FAKTOR-FAKTOR PENENTU MINAT KONSUMEN UNTUK MEMILIH TEMPAT LAYANAN LAUNDRY (Studi Kasus di Kawasan Kampus Tembalang)
Riyadi Riyadi, Kurniani Kurniani, Lusia Maria Silitonga, Rusmini Rusmini
Abstract
Penelitian ini dilakukan di kawasan kampus tembalang yang pada 10 tahun terakhir mulai menjamur usaha jasa laundry. Penelitian ini merumuskan masalah terkait dengan dimensi-dimensi apa saja yang mendasari variable minat konsumen dan faktor-faktor apa saja yang dapat mewakili variable minat konsumen. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dimensi-dimensi yang mendasari variable minat konsumen dan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mewakili variable minat konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan mengambil sampelsebanyak 100 responden secara purposive samplingdari suatu populasi pelanggan laundry di kawasan tembalang. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor yang merupakan salah satu teknik analisis multivariet yang banyak digunakan dalam riset pemasaran.Hasil pengujian instrumen penelitian menunjukkan bahwa instrumen valid dan reliabel. Sementara hasil pengolahan SPSS menunjukkan bahwa Nilai Kaiser-Meyer-Olkin (KMO) sebesar 0,857 melebihi nilai 0,5 yang berarti atas dasar uji KMO ini analisis factor layak dilakukan.Dalam penelitian ini untuk menentukan jumlah variabel yang valid digunakan nilai Eigenvalue. Dengan kriteria ini, faktor yang mempunyai Eigenvalue satu atau lebih besar 1 dianggap valid. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dimensi-dimensi yang mendasari variable minat konsumen dalam menggunakan jasa laundry diidentifikasi sebanyak 25 komponen. Dari 25 komponen, atas dasar analisis faktor diekstrak menjadi 5 faktor yang dinilai valid. Kelima faktor yang dapat mewakili variable minat konsumen tersebutdiinterpretasi sebagai hospitallity, accuracy, guarantee, performance dan convenience