat signifikan 5% nilai analisis yang dihitung oleh chi square ke Tangible adalah 59.343, Keandalan 53.168, Responsivitas 59.931, Jaminan 52.052 dan Empati 63.825.

Disimpulkan bahwa chi square yang dihitung lebih tinggi dari nilai chi square table. Oleh karena itu, kita dapat menyimpulkan daripada ada korelasi antara atribut layanan dan minat beli. Analisis juga menunjukkan bahwa nilai koefisien kontingensi terhadap Tangible adalah 0,705, Keandalan 0,685, Responsiveness 0,707, Assurance 0,682 dan Empathy 0,718. Setelah membandingkan nilai maksimum dari koefisien kontingensi yaitu 0,8944, dapat disimpulkan bahwa Empathy memiliki korelasi paling kuat dengan minat beli pelanggan.


Keywords


survei layanan, minat beli pelanggan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32497/ab.v20i2.1654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats